Home » Traveling » Obyek Wisata Puncak Suroloyo, Indahnya Pesona Alam Kulonprogo Dari Tempat Ketinggian

Obyek Wisata Puncak Suroloyo, Indahnya Pesona Alam Kulonprogo Dari Tempat Ketinggian

puncak suroloyo 1a
Obyek Wisata Puncak Suroloyo, bukit tertinggi di Kulonprogo ini populer sebagai tempat wisata alam di Yogyakarta. Letaknya di kawasan Pegunungan Menoreh, terkenal memiliki pesona pemandangan alam indah dan udara sejuk. Tepat untuk dijadikan tempat refreshing di Jogja.

Tempat menarik di daerah Yogyakarta barat tersebut, menawarkan pesona alam terbuka yang eksotis. Puncak Suroloyo berada di dataran tinggi, dari puncaknya kalian dapat menyaksikan langsung panorama alam yang mengesankan, bahkan Candi Borobudur dapat terlihat. Suasana hening dan sejuknya udara pegunungan, sepertinya atmosfir yang tepat untuk bersantai-santai, ataupun melepaskan kepenatan dari kesibukan aktivitas sehari-hari. Terkadang malahan memperoleh inspirasi selepas dari tempat traveling.

Jalan-jalan ke Puncak Suroloyo Yuk, Menyapa Indahnya Alam Kulonprogo Dari Tempat Ketinggian

Inginnya semua mimpi itu bisa terwujud, harapannya. Tanpa ragu-ragu lagi, yuk langsung berangkat. Pergi kemana? Ya, ke Puncak Suroloyo. Tempat apa itu? Itu nama salah satu tempat pariwisata berupa puncak bukit yang berada di kawasan pegunungan Menoreh. Di daerah mana letaknya? Itu di daerah Kulonprogo, dari Kota Yogyakarta dapat ditempuh sekitar 1,5 jam dengan cepat. Lengkap dan tepatnya di Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta, Indonesia. Kalian bisa langsung datang.

Awal dari sebuah perjalanan berekreasi menengok indahnya Alam Kulonprogo di deretan perbukitan Menoreh. Sungguh kesempatan yang bagus bisa berkunjung ke Obyek Wisata Puncak Suroloyo. Perjalanan pun dilakukan, suasana gembira pun membayang-bayangi setiap langkah saat meluncur ke tempat wisata di yogyakarta tersebut. Yang selama ini ingin dikunjungi.

Selama perjalanan menuju Puncak Suroloyo berlangsung, Anda akan berjumpa dengan beberapa plang bertuliskan tempat tempat wisata alternatif di Jogja, yang jumlahnya kalau dihitung relatif banyak. Seperti Makam Nyi Ageng Serang, Sendangsono, Wisata Bendungan Ancol, Embung Buatan dan lainnya. Begitu melewati daerah perbukitan yang jalannya berkelok-kelok dan naik turun, yang dijumpai pepohonan buah naga, dan kelihatannya banyak pepohonan durian yang tumbuh disana.

Daerah dekat Puncak Suroloyo sepertinya penghasil buah durian dengan hasil yang melimpah, soalnya disana setiap tahunnya diadakan festival buah durian, tepatnya diwaktu panen raya buah durian tiba. Diadakan dipasar, pas dipojokan pertigaan jalan menuju kawasan obyek wisata alam Puncak Suroloyo. Dengan pertanda seperti itu, berarti lokasi wisata sudah dekat. Namun masih agak jauh, tetap sabar dan semangat, karena jalannya naik turun perbukitan serta berkelok-kelok. Seru banget.

Lewati jalan tersebut, tetap fokus ke tujuan wisata. Bila sudah terlihat tebing menjulang tinggi seperti ngarai indah menakjubkan, pertanda itu dekat sekali, hampir sampai di lokasi wisata. Disamping itu, jangan sampai terlewat juga, akan Anda jumpai tempat wisata menarik sepertinya telaga buatan atau embung di atas bukit dan disampingnya ada patung durian besar. Dengan adanya apresiasi tersebut, kemungkinan daerah Samigaluh disini memiliki hasil perkebunan buah durian yang melimpah.

Bergegas karena sudah dekat dengan destinasi wisata nya. Nampak dari kejauhan, sepertinya sebuah tempat untuk mendapatkan tiket masuk Obyek Wisata Puncak Suroloyo. Untuk memperolehnya dikenakan biaya, setelah itu diperbolehkan masuk. Lalu jalan sedikit, tidak membutuhkan waktu lama, cukup beberapa menit, sampai sudah akhirnya. Kemudian menepikan alat transportasi ke tempat parkir, turun lalu istirahat sejenak sambil lihat-lihat area sekitar.

Dari Bukit Tertinggi Di Kulonprogo Itu, Ku Bisa Menatap Indahnya Dunia?

Mimpi-mimpi itu benar-benar menjadi kenyataan, seolah-olah membayang-bayangi realitas yang ada. Bukan imajinasi lagi, akhirnya kesampaian juga menyapa lebih dekat tempat wisata yang menarik di Yogyakarta ini. Puncak Suroloyo itu bukit tertinggi yang terletak di daerah Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo. Melanjutkan kembali cerita perjalanan wisata yang tadi sudah dipaparkan diatas.

Udara sejuk pegunungan pun menghampiri Kami, pepohonan masih asri dan suasana yang hening menambah keselarasan saat refreshing. Nampaknya lokasi yang dijadikan tempat istirahat sejenak itu, ternyata lembah yang berada ditengah-tengahnya 3 bukit di kawasan Puncak Suroloyo. Sungguh tempat yang menarik, ketiga bukit itu membuat semua pengunjung yang hadir terpesona. Itu tampilan pemandangan pertama, ketika Anda baru tiba di obyek wisata Alam itu. Jadi dengan terlihatnya tiga puncak bukit pilihan itu, kalian mau pergi ke puncak yang mana dulu. Itu terserah selera Anda.

Untuk yang pertama, kalau Kami lebih memilih ke bukit yang tertinggi dulu sebagai tujuan wisata utamanya, selanjutnya ke bukit yang lain. Mau ke puncak tertinggi dulu, sebelum sampai dipuncak, kalian harus bisa melewati anak tangga berundak yang panjang sekali dan menanjak tinggi sebagai jalan menuju puncak. Ini bukan rintangan, tapi tantangan yang menarik.

Untuk memdapatkan pemandangan panorama alam indah di Puncak Suroloyo, khususnya di puncak tertingginya, dibutuhkan semangat ekstra. Pokoknya jangan patah semangat. Ada sesuatu yang istimewa, menunggu Anda di atas sana. Tingginya minta ampun bukitnya dan tangganya sangat nanjak, melelahkan. Ditengah perjalanan menaiki bukit ini ada rumah kecil, untuk istirahat atau berteduh. Jadi jangan khawatir jika kelelahan, bisa untuk istirahat. Untuk saran saja, sebaiknya sebelum berangkat menaiki puncak, Anda membawa bekal minuman dan makanan. Nanti akan berguna jika saatnya dibutuhkan, untuk memulihkan semangat untuk mencapai puncak tertinggi Bukit Suroloyo itu.

Kurang sedikit lagi dengan nafas agak patah-patah dan semangat hampir luntur, akhirnya langkah kaki kanan terakhir melangkah menginjak tanah bukit tertinggi Puncak Suroloyo itu. Tantangan iu sudah dilewati, sungguh sangat seru dan menyenangkan. Ini seperti hiking, namun bukitnya sudah ada tangganya. Jadi agak enakan sedikit. Harus lihat-lihat disekitar area puncak pertama yang tertinggi itu, puncaknya tidak begitu luas, nampak ada patung dan rumah berukuran mini sebagai tempat berteduh para berkunjung. Berdiri, duduk-duduk ataupun sambil istirahat menikmati pemandangan alam yang indah dari tempat ketinggian ini. Sungguh luar biasa pesona alam pesona Indonesia ini.

Dari bukit tertinggi Puncak Suroloyo, kalian dapat menyaksikan langsung Candi Borobudur. Perhatikan dengan seksama, mencari perlahan-lahan akan nampak. Walaupun kecil. Ingin lebih jelas, sebaik memakai teropong untuk melihat Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo. Nampak lebih jelas. Jadi kesempatan saat di Puncak Suroloyo, dipergunakan sebaik mungkin. Menikmati suasananya ataupun menikmati indahnya alam. Diwaktu yang tepat, kalian dapat menyaksikan indahnya sunrise Puncak Suroloyo ataupun sunset Puncak Suroloyo nya. Katanya dari puncak ini, deretan perbukitan Menoreh kalau diperhatikan dengan cermat, nampak seperti Budha tidur. Tentunya itu sangat beruntung jika dapat melihat fenomena itu. Dari bukit tertinggi itu, bisa menatap indahnya dunia.

Sekedar info saja, selain ke Puncak Suroloyo, ini tempat wisata alternatif lho, ingin lebih dekat melihat indahnya Sunrise Candi Borobudur dari ketinggian dengan tampilan terbaik, Anda bisa mengunjungi obyek wisata alam Bukit Punthuk Setumbuk. Lanjut lagi, ke Kawasan wisata Puncak Suroloyo di bukit kedua. Berkunjungnya sebentar, tampilan pemandangan alam berbeda pun bisa Anda saksikan disana. Terus dalam perjalanan menuju ke bukit ketiga pun Kalian akan menemui patok tugu batas wilayah antara Yogyakarta dan Jawa Tengah. Dan terlihat ada gardu gadang dan tali outbond.

Puncak Suroloyo bukit yang ketiga untuk mencapai puncaknya juga melewati anak tangga, tetapi tidak begitu tinggi. Dari puncak bukit ketiga tampilan pemandangan pun memiliki spot yang berbeda, jadi memberikan keunikan tersendiri obyek wisata alam di Kulonprogo ini. Sedang santai-santai menikmati indahnya panorama, di puncak bukit ketiga itu, tiba-tiba nampak perlahan kabut Puncak Suroloyo pun menghampiri untuk menyapa Kami.

Kalau di lihat dengan datangnya kabut pemandangan alam bukitnya nampak lebih indah, tapi membuat hawa udara menjadi dingin. Hujan gerimis pun, juga tak mau kalah untuk menyapa Kami. Kamipun berjalan pelan-pelan menuruni bukit, hujan pun semakin deras. Lantas berjalan terus hingga akhirnya sampai dekat gardu gadang didekat terdapat nampak ada rumah. Lalu kami berteduh disitu, untuk sementara waktu.

Sambil menunggu hujan reda, sambil ditemani cemilan dan minuman bawaan. Singkat cerita, hujan pun sudah reda. Saran, sebaiknya bawa mantel hujan atau raincoat. Biasanya daerah pegunungan sering hujan. Akhirnya turun ke lembah dengan jalan kaki, menuju tempat parkir. Dengan alat transportasi yang ada, sore itu selanjutnya kembali ke Kota Yogyakarta.

Bukan hanya populer sebagai obyek wisata di Kulonprogo, Puncak Suroloyo juga salah satu tempat wisata di yogyakarta yang terkenal, seperti halnya obyek Wisata Alam Kalibiru dan Pantai Glagah. Ke semuanya merupakan tempat wisata menarik. Jika mau pergi kesana, silahkan saja.