Situs Ratu Boko Sleman, Keraton Kuno Dengan Pesona Sunset Indah

Suka wisata sejarah, pergilah liburan ke Yogyakarta mengunjungi Situs Ratu Boko di Sleman. Keraton kuno peninggalan Kerajaan Mataram ini memiliki arsitektur indah, nilai historis dan view siluet cantik saat matahari terbenam.

Jalan-jalan kemana lagi? Jika Anda senang destinasi bertema sejarah, pilihan terbaik adalah menyambangi Situs Ratu Boko di Yogyakarta. Yang dikenal sebagai komplek keraton kuno Jawa, jadi Kamu dapat mengetahui sesungguhnya bukti kejayaan kerajaan masa lalu. Mulai dari bagaimana arsitekturnya, mengenal sejarahnya dan pemandangan alam sekitarnya.

Letak Situs Ratu Boko di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Berada di selatan Candi Prambanan dan Candi Sewu, namun lebih dekat sama Tebing Breksi serta Candi Ijo. Akses mencapai lokasi mudah, dari Jogja Kota langsung saja meluncur ke arah timur, bisa naik bus/mobil/motor. Apabila dari wilayah jauh naiklah pesawat terbang.

Termasuk obyek wisata sejarah di Jogja unggulan, seperti Keraton Yogyakarta, Candi Prambanan dan Borobudur. Situs Ratu Boko diminati traveler milenial, baik pelancong domestik ataupun turis mancanegara. Ramai dikunjungi saat musim liburan maupun akhir pekan. Mereka antusias ingin tahu sebenarnya megahnya komplek keraton Jawa kuno yang berlokasi di atas bukit itu.

Situs Ratu Boko merupakan Keraton Ratu Boko peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, dibangun sekitar abad 8 Masehi pada masa wangsa Syailendra, atas perintah rajanya Rakai Panangkaran. Berdasarkan ditemukannya Prasasti Abhayagiriwihara. Yang menunjukkan biara dibangun di sebuah bukit penuh kedamaian. Juga sering dikaitkan sama legenda kisah putri raja Ratu Boko, antara Rara Jonggrang dengan Bandung Bondowoso.

Berdiri megah pada tanah lapang luas di atas bukit. Komplek Situs Ratu Boko terdiri dari beberapa kelompok bangunan kuno cagar budaya diantaranya gapura, candi batuputih, candi pembakaran, paseban, pendopo, pringgitan, kaputren, dan goa. Dalam kawasan situs arkeologi tersebut banyak ditemukan artefak bercorak Hindu (Durga, Ganesha, Garuda, Lingga, Yoni) dan Buddha (Dhyani Buddhas).

Itulah situs bersejarah Keraton Kerajaan Mataram Hindu-Buddha. Bagi wisatawan pengagum historis, bangunan heritage di Jogja ini memiliki pesona keindahan tersendiri, baik nilai sejarah, budaya maupun arsitektur bangunan. Benar-benar membuat kagum sisa peradaban masa lalu itu, atraksi wisata sejarah ini memang menarik untuk dicermati.

Candi Ratu Boko ini menjanjikan spot cantik. Dari sebelah utara, akan terlihat panorama landscape Gunung Merapi dan Candi Prambanan. Favorit traveler milenial waktu senja, sunset Candi Ratu Boko indah sekali, pasalnya ikonik siluet gerbang Keraton Ratu Boko menyatu bersama pemandangan alam Pegunungan Menoreh dari kejauhan. Pesona indahnya tersembunyi kala matahari akan terbenam. Juga terlihat Candi Kalasan dari ketinggian. Sesuai ekspetasi zaman now.

Megah bersejarah, tentunya gambaran tepat komplek Candi Ratu Boko. Tertarik wisata budaya dan sejarah, mesti berkunjung kesini.