Home » Traveling » Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatera

Air Terjun Sipiso-piso, Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumatera


Traveling ke Danau Toba mestinya juga menyapa Air Terjun Sipiso piso di Karo. Air terjun paling tinggi di Sumatera Utara ini pesonanya tersembunyi bersama keelokan perbukitan.

Karo merupakan daerah tujuan wisata Sumut, wilayahnya didominasi pegunungan. Biasanya tempat berbukit itu tersebar keindahan alam yang tersembunyi, salah satunya Air Terjun Sipiso-piso. Yang dikenal sebagai air terjun tertinggi di Pulau Sumatera, sekaligus pilihan terbaik destinasi alternatif sekitar Danau Toba.

Letak Air Terjun Sipiso-piso di Dusun Hutabaringin, Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Akses jalan menuju lokasinya pun kini semakin mudah dan cepat bila Anda dari Danau Toba, menghabiskan estimasi waktu kurang lebih 30 menitan sudah sampai tujuan. Jika dari Kota Medan sedikit jauh.

Tinggi Air Terjun Sipiso-piso sekitar 120 meter, berarti ini termasuk dalam daftar air terjun tertinggi di Indonesia. Berlokasi tepat di dataran tinggi Dolok Sipiso-piso (Gunung Sipiso-piso), udaranya sejuk dan spot pemandangan alamnya indah. Namun suasananya terkadang berubah sedikit gerimis ataupun berkabut seolah-olah ada misteri yang tersembunyi.

Ingin mendekat, sebagai permulaan Anda mesti trekking ringan melewati anak tangga yang jumlahnya ratusan. Langkah ini bukanlah sebuah rintangan mendaki, anggap saja petualangan kecil jalan-jalan sambil olahraga. Asyiknya menantang disela menapaki jalan berundak tipe setapak, Kalian akan dikejutkan sejumlah view alam cantik yang menghibur selama perjalanan.

Melihat air terjun di tempat ketinggian bukit juga hal menarik seperti gardu pandang ataupun rumah pohon. Spot foto terbaik latar Air Terjun Sipiso-piso menjadi favorit kebanyakan wisatawan. Kadang muncul pelangi diantara air terjun, sungguh beruntung jika Kamu melihatnya, Derasnya suara air mengalir terdengar sayup-sayup dari kejauhan.

Sumber air terjun berasal dari pegunungan Dolok Sipiso-piso, aliran air sungai Pajanabolon itu mengalir ke Danau Toba. Airnya jernih lho, terasa dingin menyegarkan. Pasti tertarik bermain air, mungkin juga mau berenang. Itu aktivitas liburan seru yang bisa dilakukan selain berdiri atau duduk santai memandangi indahnya aliran air terjun Sipiso-piso.

Bukankah wisata itu menyenangkan?