Home » Traveling » Laut Bekah Gunungkidul Punyai Pesona Sunset Cantik, Tebing Eksotis Hingga Paus Lumba-lumba

Laut Bekah Gunungkidul Punyai Pesona Sunset Cantik, Tebing Eksotis Hingga Paus Lumba-lumba


Saat senja, pemandangan sunset di tebing Laut Bekah Gunungkidul indah mengagumkan. Jika beruntung dapat berjumpa Kura-kura, Paus hingga Lumba-lumba di Pantai Selatan Jawa ini. Menariknya lagi, menjadi lokasi favorit tempat pemancing berburu ikan dan lobster.

Sedangkan letak Laut Bekah itu sendiri ada di Dusun Temon, Desa Giripurwo. Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Dari Pantai Parangtritis sebelah timurnya, agak jauh dan dapat ditempuh sekitar setengah jam. Jika perjalanannya dimulai dari Kota Jogja akan menghabiskan waktu kira-kira satu jam, baru sampai.

untuk menuju lokasi Tebing Laut Bekah tak mudah, medan jalannya sebagian cor dan bebatuan. Terkadang menanjak, menikung dan menurun tajam, terus melewati hutan belantara. Saran. pastikan alat transportasi yang dikendarai kondisi fit. Usahakan kalau mobil tipe 4WD, sedangkan motor bertenaga prima. Terus, sebaiknya kalau datang kesana jangan traveling sendirian ajaklah kawan tualang biar seru dan nyaman, karena suasananya masih sepi namun sudah dilengkapi beberapa fasilitas.

Semua lokasi wisata sudah dikunjungi, tapi tak usah bingung dan kehabisan mencari destinasi wisata pilihan alternatif yang anti-mainstream di Jogja. Laut Bekah mungkin bisa menjadi opsi kamu untuk mengisi waktu libur. Tempatnya bagus, terus suasana belum seramai Pantai Parangtritis, Goa Pindul maupun Kalibiru. Refreshing terasa lebih leluasa, dengan nilai tambah pemandangan alamnya istimewa.

Perlu diketahui bahwa keberadaan dari lokasi Tebing Laut Bekah ini terpecil, jauh dari pemukiman warga desa sesungguhnya. Di dalam kawasan hutan yang luas, terolasi ditepi pesisir Laut Selatan Jawa di daerah Gunungkidul. Kalau tidak salah, dalam perjalanan akan melewati belantara hutan jati. Habis itu, tikungan jalan terakhir dengan turunan curam, pertanda sampai.

Pertama kali tiba disana, yang dijumpai pemandangan alam landscape Laut Selatan Jawa, lalu pandangan dimanjakan pesona padang sabana tebing Laut Bekah yang membentang cukup luas, cocok buat camping sambil melihat bintang-bintang di langit malam. Ada dua lokasi, sebelah timur dan barat. Sebelah timur dilengkapi dengan beberapa rumah, warung, pendopo, kamar kecil, gazebo, dan tempat duduk ditepi pantai dekat pagar pembatas. Sedangkan sebelah barat hanya pendopo, tempat duduk dan gazebo. Kedua lokasi tersebut istimewa untuk bersantai menikmati senja melihat matahari terbenam, indahnya menyatu bersama tebing-tebing eksotis Pantai Selatan Jawa. Datanglah lebih awal.

Tak ada pasir pantai, hanya ngarai tebing bebatuan dipinggiran pantai serta sabana padang rumput kering. Warna air lautnya biru sekali terus ombaknya kelihatan tenang, nuansanya bertipe laut lepas sepertinya memiliki kedalaman laut yang dalam. Disamping itu, mungkin saja suatu kemujuran bisa menjumpai ikan besar seperti Dolphin dan Paus di Laut Bekah, termasuk Penyu lho. Pasalnya tak tentu datangnya, berharap kalian dapat berjumpa saat berkunjung disana.

Oh iya, walaupun letaknya tersembunyi bila senja, mereka para pemancing pun berdatangan ke Laut Bekah dengan segala perlengkapan hobinya. Karena lokasi menjadi tujuan favorit pemancing. Katanya sih disini banyak ikannya termasuk lobsternya menggiurkan, ternyata benar bukan omongan saja. Laut Bekah surganya pemancing ikan. Yang punya hobi seperti itu, silahkan langsung berangkat menuju lokasi. Buruan datang, mumpung masih sepi.