Puncak Suroloyo Kulonprogo, Bukit Tertinggi di Pegunungan Menoreh

Suka pemandangan landscape alam terbuka, pergilah traveling ke Yogyakarta. Destinasi yang dituju daerah Kulonprogo, mengunjungi obyek wisata Puncak Suroloyo, dikenal sebagai bukit tertinggi di Pegunungan Menoreh.

Kini wisata alam sedang ngehits di kalangan traveler milenial, apalagi yang baru trending pasti didatangi. Jikalau Kamu berencana jalan-jalan ke Jogja, itu pilihan ide bagus karena disanalah destinasi bertema nature banyak ditemukan. Nah, ada satu tempat rekreasi menjanjikan di Kulonprogo namanya Puncak Suroloyo, bukit paling tinggi di Perbukitan Menoreh.

Letak Puncak Suroloyo di Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Dekat sama Gunung Kendil, Watu Cengger serta Watu Tekek. Jika lewat Kalibawang pasti menjumpai Embung Banjaroya ikonik dengan patung durian besar. Sekarang akses semakin mudah, adanya New Yogyakarta International Airport (NYIA). Bila dari wilayah jauh, naiklah pesawat terbang. Kalau dekat pakai transport mobil/motor saja.

Seperti halnya destinasi populer, sama-sama menyuguhkan pemandangan alam mengesankan, sebut saja Wisata Alam Kalibiru dan Pantai Glagah. Dari ketinggian Puncak Suroloyo inilah Kalian dapat menatap indahnya kaki langit alias cakrawala. Salah satu bukit tertinggi di Pegunungan Menoreh. Ramai dikunjungi wisatawan yang penasaran, terutama pada hari libur nasional maupun akhir pekan. Mereka begitu antusias.

Yang menarik dalam perjalanan Anda disuguhi view mengagumkan. Terlihat tebing menjulang seperti ngarai menakjubkan dan patung punokawan, pertanda sampai di lokasi wisata. Ada tiga bukit Puncak Suloroyo, menuju atas harus melewati ratusan anak tangga berundak menanjak. Selepas trekking ringan, barulah pandangan dimanjakan indahnya Perbukitan Menoreh.

Pertama bukit paling tinggi Puncak Suroloyo, terdapat patung Dewa Siwa dan pendopo. Dipercaya petilasan Sultan Agung Hanyokrokusumo, Raja Mataram. Pesona eksotis landscape menggoda, apalagi ketika sunset ataupun sunrise. Dari Puncak Suroloyo terlihat Candi Borobudur, ingin jelas gunakan teropong atau mengunjungi Punthuk Setumbu. Jika diperhatikan dengan cermat, deretan siluet Perbukitan Menoreh seperti Buddha tidur.

Bukit kedua Puncak Sariloyo dan bukit ketiga Puncak Kaendran menawarkan tampilan spot berbeda. Perjalanan menuju bukit akan menemui gardu pandang dan patok tugu batas wilayah Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Serta didapati lokasi flying fox atraksi liburan seru. Terkadang suasana berkabut misterius muncul, malahan menambah pemandangan alam terbuka lebih cantik.

Nikmati hawa sejuk udara dataran tinggi. Suasananya pun tenang, enak dijadikan tempat refreshing melepas penat. Temukan spot tematik yang asyik buat berselfie ria ataupun ngevlog. Eksplorlah lebih jauh, ada apa saja. Dari ketinggian Puncak Suroloyo biasanya traveler mengincar landscape barisan Pegunungan Menoreh, termasuk matahari terbenam dan terbit. Viewnya sesuai ekspetasi zaman now.

Tak hanya itu saja, disana ada agenda tahunan festival budaya 1 Suro yaitu Jamasan Pusaka dan pentas kesenian diantaranya Gamelan Karawitan, Tari Angguk, dan banyak lagi. Itulah atraksi wisata budaya di Kulonprogo yang mesti Kamu lihat. Oh iya, juga didaerah Samigaluh dan Kalibawang inilah setiap tahunnya diadakan festival durian Menoreh. Tertarik, cari tahu kapan digelar.

Kapan Kamu kesini.