Home » Ide Jalan-jalan » 4 Tempat Wisata di Dieng

4 Tempat Wisata di Dieng


Apa saja tempat wisata di Dieng yang mesti didatangi. Tak perlu bingung obyek wisata mana yang harus dituju bila liburan ke Dieng. Karena Dataran Tinggi Dieng kaya akan keindahan alam, budaya dan sejarah. Sebagian besar berada di wilayah Wonosobo dan Banjarnegara diantaranya:

1. Telaga Warna Dieng
Wisata alam paling populer dikunjungi pelancong. Telaga eksotis di bumi para dewa-dewi ini airnya terkadang berubah warna terkadang hijau, biru dan ungu. Yang pasti membuat siapa saja yang datang terpesona. Apalagi dilihat dari ketinggian puncak Bukit Batu Pandang, telaga warna nampak lebih cantik menyatu bersama landscape perbukitan.

2. Candi Dieng
Tertarik wisata sejarah, mesti traveling ke komplek Candi Dieng. Candi Hindu abad ke 7 Masehi ini lokasinya tersebar berkelompok dan namanya sama dalam tokoh figur Wayang Mahabarata seperti Candi Arjuna, Bima, Gatotkaca, Dwarawati. Bangunan cagar budaya tersebut diperkirakan peninggalan kerajaan era Wangsa Sanjaya. Disinilah setahun sekali digelar Dieng Culture Festival, ruwatan.

3. Kawah Sikidang
Fenomena alam yang satu ini terbilang unik, kawah mengeluarkan letupan lumpur, meloncat-loncat bagaikan larinya satwa kidang. Sedangkan awal mulanya digambarkan dalam cerita rakyat, kisah cinta seorang pangeran kepada puteri, akan diterima cintanya dengan syarat, permintaannya diwujudkan. Indahnya kawah jadi daya tarik wisatawan.

4. Gunung Sikunir
Bagi penikmat alam terbuka dan mendaki, tentunya pegunungan sudah pasti yang menjadi tujuan. Lokasi yang direkomendasikan pergilah ke Gunung Sikunir Dieng. Merasakan tantangan perjalanan trekking menuju puncak gunung. Berangkat malam, paginya bisa melihat sunrise dan barisan pegunungan eksotis. Ditemani secangkir kopi sambil menikmati suasana yang ada.