Home » Ide Jalan-jalan » 6 Tempat Wisata di Aceh

6 Tempat Wisata di Aceh


Keindahan tempat wisata di Aceh memang sangat memikat, destinasinya bagus-bagus. Berikut objek wisata yang mesti Anda kunjungi bila liburan kesana diantaranya

1, Masjid Raya Baiturrahman
Dikenal sebagai salah satu landmark ikonik di Banda Aceh. Bangunan bernuansa religi sekaligus memiliki nilai historis. Sudah melewati tiga jaman yang berbeda, kerajaan, pra kemerdekaan hingga sekarang ini. Masih kokoh berdiri dan memiliki arsitektur indah, saksi bisu kejayaan peradaban masa lalu. Sejak pertama dibangun abad 16 Masehi pada masa Sultan Iskandar Muda. Ada juga yang mengatakan 12 M, oleh sultan Alaidin Mahmudsyah.

2. Gunung Leuser
Tinggi puncaknya 3400 meter diatas permukaan laut. Leuser merupakan kawasan cagar alam yang luas meliputi perbukitan hutan hujan tropis, sungai, pantai. Beragam ekosistem flora dan fauna pun hidup disana. Ratusan spesies mulai dari gajah, harimau sumatra, reptil, ikan dan burung. Semuanya masih aseli, zona laboratorium alam untuk penelitian, edukasi dan budidaya. Disamping itu memiliki pesona wisata, paling terkenal adalah Katambe. Pemandangan hutan menakjubkan. petualangan di alam liar berjumpa satwa.

3. Sungai Alas
Masih di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Alas sungai yang mengalir membelah hutan tropis, alirannya menuju Samudra Hindia. Populer didatangi oleh para penikmat wisata adventure, termasuk traveler reguler. Kelokan dan arus sungainya menantang, mengarungi diatas perahu. Jelajah melewati rimba tropis aseli dengan beragam satwa liar.

4. Danau Laut Tawar Takengon
Datanglah ke wilayah Takengon Aceh Tengah, menyapa Danau Laut Tawar. Jalan-jalan refreshing sekalian merasakan wisata kuliner khas setempat, karena daerah penghasil kopi nikmat dan bisa menyantap segarnya ikan. Udaranya pun sejuk, terkadang kabut berdatangan. Dari ketinggian puncak bukit kalian bisa melihat pesona panorama cantik danau pegunungan. Danau ini juga berkaitan sama legenda Putri Pukes, cerita rakyat asli dataran tinggi Gayo. Selain itu, setiap tahunnya ada festival budaya dan event spot tourism seperti olahraga dayung.

5. Pantai Ulee Lheue
Ingin menyaksikan matahari terbenam di wilayah paling barat Nusantara, maka pergi ke Pantai Ulee Lheue. Salah satu obyek wisata pantai yang menghadap ke Selat Malaka. Menghabiskan waktu liburan, bersantai dipinggiran pantai memandang sunset sambil merasakan sea food kuliner khas pesisir.

6. Pulau Weh.
Keindahan bawah laut di barat kepulauan Nusantara. Pulau Weh memiliki pesona pantai dengan terumbu karang cantik dan biota laut yang menawan. Termasuk blue lagoon, air terjun, atraksi adventure seru lainnya. Destinasi unggulan yang ditawarkan spot diving terbaik dan lokasi snorkeling berkelas. Bila menyelam di taman laut Pulau Rubiah akan menjumpai biota laut seperi pari manta, paus, penyu, paus, hiu hingga lumba-lumba. Terkadang dihampiri kapal yacht dan pesiar, wisatawan liburan ke Pulau Weh tentu saja ingin menikmati wisata bahari.