Home » Ide Jalan-jalan » 4 Destinasi Unik di Dieng

4 Destinasi Unik di Dieng


Plesiran ke kawasan Dieng, tentunya tidak luput sama obyek wisata alam dan bangunan cagar budaya. Nah, berikut deretan destinasi unik di Dieng mungkin cocok untuk mengisi waktu liburan atau akhir pekan kamu.

1. Candi Arjuna
Bila suka wisata sejarah, berkunjunglah ke komplek Candi Dieng. Yang dituju Candi Arjuna, sama nama figur pewayangan Mahabarata. Candi Hindu abad 8 Masehi ini diperkirakan peninggalan kerajaan masa lalu. Arsitektur bangunannya mengagumkan, spot alamnya indah. Sedangkan untuk letaknya ada di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara. Disinilah pula setiap tahunnya diadakan Dieng Culture Festival.

2. Kawah Condrodimuko
Siapa yang enggak kenal dengan tokoh wayang Gathotkoco yang bisa terbang, berotot kawat dan bertulang besi. Sakti mandraguna, karena terlahir sebagai buto (raksasa), untuk menghilangkan sifat tidak baiknya, di Kawah Condrodimuko inilah Gathotkoco ditempa. Selain itu, airnya digunakan buat acara ritual tradisi potong rambut gimbal. Lokasi Kawah Condrodimuko di Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

3. Telaga Dringo
Tertarik pada destinasi mainstream, mungkin Wisata alam tersembunyi di dataran tinggi Dieng ini tepat dikunjungi. Kurang begitu populer, namun pemandangan yang ditawarkan begitu mempesona. Apalagi jika dipandang dari lokasi ketinggian perbukitan hijau, view Telaga Dringo nampak cantik. Sejuknya udara pegunungan bisa Anda rasakan langsung, apalagi suasana tempatnya tenang, pas buat refreshing hilangkan kepenatan.

4. Lubang Sewu
Keberadaan ekowisata Lubang Sewu berlokasi di Desa Wisata Erorejo, tepat dikawasan Waduk Wadaslintang Wonosobo. Batuan karst berbentuk unik tersebut hanya terlihat ketika air waduknya sedang surut. Kalau boleh dibilang musiman, perlu waktu yang tepat saat berkunjung. Alternatifnya jalan-jalan melihat keindahan Waduk Wadaslintang saja.