Home » Traveling » Goa Tabuhan Pacitan, Unik Dapat Mengeluarkan Bunyi Seperti Gamelan

Goa Tabuhan Pacitan, Unik Dapat Mengeluarkan Bunyi Seperti Gamelan


Destinasi menarik, stalagmit stalagtit Goa Tabuhan unik dapat berbunyi seperti suara gamelan yang ditabuh. Wisata alam di Pacitan ini menyuguhkan sesuatu yang berbeda.

Letak Goa Tabuhan di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya terpaut cukup dekat dengan Goa Gong, sedangkan kalau sama Kota Pacitan ke arah barat sekitar 30 km.

Daerah Pacitan wilayahnya didominasi perbukitan batuan kapur, populer disebut Pegunungan Sewu. Salah satu kawasan karst di Pulau Jawa yang diakui dunia sebagai taman bumi, Gunung Sewu Geopark. Disanalah juga keberadaan obyek wisata Goa Tabuhan.

Pesona stalagtit dan stalagmit indah menghiasi goa, batuan runcing beragam rupa bentuk. Anehnya, kadang suara gending terdengar dari dalam goa. Merdunya bunyi gamelan, ternyata berasal dari stalagtit stalagmit Goa Tabuhan yang dipukul dengan irama tertentu oleh yang terampil.

Dahulu lokasi ini digunakan untuk bertapa atau meditasi, serta dipercaya sebagai tempat petilasan Pangeran Diponegoro. Bukan angker atau misteri, melainkan memiliki atmosfir nuansa spiritual yang kental seperti halnya Goa Kalak dan Gunung Limo.

Itulah keunikan pesona wisata Kota Seribu Goa. Mesti liburan kesini.