Home » Traveling » Tanah Lot Bali, Landmark Ikonik Pulau Dewata Terindah

Tanah Lot Bali, Landmark Ikonik Pulau Dewata Terindah


Bangunan ikonik Pulau Dewata terkenal, Pura Tanah Lot. Tempat suci juga bersejarah ini berdiri megah mengambang di lautan lepas.

Letak Tanah Lot di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Lokasinya berdekatan dengan Pura Batu Bolong, tak jauh sama Pantai Kedungu dan Pantai Nyanyi.

Bangunan suci sekaligus memiliki nilai historis. Pura Tanah Lot dibangun pada abad 14 Masehi akhir, sekitar tahun 1441 Saka (1489 M), oleh Dhang Hyang Nirartha, seorang pedanda Kerajaan Majapahit yang mengembara Yatra dari Jawa menuju Pulau Bali.

Fungsi untuk ritual sembahyang, ramai pada upacara Odalan atau Piodalan. Ini termasuk salah satu Pura Luhur di Bali seperti Pura Besakih, Lempuyang, Tambawaras, Taman Ayun dan Uluwatu. Juga hingga kini, Tanah Lot ikon wisata Bali paling legendaris. Nuansa budaya menyatu sama keindahan alam.

Pura ini diatas batu karang hanya beberapa puluh meter dari bibir pantai, Tanah Lot seperti pulau kecil yang mengambang di laut. Sangat tersohor diantara tujuan wisata di Bali dengan pemandangan indah matahari terbenam. Sekitar tebing Tanah Lot didapati ular yang dikeramatkan, dipercaya sebagai penjaga pura.

Populer disambangi wisatawan seperti halnya Pantai Kuta, Tegalalang, Ubud, Jatiluwih serta Nusa Dua. Ketika senja mengagumkan, sunset Tanah Lot eksotis. Tak mengherankan, banyak traveler dunia rela liburan ke Bali.

Itulah landmark ikonik Pulau Dewata terindah. Mesti traveling kesini.