Pasar Beringharjo Yogyakarta, Destinasi Wisata Belanja di Kota Jogja

Satu lagi destinasi wisata belanja di Jogja Kota yang tidak boleh Kamu lewatkan adalah Pasar Beringharjo. Pasar tradisional terbesar di Yogyakarta ini menjadi tujuan favorit wisatawan untuk shopping.

Jika Anda suka wisata belanja, tetapi bingung mesti harus pergi kemana? Bagaimana kalau liburan ke Yogyakarta. Nah, di Kota Jogja terdapat pasar tradisional legendaris namanya Pasar Beringharjo. Pasar paling besar sekaligus terlengkap. Asyik dikunjungi, Kamu bisa menemukan dan membeli mulai dari oleh-oleh, kuliner hingga kerajinan khas daerah setempat.

Letak Pasar Beringharjo di Jl. Margo Mulyo No.16, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta. Buka setiap hari, mulai jam 08.00 – 21.00 WIB. Berada tidak jauh dari Keraton Yogyakarta, tetapi dekat sama Jalan Malioboro, Museum Benteng Vredeburg, dan Taman Pintar. Akses jalan menuju lokasi mudah, bisa ditempuh dengan bus/mobil/motor. Lebih seru lagi, perginya bersama teman.

Memang menarik, destinasi wisata belanja di Kota Jogja ini. Pasar Beringharjo dikenal sebagai pusat belanja, hiruk pikuk penjual dan pembeli transaksi setiap harinya. Pasar tradisional tersebut menyediakan berbagai kebutuhan yang diperlukan, termasuk buah tangan, souvenir hingga boga. Yang jelas lengkap banget. Jadi incaran traveler, baik pelancong domestik maupun turis mancanegara.

Tentu saja memiliki nilai historis dan filosofis. Sejarah Pasar Beringharjo berkaitan dengan Keraton Yogyakarta. Sedangkan dari segi filosofi mempunyai makna hutan pohon beringin, diharapkan memberikan kesejahteraan untuk masyarakat. Dimana pasar itu sebagai roda penggerak pertumbuhan ekonomi, serta adanya interaksi kultural budaya yang dinamis.

Dari segi desain, kalau dicermati arsitektur bangunan Pasar Beringharjo bergaya desain tradisional Jawa dan Kolonial. Diatas pintu gerbang terdapat tulisan “Pasar Beringharjo” termasuk dalam aksara Jawa. Berdiri di area yang sangat luas, terus bangunan pasar terdiri dari dua bagian diantaranya bagian depan dan bagian belakang. Semua bangunan bertingkat, juga unsur klasik dikolaborasikan modern.

Di Pasar Beringharjo ada banyak jenis barang yang dapat dibeli, mulai dari batik, souvenir kerajinan tangan, barang antik, rempah-rempah, sembako hingga jajanan pasar khas Yogyakarta. Yang datang tidak hanya mereka yang sedang mencari kebutuhan, tetapi juga para wisatawan yang sedang liburan ke Jogja mengincar batik, kerajinan tangan dan oleh-oleh.

Surga wisata belanja di Jogja, Pasar Beringharjo memang menjadi surga belanja bagi wisatawan hobi shopping. Kalau mengunjungi Pasar Beringharjo sebaiknya datang lebih awal, agar leluasa memilih batik yang akan dibeli, baik itu pakaian batik maupun kain batik. Beragam pilihannya, tak pakai mahal. Jangan lupa untuk menawar, siapa tahu memperoleh harga terjangkau.

Termasuk busana adat Jogja surjan, blangkon, jarik, sarimbit, keris, kerajinan unik cinderamata, kuliner hingga makanan oleh-oleh khas Jogja lainnya pun juga mudah dapat Anda dijumpai. Disamping itu, nikmati juga suasana sesungguhnya hiruk pikuk ramainya Pasar Beringharjo sebagai pusat bisnis di Jogja. Cobalah eksplor lebih jauh, jelajahi dari sudut ke sudut, agar tahu ada saja disana.