Candi Borobudur Magelang, Candi Buddha Terbesar di Dunia

Senang wisata sejarah dan budaya, pergilah liburan ke Yogyakarta mengunjungi Candi Borobudur di Magelang. Candi Buddha paling besar di dunia ini arsitekturnya indah penuh historis sekaligus spiritual.

Bagi sebagian orang jalan-jalan mengeksplor tempat bersejarah memiliki kepuasan tersendiri. Apabila tema destinasi yang Kamu sukai seperti itu, bagusnya traveling ke Jogja. Terus meluncur ke utara Yogyakarta, daerah Magelang terdapat sebuah objek wisata menakjubkan tidak lain adalah Candi Borobudur. Jadi, tak perlu bingung mesti harus kemana?

Letak Candi Borobudur di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Sebelah utara Jogja, lokasi dekat Candi Mendut dan Sungai Progo. Akses menuju lokasi mudah, bila dari jauh naiklah pesawat. Rekomendasi, menginaplah di Manohara Borobudur Hotel, satu-satunya hotel di kawasan situs heritage UNESCO tersebut, cukup berjalan kaki beberapa menit sudah sampai candi. Kapan saja, leluasa sesuai ekspetasi.

Termasuk salah satu destinasi wisata di Indonesia terpopuler, bahkan terkenal seantero jagat. Banyak wisatawan mendatangi, baik pelancong domestik maupun turis mancanegara. Tentu saja mereka ingin mengetahui sesungguhnya Candi Borobudur. Candi Buddha abad 8 Masehi ini tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO. Dimana mempunyai pesona luar biasa.

Berada di Dataran Kedu barat laut Yogyakarta, tepat wilayah Magelang jaman dulu dikenal sebagai kawasan peradaban kuno yang memiliki sejarah budaya klasik indah. Dalam sejarah, Candi Borobudur merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, dibangun pada masa wangsa Syailendra abad 8 Masehi dengan rajanya Samaratungga, sedangkan yang mendesain Candi Borobudur adalah Gunadharma.

Berdiri megah di area tanah luas hektaran, Candi Borobudur mempunyai bentuk persegi dengan luas 123×123 meter dilengkapi 72 stupa kecil, 504 patung Buddha, 2672 relief dan satu stupa besar dipuncaknya. Ada beberapa tingkatan bagian, formasi stupa kecil dan arca Buddha mengitari stupa besar Candi Borobudur. Jika dilihat dari atas udara Candi Borobudur seperti bunga teratai.

Tahukah Kamu. Borobudur merupakan Candi Buddha terbesar di dunia, terbentuk dari dua juta potongan bebatuan yang disusun sedemikian rupa sehingga menjadi satu candi utuh nan megah diukir cantik. Ada ribuan kisah yang diceritakan pada dinding relief Borobudur. Mulai dari relief Siddhartha Gautama, hingga sejarah panjang peristiwa peradaban masa lalu pun terekam di relief Candi Borobudur.

Arsitekturnya benar-benar mengagumkan. Candi Borobudur bukan hanya megah saja bangunannya, tetapi juga terasa kental dengan suasana spiritual. Setiap tahun Waisak diperingati upacara ritual disini. Sedangkan narasi pada dinding Borobudur begitu detail, Kalian pasti tidak bisa membayangkan bagaimana membuatnya dalam bentuk cerita. Saran, meluangkan waktu sedapat mungkin untuk mencermati, tidak ada tempat lain seunik ini.

Setelah mengenal sejarahnya, apakah Kamu tidak ingin berfoto-foto di Candi Borobudur. Mengabadikan diri lewat selfie atau vlog. Dari berbagai sudut viewnya bagus, disukai traveler milenial. Jikalau ingin melihat sunrise Candi Borobudur, datanglah pagi hari sebelum matahari terbit. Dari sekitar puncak stupa paling besar akan terlihat pemandangan alam landscape Gunung Merapi Merbabu.

Opsi alternatif, menyaksikan spot sunrise Candi Borobudur dari ketinggian bukit, ada lokasi pilihan spot Punthuk Setumbu, Purwosari, Sukmojoyo, Kendil, Mongkrong dan Puncak Suroloyo. Kalau masih tetap eksis bertahan, siang menjelajahi epiknya candi. Estafet berikutnya saat sore senja, sunset Borobudur eksotis. Akan terlihat semburat kemerahan menghiasi langit Pegunungan Menoreh.

Atraksi budaya pun asyik untuk dinikmati, terkadang pertunjukkan sendra tari dan kesenian tradisional dipentaskan, diikuti festival kultural seringkali digelar meriah. Tidak hanya sebatas itu saja, juga ada event sport tourism yang menantang semangat antara lain Borobudur Marathon, Tour De Borobudur, dan banyak lagi. Itulah sejuta pesona Candi Borobudur.

Jika tertarik sama candi dan sejarah, mestinya traveling kesini.