Home » Traveling » Pesona Wisata Hutan Mangrove Wanatirta Pasir Mendit di Kulonprogo

Pesona Wisata Hutan Mangrove Wanatirta Pasir Mendit di Kulonprogo


Destinasi ini dikenal dengan sebutan Hutan Mangrove Wanatirta, lokasinya di daerah Kulonprogo. Dekorasi kekinian menyatu bersama pemandangan alam eksotis hutan bakau pesisir Laut Selatan Jawa, itu yang menjadi daya tarik wisatawan.

Letak Hutan Mangrove Wanatirta di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Kalau tidak salah keberadaannya dekat Hutan Mangrove Pasir Kadilangu, tetapi tidak terlalu jauh dari Pantai Congot. Jarak tempuhnya akan memakan waktu kurang lebih sekitar satu jam, bila ditempuh dari Kota Yogyakarta. Sedangkan dari bandara Kulonprogo baru lebih dekat, hanya beberapa menit saja.

Biar enggak bosan traveling, carilah tempat wisata yang beda, terus lokasinya unik. Cobain deh datang ke Hutan Mangrove Wanatirta Pasir Mendit di Kulonprogo, siapa tahu kalian suka. Karena kolaborasi wisata alam, kekinian dan edukasi. Ya, yang dikunjungi ini sebuah kawasan hutan bakau dimana tanaman mangrove menjadi tumbuhan utama yang menghiasi tempat tersebut. Manfaat tanaman bakau di daerah pesisir tentunya untuk mencegah terjadinya abrasi pantai, selain itu berguna untuk memulihkan kembali ekosistem habitat laut.

Tahu tidak, Kulonprogo punya beberapa hutan bakau diantaranya Hutan Mangrove Wanatirta dan Pasir Kadilangu yang sering disambangi pelancong. Jadi teringat yang lain dengan Hutan Mangrove Blok Bedul di Banyuwangi, dan Hutan Mangrove Bali. Sama-sama menawarkan keindahan alam pesona hutan bakau yang dipadukan dengan dekorasi unik kekinian dalam setiap desainnya. Spot menarik untuk foto.

Pengunjung dapat merasakan bagaimana serunya jalan-jalan menjelajahi Hutan Mangrove Wanatirta. Aliran sungai, asrinya hijau daun pohon bakau, antar lokasi penghubungnya jembatan, dekorasi unik bertemakan kekinian pun menghiasi setiap sudut penjuru tempat. Desain cantik di tiap obyek hingga tulisan inspiratif. Yang ingin berfoto-foto atau swafoto, silahkan saja. Selain jalan kaki, pelancong pun bisa naik kapal berkeliling di sekitar kawasan.

Tak jarang dari wisatawan yang datang menghabiskan waktu disini, sampai senja tiba pun rela, Mereka bersemangat menunggu keindahan sunset di Hutan Mangrove Wanatirta tiba. Tertarik, maka datanglah kesini.