Taman Tebing Breksi Jogja, Ngarainya Eksotis Berukirkan Relief Wayang Cantik

Satu lagi tempat wisata di Jogja yang tidak boleh Kamu lewatkan yaitu Taman Tebing Breksi di Sleman. Dimana destinasi ini menampilkan pesona bukit karst dengan tebing ngarai terukir relief wayang, dan dekorasi ornamen etnik unik khas nusantara.

Musim liburan telah tiba, mau jalan-jalan kemana? Jika Anda senang mengunjungi obyek wisata bertema unik, sesekali cobalah traveling ke Jogja. Tepatnya pergi ke daerah Prambanan Sleman. Nah, disana terdapat destinasi menarik namanya Taman Tebing Breksi. Tempatnya menjanjikan, pemandangannya bagus, asyik buat refreshing serta ada atraksi seru yang bisa dilakukan.

Letak Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Dekat sama Situs Ratu Boko dan Candi Ijo, namun tidak jauh dengan keberadaan Candi Prambanan. Sedangkan akses jalan menuju lokasi mudah, perjalanan bisa ditempuh dengan transportasi bus/mobil/motor. Jangan sendirian datangnya, ajaklah kawan biar meriah.

Termasuk destinasi wisata di Sleman unggulan. Kalau diperhatikan Tebing Breksi mempunyai tema yang serupa dengan Telaga Semin dan Watu Giring di Gunungkidul, serta suasananya mirip dengan Mandala Garuda Wisnu Kencana di Bali. Namun memiliki kekhasan sendiri, pesonanya bikin penasaran. Ramai pengunjung terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan.

Dalam sejarahnya sebelum dikembangkan menjadi obyek wisata, Tebing Breksi itu dulunya merupakan kawasan pertmabangan abtu. Beksa tambnag diubah menjadi tempat wisata itulah Taman Tebing Breksi. Area luas, didominasi bukit batu kapur dan terdapat spot menarik diantaranya Telatar Seneng Tebing Breksi merupakan panggung di alam terbuka untuk pementasan seni budaya dan festival, seperti sendra tari, pagelaran wayang, gamelan, musik dan banyak lagi.

Relief di Tebing Breksi menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung kesana. Pesona seni pahat di alam bebas. Ada relief wayang di dinding tebing, tangga yang berornamen naga, serta dekorasi etnik unik khas nusantara lainnya. Tak sedikit wisatawan yang datang berburu spot foto instagramable, memanfaatkan keindahan Tebing Breksi Cultural Park untuk berfoto selfie maupun ngevlog.

Suasananya pun juga cocok banget untuk melepas penat, sambil menikmati nuansa yang ada. Jangan hanya melihat pemandangan, bersantai dan berfoto-foto saja, tetapi Kamu juga bisa mencermati sejarah Tebing Breksi itu bagaimana, terus seni pahat hingga nilai kearifan budaya yang disampaikan dalam cerita relief-relief Tebing Breksi itu maknanya apa. Coba deh, eksplor cari tahu.

Terus dari ketinggian puncak Tebing Breksi pengunjungpun dapat melihat indahnya pemandangan alam sekitar, Candi Kalasan, Ratu Boko hingga Prambanan pun bisa kelihatan. Berani mencoba liburan seru off-road di Tebing Breksi, sensasi naik Jeep. Atau memilih menikmati suasana sambil bersantai-santai, jalan-jalan refreshing di alam terbuka menyegarkan pikiran dari kesibukan harian.

Serunya lagi, ketika pagi/senja sunrise atau sunset di Tebing Breksi sama bagusnya, suka yang mana? Apalagi kalau diwaktu gelap, Tebing Breksi malam hari nampak lebih indah, sekaligus bisa menyaksikan indahnya bintang-bintang di langit. Tebing Breksi Cultural Park ini dapat menjadi destinasi alternatif pilihan kalau di musim liburan atau untuk berakhir pekan.

Tertarik, kapan Kamu kesini?