12:58 pm - Sunday November 23, 2014

Puncak Suroloyo Wisata Bukit Tertinggi di Kulonprogo Jogja

Puncak Suroloyo dikenal sebagai obyek wisata alam letaknya di Kabupaten Kulonprogo yang terletak deretan di pegunungan manoreh. Candi Borobudur dan pemandangan indah alam dapat terlihat dari bukti Suroloyo. Dijangkau lebih mudah untuk akses jalan halus, banyak wisatawan yang berkunjung tempat rekreasi ini.

Perjalanan Menuju Bukit Suroloyo Asyik

Jalan-jalan rekreasi memang cukup menyenangkan, dimulai dari Kota Yogyakarta untuk perjalanan ke obyek wisata alam yang berlokasi di Kulon Progo namun berdekatan perbatasan daerah Magelang. Atau bila Anda dari wilayah utara dari arah jalan Semarang juga lebih mudah. Lanjut lagi ke rute wisata, berawal dari Jogja kemudian ke arah barat ke Godean hingga ringroad barat terus lurus hingga perempatan ke kanan ikuti sampai daerah sungai Kalibawang.

Dari situ terlihat papan lalu lintas jalan ke 2 obyek wisata sekaligus yaitu obyek Wisata Suroloyo dan Makam Nyi Ageng Serang, dari salah satu rekan Team Ragamwisata yang mampir di kawasan wisata tersebut. Sendangsono dan Wisata Bendungan Ancol juga nampak terlihat petunjuk jalan bisa dijadikan alternatif wisata di area ini bisa Anda kunjungi juga. Sebelum atau sesudah pulang dari obyek wisata Suroloyo, dalam perjalanan akan terlihat banyak penjual buah naga disisi pinggir jalan yang dapat dijadikan oleh-oleh atau buah tangan untuk yang ada dirumah.

Setelah sampai dipertigaan jalan besar terakhir menuju wisata alam Suroloyo, jalan bagus halus untuk mobil, mini bus pariwisata, kendaraan roda dua yang lebih cocok. Jalan naik turun dipadukan pemandangan alam menawan daerah pedesaan yang alami, banyak pepopohan disekitar. Hingga di temui TPR atau tiket masuk obyek wisata Suroloyo ini, langsung parkir alat tranportasi Anda nyaman yang tersedia. Namun sebelum masuk kawasan utama wisata Kulonprogo ini akan terlihat puncak dari bukit tersebut, sebelah timurnya ada dinding bukit menjulang keatas yang menakjubkan untuk melihat pemandangan panorama alam atau langit biru, ditambah Kota Yogyakarta dan Kota Magelang dapat terlihat.

Puncak Suroloyo Kulonprogo

Dari Puncak Wisata Suroloyo Terlihat Candi Borobudur

Begitu sampai di lokasi pariwisata ini, lihat dulu apa saja obyek yang ditawarkan dari kawasan wisata alam tersebut. Banyak wisatawan mengunjungi seperti keluarga, remaja muda-mudi dan rombongan yang ramai berkunjung di obyek wisata Puncak Suroloyo ini. Tangga menanjak yang terlihat ternyata untuk menuju puncah harus dilalui, kemudian tapak kaki mulai melaju menuju arah tangga. Langkah demi langkah dilalui, cukup melelahkan memang tetapi dikombinasikan dengan pemandangan menarik alam sekitar dalam melalui ratusan anak tangga yang tinggi yang sudah dilewati, jangan khawatir kalau kecapekan, ada kok satu rumah kecil ditengah perjalanan naik tangga untuk tempat istirahat.

Kembali ke perjalanan wisata Suroloyo, setelah sampai di puncak, nah disitu ada patung, tower sekaligus rumah mini untuk berteduh dari sinar matahari. Terbentang cakrawala alam dengan langit biru dipadukan barisan pegunungan keindahan untuk pemandangan yang takkan terlupakan menjadi momentum dalam hidup Anda ketika liburan di puncak Suroloyo ini, bagian dari ragam wisata Indonesia. Rekan Team Ragamwisata pun mengabadikan dengan memotret dari obyek menarik ini, bila Anda memperhatikan dengan detail dari puncak obyek wisata Suroloyo terlihat Candi Borobudur dengan megah, lebih jelas bila Anda melihatnya dengan teropong.

Ini adalah puncak bukit utama dan sekaligus paling tinggi dari ketiga bukit obyek wisata Suroloyo ini. Untuk bukit kedua lumayan bagus dan paling akhir puncak ketiga di sebelah selatan terdapat gardu gadang serta tali outbond yang panjang hingga ke puncak arah barat. Sekaligus disini ada tugu batas wilayah dari perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, seperti monumen. Hingga puncak ketiga, namun disitu cuma sebentar karena kabut tebal kemudian hujan gerimis. Harap maklum, kemudian bersama-sama rekan yang lain untuk kembali kebawah dan istirahat dilanjutkan untuk pulang ke Jogja lagi. Itu saja yang dapat disampaikan dari Team Ragamwisata berdasarkan pengalaman berkunjung dan tips perjalanan wisata di Puncak Suroloyo.

Fasilitas dan sarana yang ditawarkan Bukit suroloyo

Ada loket retribusi masuk obyek wisata Suroloyo hanya Rp 2.000,- (sewaktu kunjungan), warung makan, toilet, parkir dan jalan halus nyaman untuk roda dua dan roda empat mobil, bus mini pariwisata bisa juga.

Alamat obyek wisata Suroloyo dan rute

Alamat Puncak Suroloyo ini di Kalilawang, Kabupaten Kulonprogo, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.