Home » Ide Jalan-jalan » 10 Destinasi Wisata di Sumatera Barat

10 Destinasi Wisata di Sumatera Barat


Pesona wisata Ranah Minang memang Rancak Bana, baik itu alam maupun budayanya. Berikut destinasi wisata di Sumatera Barat yang mesti Anda kunjungi jika liburan kesana.

1. Jam Gadang
Markah di Sumatera Barat adalah Jam Gadang, letak di pusat Kota Bukittinggi. Bangunan menara tinggi dengan ornamen khas Minangkabau rumah Bagonjong dan petunjuk waktu dibagian puncaknya. Arsitekturnya indah, tingginya 24 meter. Juga syarat akan sejarah, telah mengalami perubahaan bentuk puncak menaranya dari awal dibangun hingga seperti sekarang ini. Yang unik angka romawi Jam Gadang, seharusnya IV tertera IIII.

2. Danau Singkarak
Lokasinya membentang dari wilayah Tanah Datar sampai Solok. Terbentuk hasil proses tektonik, bukan vulkanik. Ini termasuk danau di Sumatera terindah, terluas setelah Danau Toba. Sekaligus kaya akan ekologi diperairan tawar. Disinilah biasanya digelar agenda tahunan event sport tourism berskala international yaitu Tour de Singkarak.

3 Istano Basa Pagaruyuang
Terletak di Kecamatan Tanah Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar. Istana Basa sering disebut Istana Pagaruyung. Istana Kerajaan Pagaruyung ini dulunya sebagai kediaman Raja Alam. Bangunan asli istana berada di Bukit Batu Patah. Tahun 1804 terjadi insiden, kemudian didirikan lagi. 1966 terbakar, dan 2007 kembali kebakaran, akibat tersambar petir. Dalam historisnya telah beberapa kali dibangun. Bangunan istananya mengagumkan, arsitektur Rumah Adat Minangkabau. Sejumlah koleksi pusaka masih terjaga. Jika Kamu tertarik sama wisata sejarah dan atraksi budaya, beranjaklah kesini.

4. Ngarai Sianok
Berada di Kabupaten Agam. Lembah Ngarai Sianok membentang sepanjang 15 km, lebar 200 m dan tinggi jurang 100 m. Terbentuk dari patahan Sumatera, membentuklah lembah tebing curam hampir tegak lurus, Lembah hijau menyejukkan pandangan tersebut dialiri air sungai Batang Sianok. Yang kaya keaneragaman hayati flora dan fauna seperti raflesia, macam tutul dan lainnya. Ada sebuah litografi menggambarkan Ngarai Sianok tempo dulu. Spot eksotis Ngarai Sianok dapat dilihat dari Taman Panorama Bukit Tinggi. Selain itu, menunjang kegiatan liburan seru diantaranya olahraga kano dan kayaking.

5. Danau Maninjau
Lokasi di Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Danau Maninjau merupakan sebuah kaldera dari letusan gunung apai. Danau vulkanik di Sumatera Barat ini berkaitan sama legenda Ranah Minang, kisah Bujang Sembilan. Puncak tertinggi perbukitan sekitar Danau Maninjau yaitu Puncak Lawang. Sekitar kawasan wisata Danau Maninjau sudah mendukung fasilitas, hotel, penginapan dan restoran.

6. Kelok 44
Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan sebutan Kelok 44, sepanjang kurang lebih 10 KM mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau. Siapa saja yang melihat Kelok 44, pasti akan kagum terpesona. View jalan terunik di dunia ini hanya ada di Ranah Minang.

7. Padang Mangateh
Padang Mangateh Payakumbuh luasnya ratusan hektar, view cantik sabana rumput dengan latar belakang Gunung Sago. Pemandangan panorama padang rumput hijau ini dipenuhi atraksi memanjakan pandangan, termasuk terlihat banyak sapi berkeliaran di alam bebas. Tertarik ingin eksplor, pihak pengelola menyediakan kendaraan untuk mengantar pengunjung ke sabana rumput berbukit yang indah. Ekslor, temukan keseruannya.

8. Istano Silinduang Bulan
Berlokasi di Pagaruyung, Tanah Datar. Berjarak hanya beberapa kilometer dari Istana Basa Pagaruyung. Istana Silindung merupakan salah satu tempat bersejarah di Sumatera Barat. Pernah terbakar, beberapa kali juga. Kemudian dikonstruksi kembali seperti yang terlihat kini. Arsitektur bangunan istananya mengesankan, ukiran hingga corak khas disetiap sudutnya. Termasuk koleksi-koleksi yang tersimpan di dalam museum.

9. Kelok 9
Pesona jembatan Kelok Sembilan menyatu bersama keindahan alam Bukit Barisan. Tujuan dibuatnya jembatan layang di jalan berkelok perbukitan ini untuk solusi rute alternatif akses transpotasi dan lajur mengurangi kemacetan. Disamping itu, menjadi ikon wisata baru di kawasan tersebut. Tak mengherankan, banyak mereka sengaja datang kesini berfoto atau berhenti sesaat sebagai transit istirahat. Memanfaatkan momen, sambil menikmati pemandangan Kelok 9 Bukit Barisan.

10. Kepulauan Mentawai
Bila liburan ke Kepulauan Mentawai pasti akan dimanjakan eloknya alam dan kultur. Terutama Pulau Siberut, Sipora dan Pagai Selatan. Tertarik pada pantainya yang cantik atau ingin mencermati budaya Mentawai asli lebih dekat. Jika Anda menyukai surfing, disana terdapat beberapa surf spot. Paling terkenal lances right/hollow trees dan macaronies/maccas dua ombak terbaik Mentawai surga pelancar dunia. Suka traveling, langsung saja naik kapal dari Pelabuhan Bungus atau Muara Padang atau menggunakan pesawat terbang menuju Bandara Rokot Sipora.