Goa Gong Pacitan, Goa Terindah di Asia Tenggara

Obyek wisata alam di Pacitan paling terkenal adalah Goa Gong. Pesona stalagtit stalagmit goa terindah di Asia Tenggara ini membuat banyak traveler penasaran untuk mengunjunginya. Lokasinya di kawasan Geopark Gunung Sewu.

Sebenarnya banyak pilihan tempat rekreasi yang dapat kunjungi saat liburan ke Pacitan. Selain pantai-pantai cantik, daerah Pacitan juga memiliki obyek wisata goa mengagumkan yang berjumlah ribuan. Salah satunya Goa Gong, Anda bisa melihat lebih dekat stalagmit stalagtit goa paling indah seantero Asia Tenggara. Jika Kamu senang destinasi alam bertema geologi, berkunjunglah.

Letak Goa Gong di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berada dekat Goa Tabuhan dan tak jauh dari Pantai Klayar. Sedangkan jaraknya dari Kota Pacitan ke arah barat sekitar 30 km. Sekarang akses jalan semakin mudah, naiklah bus/mobil/motor untuk mencapai tujuan lokasi. Sebaiknya jangan sendirian traveling, ajaklah kawan biar pikniknya meriah.

Goa Gong ini merupakan salah satu obyek wisata alam paling terkenal di Pacitan. Ramai dikunjungi saat musim liburan maupun akhir pekan, biasanya terjadi lonjakan kunjungan drastis. Yang datang itu tidak hanya wisatawan domestik dari berbagai wilayah, tetapi juga turis mancanegara dari penjuru dunia. Mereka pada penasaran dengan keindahan stalagtit dan stalagmit Goa Gong.

Telah diketahui bahwa sebagian besar wilayah Pacitan merupakan kawasan karst perbukitan kapur yang dikenal dengan sebutan Pegunungan Sewu. Keadaan alamnya serupa Gunungkidul dan Wonogiri, banyak dijumpai sungai bawah tanah dan goa yang jumlahnya ribuan. Sampai daerah terkenal dengan kuliner tiwul ini dijuluki sebagai Kota Seribu Goa. Cobalah eksplor lebih dalam, siapa tahu menemukan spot epik.

Destinasi ikonik Pacitan, Goa Gong itu surga tersembunyi di Gunung Sewu Geopark. Dalamnya ratusan meter, goa paling indah se-Asia Tenggara ini menjanjikan pemandangan dalam perut bumi berupa stalagmit dan stalagtit eksotis. Menariknya, jika dipukul bunyi suaranya terdengar seperti instrumen gamelan Gong. Wow, sungguh benar-benar mengesankan.

Uniknya lagi, ternyata setiap stalagmit stalagtit Goa Gong mempunyai nama diantaranya Selo Cengger Bumi, Citro Cipto Agung, Bantaran Angin, Adi Citro Buwono, Gerbang Giri, Pakuan Bomo, Susuh Angin. Juga lima sendang Goa Gong ada namanya seperti Sendang Panguripan, Jampi Rogo, Relung Jiwo, Kamulyan, Ralung Nisto. Konon, air sendang Goa Gong bikin awet muda.

Eksotika pemandangan bawah tanah. Rekomendasi sambil jalan-jalan menjelajah nikmatilah keindahan goa, jangan sampai lupa foto-foto di Goa Gong. Terdapat view bagus, stalagmit stalagtit Goa Gong yang disoroti lampu terlihat lebih hidup. Termasuk cari tahu bagaimana sejarah geologinya atau adakah tradisi cerita folklorenya. Berwisata sekaligus dapat wawasan pengalaman baru.

Oh iya, masih ada pilihan wisata Pacitan alternatif satu tema yakni Luweng Jaran goa terdalam se-Pulau Jawa, serta Goa Kalak dipercaya petilasan sosok figur bersejarah. Bisa sekalian Kamu sambangi. Boleh dibilang obyek wisata Goa Gong tenarnya sebanding dengan Pantai Teleng Ria, keduanya destinasi primadona utama para traveler traveling.

Namun pesona Goa Gong tidak ada duanya di dunia. Jadi kapan giliran Kamu jalan-jalan kesini.