Goa Tabuhan Pacitan, Unik Dapat Mengeluarkan Bunyi Seperti Gamelan

Satu lagi destinasi Kota Seribu Goa, stalagmit stalagtit Goa Tabuhan unik bisa berbunyi menyerupai suara gamelan yang ditabuh. Wisata alam di Pacitan ini menyuguhkan sesuatu yang beda.

Kehabisan ide mau jalan-jalan kemana lagi, daripada bingung mendingan traveling ke Pacitan saja. Kan diketahui bahwa wilayah Pacitan itu banyak memiliki destinasi alam terutama wisata goa, yang terkenal salah satunya Goa Tabuhan. Obyek wisata ini menjanjikan tiga keindahan berbeda, tentu keunikan yang tidak biasa. Bikin penasaran, apakah itu?

Letak Goa Tabuhan di Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Hanya 1 km jaraknya dari Gong terpaut cukup dekat, sedangkan kalau sama Kota Pacitan ke arah barat sekitar 30 km. Akses jalan menuju lokasi mudah, naiklah transportasi bus/mobil/motor untuk mencapai tujuan. Lebih baik datangnya tidak sendirian, ajaklah teman biar tambah seru.

Goa Tabuhan termasuk tempat wisata di Pacitan yang diunggulkan, bahkan populernya mengikuti Gong Gong. Pada saat hari libur nasional dan akhir pekan, semakin ramai dikunjungi wisatawan, baik pelancong domestik maupun turis mancanegara. Tak sedikit dari mereka yang datang berasal wilayah jauh, mereka penasaran dengan keelokan goa di Pacitan ini.

Dikenal daerah Pacitan wilayahnya didominasi oleh perbukitan batuan kapur, lebih populer disebut Pegunungan Sewu. Dimana salah satu kawasan karst di Pulau Jawa yang diakui dunia sebagai taman bumi, namanya Gunung Sewu Geopark. Disanalah juga keberadaan obyek wisata Goa Tabuhan. Anda dapat melihat indahnya batuan stalagmit dan stalagtit eksotis. Siapa yang berburu spot foto unik, ayo ngaku!

Pertama. Jika Kamu menyukai wisata geologi, tidak ada salahnya untuk berkunjung kesini. Untuk yang senang sains pasti bersemangat. Coba eksplor, ada apa saja dan mencari tahu bagaimana sejarahnya. Cantiknya batu-batu slatagtit dan stalagmit Goa Tabuhan terbentuk jutaan tahun yang lalu. Bentuknya runcing, slatagtit di dinding langit goa, sedangkan stalagmit di lantai goa.

Kedua. Berkaitan dengan seni musik spesifiknya karawitan. Suara gamelan misterius itu dari mana asalnya. Aneh, kadang suara gending terdengar dari dalam goa. Merdunya bunyi gamelan, ternyata berasal dari stalagtit stalagmit Goa Tabuhan yang dipukul dengan irama tertentu oleh yang terampil. Itulah uniknya goa ini. Bagi mereka yang baru pertama mendengar pasti terkejut. Heran, kok bisa?

Ketiga. Mengenai historis dan kultur. Ternyata pada zaman dulu lokasi ini digunakan untuk bertapa atau meditasi, serta dipercaya sebagai tempat petilasan Pangeran Diponegoro, itu berarti pertanda pernah disinggahi. Bukan angker atau misteri, melainkan memiliki atmosfir nuansa spiritual yang kental seperti halnya Goa Kalak dan Gunung Limo.

Itulah pesona Goa Tabuhan di Pacitan. Sekarang giliran Kalian, kapan liburan ke sini.