Home » Traveling » Pasar Beringharjo Yogyakarta, Surga Belanja Bagi Wisatawan Hobi Shopping

Pasar Beringharjo Yogyakarta, Surga Belanja Bagi Wisatawan Hobi Shopping


Lokasi Pasar Beringharjo di pusat kota Jogja, dekat Jalan Malioboro dan tak jauh dari Keraton Yogyakarta. Pasar tradisional terbesar di Jogja ini menjadi tujuan favorit wisatawan belanja batik. Selain terjangkau bisa ditawar, daya tarik pilihan modelnya beragam.

Alamat letak Pasar Beringharjo itu di Jalan Ahmad Yani No.16, Yogyakarta. Buka setiap hari, mulai jam 08.00 pagi hingga 16.00 sore. Namun kini bukanya sampai malam hari. Sangat strategis lokasinya, disebelah selatan Jalan Malioboro, utaranya Museum Benteng Vredeburg dan Taman Budaya Yogyakarta.

Kalau dicermati arsitektur bangunannya bergaya desain tradisional Jawa dan Kolonial. Diatas pintu gerbangnya ada tulisannya “Pasar Beringharjo” termasuk dalam aksara Jawa. Sejarah Pasar Beringharjo pun ada keterkaitannya dengan Keraton Yogyakarta, ada nilai historis dan filosofinya tersendiri. Serta fungsi infrastruktur ini merupakan roda penggerak pertumbuhan ekonomi.

Di Pasar Beringharjo ada banyak jenis barang yang dapat dibeli, mulai dari batik, souvenir kerajinan tangan, barang antik, rempah-rempah, sembako hingga jajanan pasar khas Yogyakarta. Yang datang tak hanya mereka yang sedang mencari kebutuhan sandang serta pangan, tetapi juga para wisatawan yang sedang liburan ke Jogja mengincar batik dan oleh-oleh.

Wisata belanja di Jogja. Pasar Beringharjo memang menjadi surga belanja bagi wisatawan hobi shopping. Kalau mengunjungi Pasar Beringharjo sebaiknya datang lebih awal, agar leluasa memilih batik yang akan dibeli, baik itu pakaian batik maupun kain batik. Beragam pilihannya, tak pakai mahal. Jangan lupa untuk menawar, siapa tahu memperoleh harga terendah.

Seperti busana adat Jogja surjan, blangkon, jarik, keris, kerajinan unik cinderamata hingga makanan oleh-oleh khas Jogja lainnya pun juga dapat Anda dijumpai. Disamping itu, nikmati juga suasana sesungguhnya hiruk pikuk ramainya Pasar Beringharjo sebagai pusat bisnis di Jogja. Jelajahi dari sudut ke sudut, agar tahu ada saja disana. Selain wisatawan domestik, juga turis mancanegara penasaran bersliweran di Pasar Beringharjo mencari sesuatu untuk dibawa pulang.