Pantai Baron Gunungkidul, Ikonik Dengan Laguna dan Mercusuar

Termasuk destinasi pantai di Gunungkidul terkenal, dimana obyek wisata Pantai Baron ini ikonik sama laguna, menara mercusuar, kuliner seafood, dan atraksi liburan seru yang bisa dilakukan.

Musim liburan waktu yang tepat untuk rekreasi, rileks sejenak menjernihkan pikiran dari kesibukan harian. Namun masih bingung mau kemana? Bagaimana kalau traveling ke Jogja, pergi ke daerah Gunungkidul, wilayahnya tersohor dengan pantai-pantai indah. Salah satunya Pantai Baron, surga tersembunyi itu menjanjikan sejuta pesona keindahaan serta keseruan.

Letak Pantai Baron di Desa Kumadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Berada dekat dengan Mercusuar Tanjung Baron, namun tidak jauh sama Baron Technopark dan Pantai Kukup. Akses jalan menuju lokasi mudah, gunakanlah transportasi bus/mobil/motor untuk mencapai tujuan. Jangan traveling sendirian, ajaklah kawan agar meriah.

Masuk dalam daftar wisata pantai di Jogja legendaris, bahkan boleh dibilang ketenarannya bersaing sama Pantai Krakal, Kukup dan Indrayanti. Pantai Baron sejak jaman dulu sudah populer dikunjungi wisatawan. Terlebih pada hari libur nasional dan akhir pekan, ramai terjadi lonjakan pengunjung baik pelancong domestik maupun turis mancanegara.

Teluk Baron dikenal sebagai desa nelayan sekaligus wisata pantai. Terlihat di pinggir pantainya banyak dijumpai perahu kapal yang bersandar, sepertinya mata pencaharian masyarakat setempat nelayan, juga pelaku wisata. Disamping itu ikan segar dan olahan pun mudah Anda dapatkan, bisa menikmati kuliner seafood ditempat atau untuk oleh-oleh di bawa pulang.

Jika diperhatikan, bertipe pantai pasir putih dan ombaknya pun mengesankan. Terlihat pohon kelapa tumbuh menghiasi kawasan, semilir angin sepoi membuat udara terasa sejuk. Nuansa tempatnya enak buat refreshing, berteduh santai di bawah payung warna-warni atau gazebo sembari menikmati suasana. Sekalian mendengarkan musik apa mau pilih membaca favorit.

Untuk mengusir kebosanan, jelajah eksplorasi area sekitar juga asyik. Misalnya jalan kaki menapaki pasir pantai, berburu lokasi spot foto instagenik, ataupun malahan mencari tempat bernuansa romantis. Apakah sudah menemukan view unik? Oh ya, bila ingin melihat matahari terbenam, bersabarlah menunggu datangnya senja. Ternyata, sunset Pantai Baron eksotis.

Apalagi yang menarik. Sebelah timur terdapat menara tinggi, itu dinamakan Mercusuar Pantai Baron. Bangunan mercusuar tersebut menjadi landmark ikon baru, viewnya instagramable. Sedangkan bagian barat, ada laguna cantik yang nyaman untuk aktivitas seru. Terus dari puncak bukit, Kamu dapat menyaksikan spot landscape panorama Laut Selatan Jawa yang melegenda.

Traveling itu bukan sekedar memandangi pemandangan alam saja, tetapi juga ada aktivitas yang bisa dilakukan. Nah, di laguna Pantai Baron Kalian dapat seru-seruan seperti renang, snorkeling, bermain kanu hingga serunya olahraga air melayang di udara bermain flyboard di Pantai Baron, walaupun ekstrim namun mempunyai sensasi tersendiri. Disukai traveler milenial.

Sementara bagi yang suka wisata kuliner, cobalah menelusuri kawasan. Yakni berburu kuliner seafood di Pantai Baron juga hal menarik. Ingin makan di tempat, atau beli ikan dibawa pulang buat oleh-oleh. Karena berjajar banyak pilihan ikan laut yang dijual oleh nelayan, mulai tuna, cakalang, cumi-cumi, gurita, udang, lobster dan lainnya.

Betulkan, jalan-jalan ke daerah pesisir Jogja itu menyenangkan. Kapan Kamu kesini?