10 Kuliner Khas Jogja

Tak lengkap rasanya kalau liburan ke Yogyakarta belum mencoba wisata kuliner khas Jogja. Nikmati dari terkenal hingga yang tidak populer, ketahui juga bagaimana cara membuatnya, dan asal muasal sejarahnya.

Daerah berjuluk Kota Pelajar sekaligus Kota Budaya ini memang dikenal memiliki banyak tempat wisata bagus yang dapat dikunjungi. Disamping itu juga terkenal mempunyai banyak kuliner khas daerah yang mesti Kamu coba. Tak hanya sekedar menikmati saja, tetapi juga cari tahu bagaimana proses pembuatannya dan historisnya. Bisa menjadi pengalaman seru saat traveling.

Berikut 10 kuliner khas Jogja yang direkomendasikan:

#1. Gudeg
Gudeg berasal dari daerah Yogyakarta. Makanan khas Jogja ini rasanya manis, terbuat dari nangka muda. Biasanya, Gudeg disajikan bersama nasi, sambal goreng, telur, ayam serta pelengkap. Selain dimakan ditempat, bisa dikemas untuk oleh-oleh. Sentra Gudeg Jogja di daerah Wijilan, Gudeng Yu Djum lokasi timur Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. Selain Gudeg Wijilan, ada Gudeg Pawon di Warungboto Umbulharjo.

#2. Sate Klathak
Salah satu kuliner sate khas Bantul, yang tidak boleh dilewatkan kalau datang ke Yogya adalah Sate Klathak. Olahan menu sate kambing muda dengan citarasa lezat sekaligus cara penyajian yang unik, dibakar dengan jeruji membuat matangnya sempurna. Sate Klathak asalnya dari daerah Imogiri, keberadaannya paling banyak dijumpai disana, seperti Sate Klathak Pak Pong dan Sate Klathak Pak Bari.

#3. Mie Des
Mesti Anda coba satu nomor kuliner mie khas dari Bantul ini, Mie Des bahan bakunya sari pati ketela. Ini termasuk makanan khas Jogja selain Gudeg. Ada dua olahan Bakmie Pedes (Mie Des) yaitu mie des goreng dan mie des godog. Rasa enak, pedasnya dijamin menggoyang lidah. Tertarik, langsung saja meluncur ke daerah Pundong Bantul, rekomendasi Mie Des Khas Pundong Pak Yono (Bantul).

#3. Mie Lethek
Mie lethek banyak dibuat di Kecamatan Srandakan, Bantul. Proses pembuatannya masih tradisional, terbuat dari tepung singkong dan gaplek. Ada dua tipe olahan mie yaitu rebus dan goreng. Diolah sama bumbu rempah, telur, suwiran ayam, dan sayuran. Yang jelas nikmat, rekomendasi tempat makan Mie Lethek di resto Bumi Langit (Imogiri) dan Mie Lethek Bantul Mbah Mendes (Sanden).

#4. Tiwul
Tiwul makanan khas Gunungkidul, terbuat dari singkong. Tiwul Gunungkidul asli enak rasanya tanpa ditambahi apa-apa, juga nikmat disantap dengan menu lain seperti sayuran dan lauk pauk. Dulunya merupakan makanan pengganti nasi, di jaman sekarang bakal jarang menemukan tiwul. Kamu dapat menemukan di outlet toko oleh-oleh yang menjualnya di sepanjang jalan menuju obyek wisata di Gunungkidul, sekitar Wonosari.

#5. Kipo
Kipo merupakan jajanan kuno khas Mataram. Namanya berasal dari bahasa Jawa “iki opo” disingkat jadi “kipo”, artinya ini apa. Terbuat dari tepung beras ketan, warna hijau daun pandan, parutan kelapa dan gula jawa cair. Rasanya manis karena didalamnya terdapat gula merah. Makanan jadul pada masa lalu ini mudah Anda temukan di pasar tradisional seperti Pasar Legi Kotagede dan sekitranya.

#6. Jadah Tempe
Boga bahari mudah dijumpai sebagian besar pantai di Jogja, paling terkenal di Pantai Depok, Baron dan Indrayanti. Disana tersedia seafood segar dan ada yang sudah menjadi olahan. Makan di lokasi, atau buat buah tangan. Berbagai hidangan laut goreng, rebus, bakar, kukus, pepes, dan tumis. Menu pilihan kuliner seafood mulai dari ikan, udang. Paling terkenal Jadah Tempe Mbah Carik di Sleman.

#7. Geblek
Bukan ungkapan untuk mengatai dalam bahasa Jawa, melainkan Geblek makanan khas Kulonprogo. Geblek dibuat dari singkong atau tepung, dimasak dalam bentuk bulat warna putih, rasanya gurih dan asin. Termasuk kategori camilan atau jajanan khas Jogja. Tertarik dengan Geblek kuliner khas kulonprogo ini, cobalah berburu pergi ke wilayah barat Yogyakarta daerah Wates pasti menemukannya.

#8. Walang Goreng
Masyarakat setempat menyebutnya Walang Goreng. Cukup ekstrim bagi yang baru mengenal, mungkin belum terbiasa. Belalang Goreng kuliner khas Gunungkidul ini diolah menjadi berbagai pilihan rasa original, manis, asin hingga pedas. Penasaran ingin mencoba mencicipi Belalang Goreng renyah, kriuk dan lezat. Mudah ditemukan di sepanjang jalan menuju tempat wisata Gunungkidul.

#9. Wedang Uwuh
Wedang Uwuh minuman tradisional khas Jogja, sentranya di daerah Imogiri. Minuman tradisional ini mempunyai khasiat yang dapat menyehatkan badan, rasanya segar dan nikmat. Anda bisa menikmati Wedang Uwuh minuman khas Bantul ini langsung di tempat. Selain itu, juga sudah tersedia Wedang Uwuh dalam bentuk kemasan instan, jadi bisa dibawa pulang untuk buah tangan.

#10. Kopi Joss
Kopi Joss minuman khas Jogja ini menjadi incaran para penikmat kopi hingga wisatawan. Ingin mencoba Kopi Jos, datanglah ke Angkringan Lek Man, lokasinya disebelah utara Stasiun Tugu. Kopi Joss yang asli di Jogja hanya ada disana. Selain itu, juga menyediakan menu makanan seperti Sego Kucing (Nasi Kucing), Sate, Tempe, Jadah dan lainnya. Oh iya, Angkringan Lek Man ini merupakan salah satu Angkringan legendaris di Jogja.