Gumuk Pasir Parangkusumo Bantul, Wisata Alam Unik di Joga

Jangan sampai melewatkan wisata alam di Jogja yang satu ini namanya Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi unik di Bantul tersebut menyuguhkan pesona bukit pasir dengan spot instagramable dan keseruan atraksi.

Musim liburan telah tiba, namun bingung mau jalan-jalan kemana? Mendingan traveling ke Yogyakarta saja. Jika Kamu suka obyek wisata bertema alam sekaligus memiliki keunikan yang khas, cobalah pergi ke daerah Bantul. Disana terdapat destinasi unik, tidak lain adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Tempatnya menjanjikan, terus juga ada atraksi yang bisa dilakukan.

Letak Gumuk Pasir Parangkusumo di Jl. Pantai Parangkusumo, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Keberadaannya dekat sama Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Sedangkan akses jalan menuju lokasi cukuplah mudah, bisa ditempuh dengan bus/mobil/motor. Jangan sendirian perginya, ajaklah teman biar semakin meriah.

Termasuk wisata alam unik di Jogja, karena mempunyai kekhasan tersendiri. Pesona Gumuk Pasir Karangkusumo mampu memikat daya tarik wisatawan, mereka pada penasaran. Ramai kunjungan wisatawannya tidak hanya waktu hari libur nasional saja, akhir pekan dan hari biasa pun diincar traveler. Baik itu pelancong domestik maupun juga terkadang turis mancanegara.

Gumuk Pasir Karangkusumo terbentuk karena peristiwa alam, pasir yang ada di delta Kali Opak atau Pantai Selatan terhembus angin bergeser ke daratan pesisir pantai, lalu perlahan menjadi kumpulan pasir yang akhirnya membentuk bukit gurun pasir dalam proses waktu sangat lama. Fenomena alam tersebut dinamakan Gumuk Pasir, istilah lainnya Sand Dune atau Barchan.

Oh iya, perlu diketahui bahwa fenomena alam Gumuk Pasir di Jogja ini jumlahnya tak cuma satu, melainkan ada beberapa Gumuk Pasir kalau dihitung. Pertama Gumuk Pasir Parangtritis. Kedua Gumuk Pasir Off-Road letaknya diantara Pantai Hutan Cemara dan Pantai Samas. Dan yang terakhir Gumuk Pasir Parangkusumo paling populer dikunjungi oleh wisatawan, yang lokasinya tak jauh dari Parangtritis Geomaritime Science Park dan Pantai Depok.

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo mempesona siapa saja, apalagi bagi mereka yang baru pertama kali melihatnya. Gumuk Pasir Barchan di Jogja satu-satunya ini benar-benar lokasi wisata unik, suasananya serasa di padang pasir. Sampai dijadikan lokasi syuting film, lokasi foto pre-wedding, hingga dijadikan objek wisata karena memiliki keunikan spot menarik.

Berfoto selfie di tempat wisata rasanya miliki sensasi tersendiri. Gumuk Pasir Barchan (Sand Dune) objek wisata syarat akan hal tersebut, punyai spot foto instagramable unik. Apalagi ditambah dekorasi cantik yang menghiasi kawasan Gumuk Pasir tersebut dengan taman bunga warna-warni, ada tulisan besar berbunyi “Gumuk Pasir Barchan”, terus ada ayunan juga.

Terus apalagi yang menarik dari wisata alam unik di Jogja ini. Tidak lain, aktivitas seru apa yang dapat dilakukan. Selain trekking ringan, pengunjung dapat merasakan bagaimana serunya Sand Boarding di Gumuk Pasir, selancar di gurun pasir. Meskipun cukup ekstrim tapi mudah dilakukan lho, tak perlu keahlian khusus. Cukup belajar mencoba beberapa kali pasti sudah bisa. Tertarik, berani mencoba?

Bagi pengagum pemandangan alam tentunya Gumuk Pasir Parangkusumo tak mungkin begitu saja dilewatkan. Suasananya tenang jauh dari keramaian, cocok dijadikan tempat refreshing. Daya tariknya berikutnya, saat senja melihat sunset di Gumuk Pasir rasanya menjadi kenangan tak terlupakan. Bila waktu sudah gelap, Kalian bisa menyaksikan bintang-bintang di malam hari.

Tertarik, kapan Kamu kesini?