Home » Traveling » Borobudur, Candi Paling Besar di Dunia

Borobudur, Candi Paling Besar di Dunia


Senang traveling ke tempat bersejarah dan budaya, pergilah liburan ke Yogyakarta mengunjungi Candi Borobudur di Magelang. Candi Buddha abad 8 Masehi ini peninggalan dari Kerajaan Mataram, bangunan megah arsitektur indah penuh historis.

Letak Candi Borobudur di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sebelah utara Yogyakarta, lokasi dekat Candi Mendut dan Punthuk Setumbu.

Berada di Dataran Kedu utara Yogyakarta, wilayah Magelang jaman dulu dikenal sebagai kawasan peradaban kuno yang memiliki sejarah budaya klasik yang indah. Dalam sejarah, Candi Borobudur merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, dibangun pada masa wangsa Syailendra abad 8 Masehi dengan rajanya Samaratungga, sedangkan yang mendesain Candi Borobudur adalah Gunadharma.

Berdiri megah di area tanah luas hektaran, Candi Borobudur mempunyai bentuk persegi dengan luas 123×123 meter dilengkapi 72 stupa kecil, 504 patung Buddha, 2672 relief dan satu stupa besar dipuncaknya. Ada beberapa tingkatan bagian, formasi stupa kecil dan arca Buddha mengitari stupa besar Candi Borobudur. Jika dilihat dari atas udara Candi Borobudur seperti bunga teratai.

Candi Buddha terbesar di dunia ini terbentuk dari dua juta potongan bebatuan yang disusun sedemikian rupa menjadi satu candi megah dan diukir indah. Ada ribuan kisah yang diceritakan pada dinding relief Borobudur. Mulai dari relief Siddhartha Gautama, hingga sejarah panjang peristiwa peradaban masa lalu pun terekam di relief Candi Borobudur.

Ingin melihat sunrise Candi Borobudur, datang pagi hari sebelum matahari terbit. Dari sekitar puncak stupa paling besar akan terlihat pemandangan alam Gunung Merapi, dan Pegunungan Menoreh. Atau mau menyaksikan Candi Borobudur dari ketinggian bukit, ada dua lokasi pilihan spot pertama Punthuk Setumbu dan kedua Puncak Suroloyo.

Jika tertarik pada candi dan sejarah, harus liburan kesini.