Home » Traveling » Indahnya Pesona Sunset Laut Selatan Dari Mercusuar Pantai Pandansari Bantul

Indahnya Pesona Sunset Laut Selatan Dari Mercusuar Pantai Pandansari Bantul


Menara Mercusuar Pantai Pandansari di Bantul, lokasi alternatif untuk melihat sunset Laut Selatan dari ketinggian. Mercusuar tertua di Jogja ini bisa menjadi obyek wisata tujuan alternatif kalau kalian sedang liburan ke Jogja.

Bagi sebagian orang pemandangan matahari terbenam itu adalah suatu peristiwa yang menarik untuk dilihat. Kalau boleh juga dibilang cara beda menikmati pemandangan alam, sayang kalau dilewatkan. Di Jogja daerah Bantul terdapat tempat menarik dikenal sebagai lokasi menyaksikan pemandangan sunset, namanya Mercusuar Pantai Pandasari.

Lokasinya tersembunyi disebelah timur Pantai Goa Cemara yang memiliki spot menarik kekinian, sisi baratnya Wisata Kebun Buah Naga Wonoroto, tidak jauh dari konservasi penyu Pantai Samas dan Hutan Mangrove Baros. Untuk lebih tepatnya, letak Mercusuar Pantai Pandansari di Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta.

Walaupun bukan satu-satunya mercusuar di Jogja, tapi keberadaan Mercusuar Pantai Pandansari ini berdiri megah terlebih dahulu di pesisir Pantai Selatan, jika dibandingkan dengan menara mercusuar Pantai Baron yang masih baru. Kedua Menara Mercusuar Pantai Selatan tersebut memiliki fungsi mempermudah navigasi kapal nelayan saat berlayar di sekitaran pantai.

Kabupaten berslogan Projotamansari ini memang terkenal mempunyai beberapa obyek wisata unggulan yang telah mendunia diantaranya Gumuk Pasik Parangkusumo, Puncak Becici dan Pantai Parangtritis. Jika sudah pernah kesana, tapi ingin mengunjungi obyek wisata lain yang beda dengan suasana sama, dapat melihat sunset di saat senja. Tak perlu bingung, ada alternatif destinasi wisata di Bantul yang dapat kamu kunjungi yaitu Menara Mercusuar Pantai Pandansari. Ini salah satu mercusuar paling legendaris di Jogja.

Sebelum pergi kesana, pastikan cuaca cerah. Agar tidak mengecewakan setelah sampai di lokasi. Lebih bagus datangnya sore hari sebelum senja tiba. Jika datangnya lebih awal, mendingan jalan-jalan dulu menjelajah sekitaran Pantai Pandansari destinasi yang tersembunyi. Siapa tahu ada atraksi spot menarik buat foto-foto. Walaupun kurang populer, tempatnya asyik buat refreshing, suasananya sepi.

Waktu senja mulai mendekati, bersegeralah naik ke menara. Mercusuar Pantai Pandansari punyai arsitektur bangunan megah dan tingginya puluhan meter berdiri gagah di tepi Pantai Selatan, disekitarnya hutan pohon cemara. Sebelum memasuki pintu menaranya, dimana pas diatas pintunya terdapat tulisan “Pandansari Beach Bantul 1997” dan logo simbol Mercusuar berwarna biru, kurang lebih begitu.

Terus, perhatikan langkah semangatmu saat menaiki tangga menara. Ini bisa menjadi pengalaman baru dengan sensasi berbeda, kalau kalian pertama kali mengunjungi mercusuar. Cukup beberapa menit, bisa sampai di puncak Menara Mercusuar Pantai Pandansari. Dari sinilah kamu dapat menantap indahnya sunset Laut Selatan dari Ketinggian di kala senja.

Setiap pandangan akan dimanjakan pemandangan alam eksotis. Baik itu deretan pantai-pantai selatan yang ada di Jogja maupun atraksi menarik yang terletak sekitaran pantai, termasuk Gunung Merapi pun kelihatan dari kejauhan. Pesona yang paling menarik dapat melihat indahnya sunset dari Mercusuar Pantai Pandansari, ini memberikan kepuasan tersendiri saat traveling. Berfoto selfie dulu, sebelum pulang.

Jadi, jika kamu memimpikan tempat traveling dengan lokasi yang tepat untuk menyaksikan panorama sunset dari tempat ketinggian, maka datanglah ke Menara Mercusuar Pantai Pandansari.