Home » Traveling » Embung Batara Sriten Gunungkidul, Telaga Eksotis di Ketinggian Bukit

Embung Batara Sriten Gunungkidul, Telaga Eksotis di Ketinggian Bukit


Embung Batara Sriten di Gunungkidul ini menjanjikan pemandangan alam indah dari ketinggian, lokasinya pun populer untuk olahraga dirgantara, serta oke buat camping dan refreshing.

Letak Embung Batara Sriten di Desa Pilangrejo, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Sekitar 1,5 jam estimasi waktu perjalanan menuju lokasi, itu bila diakses dari Jogja Kota. Ini destinasi wisata alternatif selain Embung Nglanggeran, Mangunan dan Puncak 4G Gunung Gentong Gedangsari Gunungkidul.

Liburan ke Jogja itu menyenangkan, apalagi mengeksplorasi objek wisata yang belum pernah dikunjungi. Bagaimana kalau pergi ke daerah Gunungkidul, menyapa salah satu surga tersembunyi yang ada di kawasan Gunung Sewu Geopark. Namanya Embung Batara Sriten, telaga eksotis di ketinggian bukit.

Juga sering disebut Embung Sriten. Walaupun buatan sekilas menyerupai danau atau telaga, tapi lebih mirip waduk berukuran kecil. Sedangkan tujuan dibuatnya embung sebagai penampung air, untuk mengairi lahan pertanian/perkebunan daerah disekitarnya. Selain buat irigasi, juga menjadi tempat rekreasi.

Spot menarik kekinian banyak diburu wisatawan. Bila cuaca cerah, terkadang pemandangan alam bagaikan negeri di atas awan pun dapat terlihat. Termasuk dari kejauhan nampak Gunung Merapi dan Waduk Gajah Mungkur. Bersiaplah berfoto-foto ria, selfie dulu. Atmosfir suasananya pun hening, enak dijadikan tempat refreshing melepas kepenatan.

Cobalah jelajah area sekitar embung, biar tahu ada apa saja disana. Bila lelah jalan-jalan, bersantailah di gazebo sambil menikmati suasana. Dekorasi taman cantik disetiap sudut memanjakan pandangan. Oh ya, perbukitan di Batara Sriten ini populer menjadi tempat landasan pacu paralayang ataupun gantole.

Baik sunrise maupun sunset di Embung Sriten sama bagusnya. Lanjut berminat kemping, jika waktu gelap bisa menyaksikan langit malam bertabur bintang-bintang, milky way alias galaksi bimasakti kelihatan cukup jelas. Wow banget.

Yuk, sekali-kali traveling kesini.