Pantai Baron Gunungkidul, Ikonik Dengan Sungai Air Tawar dan Mercusuar

Satu lagi wisata pantai di Gunungkidul yang mesti Kamu kunjungi yaitu Pantai Baron. Destinasi ini ikonik sama sungai air tawar, menara mercusuar, kuliner seafood, hingga atraksi seru.

Musim liburan telah tiba, mau jalan-jalan kemana? Jika Anda senang wisata pantai, mendingan traveling ke Yogyakarta saja. Pesisir Jogja khususnya daerah Gunungkidul terkenal memiliki pantai-pantai indah, salah satunya Pantai Baron. Dimana destinasi ini menjanjikan keindahan pantai, kuliner serta keseruan atraksi yang dapat dilakukan pastinya.

Letak Pantai Baron di Desa Kumadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Berada dekat dengan Mercusuar Tanjung Baron dan Baron Technopark, namun tidak jauh sama Pantai Kayu Arum, Drini maupun Kukup. Akses jalan menuju lokasi mudah, perjalanan dapat ditempuh dengan bus/mobil/motor. Jangan sendirian datangnya, ajaklah teman biar semakin meriah.

Termasuk obyek wisata pantai di Jogja legendaris, pesona yang ditawarkan sama bagusnya dengan Pantai Krakal, Kukup dan Indrayanti. Namun Pantai Baron mempunyai kekhasan tersendiri, ikonik dengan sungai air tawar tawar dan menara mercusuar. Destinasi favorit incaran para wisatawan, pada hari libur nasional dan akhir pekan ramai pengunjung.

Pantai Baron diapit bukit dan tempat bertemunya air laut dengan air tawar. Teluk Baron juga dikenal sebagai desa nelayan sekaligus wisata pantai. Terlihat ditepi pantainya banyak dijumpai perahu kapal. Disamping itu beragam ikan segar dan olahan pun mudah Anda dapatkan, bisa menikmati kuliner seafood ditempat atau untuk oleh-oleh dibawa pulang.

Sejumlah spot menarik siap memanjakan Kalian. Tentu saja view Laut Selatan Jawa yang legenderis. Pantai Baron ikonik dengan sungai air tawar yang mengalir ke laut. Benar-benar unik, tempat bertemunya air tawar dengan air laut. Jadi urutannya area halaman dan pantai terpisah oleh sungai air tawar, kemudian barulah pasir pantai dan yang terakhir adalah lautnya.

Sungai air tawar Pantai Baron jernih sekali airnya, layaknya sungai di pegunungan. Bila ingin mendekat ke pasir pantainya dan lautnya, Anda mesti melintasi sungai dengan menaiki perahu. Setelah menyeberang naik perahu melewati sungai, Kamu bisa melakukan sejumlah atraksi liburan seru diantaranya bermain pasir, jalan-jalan menapaki pasir maupun memilih berenang.

Ataupun hanya sekedar refreshing santai menikmati suasana yang ada dan melihati pemandangan alam juga hal menyenangkan. Rekreasi rileks sejenak dari kesibukan sehari-hari (bekerja/belajar), agar pikiran segar kembali. Tak sedikit juga mereka traveler yang datang memanfaatkan cantiknya Pantai Baron sebagai latar seting berfoto selfie dan ngevlog.

Cobalah jelajah sekitar, temukan spot foto instagramable. Sebelah kiri Pantai Baron terdapat bukit dengan bangunan menara mercusuar. Anda mesti trekking ringan menapaki jalan setapak yang ada jika ingin mengunjungi menara Mercusuar Pantai Baron. Landmark ini viewnya sesuai ekspektasi. Dari ketinggian mercusuar panorama alamnya mengagumkan, terlihat Samudera Hindia dan Pegunungan Sewu. Oh ya, ketika senja, sunset Pantai Baron eksotis banget.

Bagaimana? Baguskan! Kapan Kamu kesini?