Home » Ide Jalan-jalan » 10 Liburan Seru di Jogja

10 Liburan Seru di Jogja


Ini dia beberapa aktivitas liburan seru di Jogja yang dapat kamu lakukan. Mulai dari kegiatan wisata yang sifatnya kultural hingga petualangan menantang, diantaranya:

#1. Bermain Masangin Di Alun-Alun Selatan Keraton Jogja
Berharap Anda dapat melewati diantara dua pohon ringin alun-alun kidul Kraton Yogyakarta dengan mata tertutup. Sebelum memulai, adakah harapan yang Anda inginkan. Siapa tahu terwujud harapan itu. Permainan seru ini dinamakan Masangin. Biasanya para wisatawan yang liburan ke Jogja penasaran akan hal itu, ingin mencoba permainan Masangin itu langsung. Aktivitas seru traveling itu ramainya kalau sore hingga malam.

#2. Membuat Kerajinan Perak sendiri di Kotagede
Langsung meluncur ke Kota Yogyakarta bagian tenggara, daerah Kotagede tepatnya. Disanalah letak daerah penghasil kerajinan perak asli Kotagede. Selain Anda dapat memperoleh yang sudah jadi langsung, Anda juga dapat memesan kerajinan perak sesuai selera yang diinginkan. Tak hanya itu saja, dengan dipandu yang berpengalaman Anda juga diperbolehkan mencoba membuat cincin dari perak sendiri. Menarik kan.

#3. Mengunjungi desa wisata Kasongan, Giriloyo, Manding hingga Krebet
Ingin mengetahui lebih dekat dari pengrajin langsung, datang saja ke daerah Bantul yang disebutkan tadi. Disanalah sentranya. Sentra Batik Tulis di Giriloyo. Sentra Batik Kayu di Krebet. Sentra Kerajinan Kulit di Manding. Sentra Gerabah di Kasongan. Tertarik ingin belanja barang-barang seni souvenir kerajinan khas Jogja tersebut, monggo silahkan saja.

#4. Serunya naik Andong dan Becak di Kota Jogja, Parangtritis dan Kota Gedhe
Kelihatannya menarik juga, keliling Kota Jogja naik andong atau becak. Pergi ke Kraton, Kotagedhe atau Malioboro. Lebih tepat lagi sekaligus mengunjungi beberapa lokasi atraksi yang menarik. Atau malahan mencicipi kuliner dan belanja oleh-oleh untuk buah tangan. Kereta Andong juga mudah ditemui Pantai Parangtritis.

#5. Memetik buah sendiri di Kebun Buah Mangunan, dan Embung Nglanggeran
Sambil menikmati pemandangan alam, kalian diperbolehkan memetik buah sendiri di Kebun Buah Mangunan. Buahnya tak hanya satu jenis tapi ada banyak jenis buah disana. Memetik sendiri langsung dimakan, rasa buahnya lebih segar dan nikmat.

#6. Tubing Di Goa Pindul, Tanding, Kalisuci, Sungai Oyo, dan Lava Bantal Kali Opak
Paling diminati oleh para wisatawan saat liburan ke Jogja. Mencoba tubing menyusuri sungai di dalam goa. Dengan dipandu oleh yang berpengalaman kalian diajak untuk menjelajahi gelapnya sungai bawah tanah yang indah. Serunya tak hanya itu saja, kalian juga akan menjumpai air terjun. Atau ingin melompat dari ketinggian untuk terjun ke air sungai yang ada juga boleh. Dijamin seru.

#7. Snorkeling di Pantai Nglambor dan Sadranan
Selain aman dan nyaman, faktanya bisa snorkeling di Pantai Selatan Jawa. Sesekali cobalah main ke Pantai Nglambor atau Pantai Sadranan. Dengan diarahkan pemandu, kalian akan diajak menyelam snorkeling melihat keindahan bawah laut di pinggiran pantai. Menyaksikan lebih dekat terumbu karang dan ikan-ikan cantik.

#8. Caving Di Goa Jomblang Dan Cokro
Yang satu ini dibutuhkan keberanian, karena kategori wisata minat khusus ini yang benar-benar menantang. Dengan dipandu para profesional kalian diajak menyusuri keindahan perut bumi. Melihat cahaya dari surga di kegelapan goa atau menyaksikan stalagtit stalagmit yang indah, mana yang kalian suka.

#9. Sandboarding di sabana pasir Gumuk Parangkusumo.
Sebelum matahari terbenam, enaknya bermain sandboarding di padang pasir Gumuk Parangkusumo. Dijamin seru mendebarkan, cukup dengan latihan singkat, Anda pun akan bisa mengendarai papan sandboarding meluncur di sabana pasir ini.

#10. Tour Lava Merapi, naik jeep menyaksikan sisa kedahsyatan Gunung Merapi.
Yang satu ini paling mencengangkan, Anda diajak berkeliling menyaksikan kedahsyatan Gunung Merapi sambil mengendarai mobil petualang Jeep, sensasi Off-Road. Rasa seru sekali, melewati medan jalan yang sulit, selain itu pesona istimewa Taman Nasional Gunung Merapi dapat Anda sapa lebih dekat. Terus mengunjungi museum The House of Memory, mengharukan. Jangan lupa juga mengunjungi Museum Gunung Merapi.