Air Terjun Kedung Pedut Kulonprogo, Wisata Alam Tersembunyi di Pegunungan Menoreh

Apabila Anda traveling ke Jogja, jangan sampai melewatkan wisata alam di Kulonprogo. Salah satunya Air Terjun Kedung Pedut, ikonik sama curug bertingkat dan atraksi seru yang dapat dilakukan.

Tidak ada habisnya, destinasi di Jogja selalu ada saja yang baru. Kamu kagak bakal nyangka kalau ternyata daerah Kulonprogo punya banyak banget obyek wisata alam bagus, tak terkecuali Air Terjun Kedung Pedut. Dimana lokasinya tersembunyi di kawasan Perbukitan Menoreh. Selain indahnya air terjun bertingkat, juga menjanjikan keseruan atraksi.

Letak Air Terjun Kedung Pedut di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Dekat sama Air Terjun Kembang Soka, tetapi tidak jauh dengan Gunung Gajah dan Ekowisata Sungai Mudal. Akses jalan menuju lokasi mudah, dapat ditempuh menggunakan transportasi mobil/motor. Jangan pergi sendirian, ajaklah kawan traveling biar semakin meriah.

Meskipun tergolong wisata baru, Air Terjun Kedung Pedut terkenalnya mengikuti populeritas Wisata Alam Kalibiru dan Pantai Glagah. Terjadi lonjakan pengunjung terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan. Yang datang tak hanya pelancong domestik, tetapi juga turis mancanegara. Mereka penasaran dengan wisata alam tersembunyi di Pegunungan Menoreh itu.

Kedung Pedut merupakan air terjun tingkat yang jumlahnya banyak, masing-masing ada kolam alaminya (kedung). Semuanya masih alami, sekitarnya pepohonan rindang, udaranya segar dan suasana tempatnya enak buat refreshing. Beragam dekorasi artistik pun menghiasi setiap sudut, spot foto instagramable yang demikian itu menjadi incaran traveler milenial.

Cobalah petualangan mengeksplor kawasan, dimulai trekking ringan. Sebuah tantangan menyenangkan, mesti melewati jalan setapak berundak dan jembatan. Cukup melelahkan, namun disela perjalanan Kalian akan menjumpai pemandangan alam dan spot tematik kekinian tak terduga. Layaknya adventure, hal tersebut mungkin menjadi pengalaman baru yang mengesankan.

Begitu sampai, akan disuguhi beberapa spot instagenik. Paling utama, air terjunnya itu sendiri yang berjumlah banyak dan kedung kolam alami. Kemudian diikuti taman bunga, jembatan bambu, tangga, gardu pandang, gazebo, beserta lainnya. Karena berada di dataran tinggi, terkadang areanya berkabut, seolah-olah surga tersembunyi itu penuh misteri.

Airnya jernih dingin menyegarkan, berasal dari air pegunungan asli. Ada kolam alami atau kedung di bawah Air Terjun Kedung Pedut, cocok untuk kegiatan water canyoning seperti renang, berendam, nyelam, loncat ke kolam, panjat tebing melewati air terjun dan lain sebagainya. Bagi yang suka wisata minat khusus menantang andrenalin, bisa mencoba flying fox.

Itulah pesona Air Terjun Kedung Pedut di Kulonprogo, Yogyakarta. Traveler bisa menikmati alam terbuka sekaligus dapat merasakan atraksi liburan seru-seruan. Tertarik, ya datang kesini.