Home » Traveling » Taman Tebing Breksi Jogja, Ngarainya Eksotis Berukirkan Relief Wayang Cantik

Taman Tebing Breksi Jogja, Ngarainya Eksotis Berukirkan Relief Wayang Cantik


Destinasi wisata di Jogja baru ngehist, Taman Tebing Breksi Sleman. Menampilkan pemandangan alam terbuka bukit karst dengan pesona kultural relief pewayangan yang terukir di dinding-dinding ngarai Tebing Breksi Cultural Park, ukiran ornamen etnik unik khas nusantara pun mempercantik obyek wisata ebkas pertamabngan ini.

Letak Tebing Breksi di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Memang lokasi tak begitu jauh dari Situs Ratu Boko maupun Candi Ijo, Ini masih satu daerah yang sama dimana dari keberadaan Candi Prambanan.

Sebelum dikembangkan menjadi obyek wisata, Tebing Breksi itu dulu merupakan kawasan pertmabangan abtu. Ini seperti berada di lokasi wisata lain di Jogja bertemakan serupa beksa tambnag berubah menjadi tempat wisata seperti Telaga Semin dan Watu Giring Gunungkidul. Kalau boleh dibilang, suasana Tebing Breksi hampir serupa dengan taman budaya Mandala Garuda Wisnu Kencana di Bali.

Apa saja spot menariknya? Telatar Seneng Tebing Breksi merupakan panggung di alam terbuka yang biasanya difungsikan sebagai pementasan seni budaya dan festival, sepertinya bagus untuk pertunjukan sendra tari, pagelaran wayang, gamelan, musik hingga lainnya.

Tebing Breksi itu sendiri yang menjadi daya tarik dari kebanyakan wisatawan kalau berkunjung kesana. Melihat seni pahatan di alam bebas, terlihat jelas menjadi pesona utama dari ngarai Tebing Breksi. Dinding bebatuanya berukiran relief pewayangan dengan tambahan ornamen etnik unik tradisi khas budaya nusantara.

Tak cuma melihat-lihat pemandangan, menikmati perjalanan dan berfoto-foto saja, tetapi juga wisatawan bisa mencermati sejarah Tebing Breksi itu bagaimana, terus seni pahat hingga nilai kearifan budaya yang bermakna disampaikan dalam cerita relief-relief Tebing Breksi itu.

Terus dari ketinggian puncak Tebing Breksi penggunjungpun dapat menikmati indahnya pemandangan alam sekitar, Candi Kalasan, Ratu Boko hingga Prambanan pun bisa kelihatan. Berani mencoba liburan seru off-road di Tebing Breksi, sensasi naik Jeep. Atau memilih menikmati suasana sambil bersantai-santai, jalan-jalan refreshing di alam terbuka menyegarkan pikiran kembali dari kesibukan harian.

Serunya lagi, sunrise atau sunset di Tebing Breksi sama bagusnya, suka yang mana? Apalagi kalau diwaktu gelap, Tebing Breksi malam hari nampak lebih indah, sekaligus bisa menyaksikan indahnya bintang-bintang di langit. Tebing Breksi Cultural Park ini dapat menjadi destinasi alternatif pilihan kalau kalian liburan atau berakhir pekan.