Pantai Mustika Pancer Banyuwangi, Eloknya Wisata Pantai di Bumi Blambangan

Satu lagi wisata pantai di Banyuwangi yang tidak kalah bagusnya yaitu Pantai Mustika Pancer. Dimana destinasi Laut Selatan di Bumi Blambangan ini mempunyai keindahan mengagumkan.

Selain Kawah Ijen dan Pulau Merah, obyek wisata yang tak boleh Kamu lewatkan adalah Pantai Mustika Pancer. Bisa menjadi alternatif tujuan ketika Anda traveling ke Banyuwangi. Cocok buat Kalian yang senang dengan destinasi bertema lautan. Meskipun kurang begitu populer alias, namun menjanjikan. Baik itu pemandangan alamnya maupun atraksi serunya, serta tradisi pesisirnya.

Letak Pantai Mustika Pancer di Dusun Pancer, Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Berada dekat sama Pantai Pulau Merah, masih satu kawasan wilayah. Akses jalan menuju lokasi mudah, sedangkan perjalanan dapat ditempuh dengan bus/mobil/motor. Jangan sendirian traveling, ajaklah kawan agar semakin meriah.

Termasuk salah satu obyek wisata pantai di Banyuwangi yang menjadi incaran traveler milenial dan generasi z. Walaupun terbilang destinasi anti-mainstream, pesona Pantai Mustika Pancer di Kota Gandrung ini sama bagusnya dengan destinasi favorit. Bahkan ramai kunjungan wisatawannya bersaing sama Pantai Grajagan, Plengkung, Wedi Ireng, Rajegwesi, Bangsring ataupun Watu Dodol.

Disamping untuk tujuan wisata, Pantai Mustika Pancer dikenal juga sebagai desa nelayan. Selain menjadi pelaku wisata, sepertinya profesi masyarakat setempat bermata pencaharian sebagai nelayan, mencari ikan di laut. Terlihat kapal, juga terdapat dermaga dan tempat pelelangan ikan (TPI). Jadi berbagai jenis ikan laut segar hasil tangkapan nelayan pun dapat dengan mudah Anda jumpai.

Pantai Selatan Jawa di Banyuwangi ini memang istimewa, pesonanya bikin penasaran. Pantai Mustika Pancer ini memiliki pemandangan indah banget, view pantainya menyatu dengan keelokan landscape pegunungan. Diikuti kapal nelayan lalu lalang berlayar menghiasi lautan, itu menambah panorama lautnya semakin bagus. Cobalah eksplor sekitar area, temukan spot foto instagramable tersembunyi.

Sedangkan di waktu tertentu juga ada atraksi kultural Petik Laut. Upacara adat ritual larung sesaji Petik Laut di Pantai Mustika Pancer ini biasanya digelar meriah setiap awal tahun penanggalan hijriah. Prosesi diawali dengan arak-arakan dan hasil bumi kemudian dilarung ke tengah laut. Tradisi upacara adat ini merupakan sebagai wujud rasa syukur. Itulah atraksi budaya di Banyuwangi yang dapat Kalian lihat.

Terus apalagi yang menarik dari Pantai Mustika Pancer di Banyuwangi ini? Tidak lain adalah keseruan atraksinya seperti berenang, bermain pasir, naik perahu hingga selancar. Oh iya, saat senja jangan sampai melewatkan sunset, karena indah sekali. Ingin berlama-lama liburan, tak jauh dari pantai mudah ditemukan penginapan homestay ataupun hotel. Biar lengkap travelingnya, rasanya perlu mencoba kuliner dan membeli oleh-oleh khas daerah setempat.

Tertarik. Kapan Kamu jalan-jalan ke sini?