Home » Ide Jalan-jalan » 7 Taman Bunga di Jogja

7 Taman Bunga di Jogja

Berburu tempat wisata untuk berfoto, tak salah pilih destinasi jika Anda liburan ke Yogyakarta. Indahnya taman bunga di Jogja bisa Kamu sapa lebih dekat, beragam kembang warna-warni sudah menanti.

Bingung mau piknik kemana lagi? Bila tertarik ingin menyaksikan keindahan taman bunga, sebenarnya tak perlu pergi jauh-jauh. Cukup melancong ke daerah Yogyakarta, Kalian sudah dapat melihat keelokan kebun kembang cantik, tentunya saja juga instagramable. Tidak mengherankan, bila saat ini obyek wisata alam bertemakan flower park telah menjadi primadona traveler.

Berikut 7 taman bunga di Jogja:

  1. Taman Bunga Amarylis (Gunungkidul)
    Semenjak viral hingga kini Taman Bunga Amarilis di Pathuk Gunungkidul jadi favorit tujuan wisata. Sebutan ilmiah Hippeastrum amaryllidaceae, bunga amarylis mekar waktu tertentu saat memasuki musim penghujan. Mekarnya bunga amarylis dimanfaatkan wisatawan buat foto-foto. Letak Taman Bunga Amarilis di Desa Beli, Kecamatan Pathuk, Kabupaten Gunungkidul. Jarak 27 km dari Jogja Kota, tepat di jalur Jogja – Wonosari.
  2. Taman Bunga di Hutan Pinus Mangunan (Bantul)
    Nuansa beda pun ditunjukkan dengan adanya taman bunga di Hutan Pinus Mangunan. Berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Hawa udara sejuk begitu menyegarkan, terlihat pepohonan pinus menjulang tinggi hijau. Yang menarik adalah di salah satu area belantara pinus dijumpai taman bunga Celosia dan Marigold, termasuk Kembang Matahari.
  3. Taman Bunga di Gumuk Pasir Parangkusumo (Bantul)
    Bukit berpasir biasanya ditumbuhi kaktus, namun Gumuk Pasir beda melainkan aneka jenis bunga warna-warni. Merasa heran, berkunjunglah ke Gumuk Pasir di Pantai Parangkusumo Bantul. Tidak terluas areanya, ada beberapa bunga ditanam pada gumuk pasir, salah satunya yang paling mencolok adalah bunga matahari. Ingin mendekat, atau menaiki menara pandang bisa melihat dari ketinggian lho. View ekspetasi zaman now.
  4. Taman Bunga Celosia (Gunungkidul, Bantul)
    Ada tiga pilihan berbeda. Pertama, letak Taman Bunga Celosia Kemadang di Padukuhan Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul. Nikmati keindahan kebun bunga Celosia atau sering disebut bunga kertas ini. Kedua, Lokasi Kebun Bunga Asri di Dusun Tegalsari, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul. Temukan keseruaannya ketika jalan-jalan. Ketiga, Taman Bunga Celosia di Hutan Pinus Mangunan Bantul.
  5. Taman Bunga Matahari (Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul)
    Terdapat beberapa obyek wisata serupa. Diawali, kebun bunga matahari yang terletak tak jauh dari Pantai Glagah, Kulonprogo. Hamparan bunga matahari bermekaran cantik warna kuning, spot incaran pelancong. Diikuti, taman bunga matahari cantik berada di utara Pantai Samas, Tegalsari, Srigading, Sanden, Bantul. Berminat swafoto di kebun kembang matahari. Terakhir, Taman Bunga Nawari di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul.
  6. Kebun Tebu Gendu (Kulonprogo)
    Panorama bunga tebu berwarna putih indah sekali. Letak Kebun Tebu Gendu di Desa Gendu, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo. Jalur menuju ke Goa Kiskendo, tepat di lereng Gunung Lanang. Eloknya bunga tebu bermekaran putih cerah membuat didatangi pengunjung, dijadikan lokasi foto swafoto. Perlu diingat ini spot musiman, sekaligus destinasi anti-mainstream. Jalan setapak unik, gazebo dan gardu pandang.
  7. Kebun Bunga Eceng Gondok (Bantul)
    Hamparan bunga eceng gondok ini tumbuh di Dusun Karangasem, Desa Palbapang, Kabupaten Bantul. Nama ilmiahnya Eichornia Crassipes. Pernah ngehits, banyak pengunjung antusias berfoto ria bersama cantiknya bunga berwarna ungu itu. Mereka pada bersemangat foto selfie dengan latar belakang bunga eceng gondok. Ramai mendadak, lantaran musim mekar.

Tidak sebatas itu saja lho, masih banyak taman bunga di Jogja yang dapat Kalian temukan.