Home » Ide Jalan-jalan » 10 Destinasi Unik di Yogyakarta

10 Destinasi Unik di Yogyakarta


Jika liburan ke Jogja, ada beragam wisata pilihan destinasi unik di Yogyakarta yang dapat Anda kunjungi diantaranya:

1. Gumuk Pasir Parangkusumo (Bantul)
Fenomena alam bukit pasir di wilayah tropis. Langka, hanya ada beberapa di dunia, salah satunya di Yogyakarta. Lokasi bersisian sama Parangtritis, wisata pantai dekat Kota Jogja. Gumuk Pasir ini menjadi tujuan favorit traveler. Spot uniknya sering untuk latar foto pre-wedding dan shooting film. Bila tertarik kegiatan liburan seru, bisa mencoba sandboarding disana.

2. Candi Ijo (Sleman)
Suka mengunjungi tempat bersejarah, pergilah ke Candi Ijo. Berada tidak jauh dari Tebing Breksi dan Situs Ratu Boko. Candi bercorak Hindu ini diperkirakan dibangun antara sekitar abad 10 hingga 11 Masehi pada masa Kerajaan Mataram Kuno. Komplek Candi Ijo terdiri dari beberapa kelompok candi induk, candi pengapit dan candi perwara. Terdapat artefak Dewa Syiwa, Brahma dan Wisnu. Disamping itu, ketika senja dari kawasan cagar budaya ini pengunjung pun dapat melihat indahnya matahari terbenam.

3. Pesanggrahan Rejawinangun (Kota Yogyakarta)
Populer disebut Situs Warungboto, nama aslinya Pesanggrahan Rejawinangun. Dibangun Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, pada periode Sultan Hamengkubuwono I hingga Hamengkubuwono II. Dulunya Situs Warungboto ini merupakan tempat peristirahatan keluarga keraton. Bangunan Pesanggrahan tersebut dilengkapi taman, segaran, kolam, kebun, ruang kamar, pintu, jendela, halaman berteras dan lorong-lorong. Sekilas arsitekturnya mirip Taman Sari, bila Anda menyukai wisata sejarah mesti datang kesini.

4. Puncak Becici (Bantul)
Wisata alam di Jogja dengan atraksi spot tematik, selain Hutan Pinus Mangunan dan Pengger adalah Puncak Becici. Temukan sensasi keseruan didalam rimba pinus, spot-spot foto menarik pun akan memanjakan Anda diantaranya rumah pohon, gapura, gardu pandang, gazebo. hammock, taman cantik dihiasi bunga dan beragam bentuk dekorasi unik terbuat dari akar. View yang demikian itu kerap kali dijadikan lokasi photo prewedding, terkadang buat pengambilan gambar filem. Oh iya, jangan sampai melewatkan sunset di Puncak Becici.

5. Pantai Jogan (Gunungkidul)
Paling beda diantara semua pantai Gunungkidul, Jogan pantai ada air terjunnya. Air terjun Jogan lokasinya tersembunyi di tepi Laut Selatan Jawa. Area sekitarnya perbukitan, yang terlihat disana tebing serta batuan karang dan pasir pantainya sedikit. Biasanya, wisatawan yang berkunjung memanfaatkan khasnya pemandangan air terjun di bibir Pantai Jogan tersebut menjadi spot berfoto atau swafoto. Boleh saja jalan turun kebawah melewati tangga yang tersedia untuk mendekat.

6. Mangrove Pasir Kadilangu (Kulonprogo)
Wanatirta Pasir Mendit dan Pasir Kadilangu, dua obyek wisata hutan mangrove di Kulonprogo yang populer dikunjungi pelancong. Mangrove Pantai Pasir Kadilangu sendiri meyuguhkan pesona alas bakau. Eksplor melewati jembatan, temukan hal-hal terunik. Atau memilih jelajah air kawasan pepohonan bakau menggunakan perahu kapal. Spotnya menarik dengan dekorasi kekinian mulai dari jembatan api-api, sangkar, gardu pandang, papan tulisan dengan kata-kata inspiratif, menara ikonik dan jembatan cinta berbentuk hati spot favorit pelancong foto-foto.

7. Tebing Breksi (Sleman)
Letaknya daerah Prambanan selatan, berdekatan dengan Situs Ratu Boko dan Candi Ijo. Taman Tebing Breksi Cultural Park ini dulunya merupakan lokasi pertambangan batu, lalu dikembangkan jadi obyek wisata. Pahatan artistik relief di dinding Tebing Breksi menjadi daya tarik wisatawan. Sebuah adegan sosok figur pewayangan pun terukir indah disana. Terdapat Tlatar Seneng, panggung terbuka digunakan pentas kesenian. Ornamen naga menghiasi sisi tangga, dari puncak bukit dapat menyaksikan pesona alam dari ketinggian.

8. Goa Jomblang (Gunungkidul)
Ingin melihat cahaya surga di kegelapan perut bumi, pergilah ke Goa Jomblang di Gunungkidul. Atraksi liburan seru, adrenalin Anda pasti tertantang disaat menuruni lubang goa besar, sampai dibawah akan disambut pesona Hutan Purba Jomblang. Kemudian jalan setapak menuju dimana lokasi cahaya matahari cantik itu menyinari goa. Siapa saja yang datang, pasti akan terkagum-kagum. Didalam goa suasananya seperti berada di dunia lain, aneh penuh misteri.

9. Wisata Alam Kalibiru (Kulonprogo)
Destinasi wisata alam di Kulonprogo paling terkenal, ya Kalibiru. Keindahannya seperti taman di surga, membuat decak kagum siapa saja. Ada beberapa view point di kawasan obyek wisata alam Kalibiru, pandangan dimanjakan pemandangan alam landscape dengan latar belakang Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh. Spot ikonik alam Kalibiru jadi incaran utama wisatawan, mereka rela antri demi berfoto di rumah pohon Kalibiru.

10. Jalan Malioboro (Kota Yogyakarta)
Rasanya kurang lengkap kalau liburan ke Yogyakarta belum mengunjungi Jalan Malioboro. Kawasan pedestrian Jogja Kota yang satu ini paling ramai disambangi para traveler. Mau wisata belanja, sekedar jalan-jalan atau nostalgia menikmati suasana saja, ya silahkan. Juga menjadi tempat nongkrong yang asyik. Sesuatu yang unik dan menarik pun dapat Anda jumpai disini.