Home » Ide Jalan-jalan » 6 Tempat Wisata di Pacitan

6 Tempat Wisata di Pacitan


Pacitan salah satu destinasi daerah yang dilirik traveler. Beberapa tempat wisata di Pacitan pesonanya tidak kalah sama wilayah lain. Mulai belum ngehits hingga yang sudah terkenal.

Wilayah Pacitan dikenal memiliki kontur perbukitan karst, yang disebut kawasan Gunung Sewu Geopark. Karena banyak didapati goa, maka daerah Pacitan dijuluki “Kota Seribu Goa”. Selain wisata alam, juga dianugerahi pantai-pantai cantik. Daerah tujuan wisata incaran pelancong. Jika Anda pergi ke Pacitan, tidak ada salahnya menjelajahi.

1. Goa Gong
Ternyata stalagmit stalagtit Goa Gong terindah di Asia Tenggara. Dalamnya hingga ratusan meter, eksplor yuk. Ada bebatuan unik lho, bila dipukul bunyinya seperti instrumen gamelan gong. Terus apalagi, konon air sendang Goa Gong bikin awet muda. Surga tersembunyi bawah bumi tersebut pesonanya mampu memikat semua wisatawan yang datang.

2. Pantai Teleng Ria
Teleng Ria pantai legendaris di Pacitan. View Laut Selatan Jawa dan atraksi seru berenang, surfing, bermain pasir, layang, bola, volley. Jalan-jalan di tepi pantai refreshing melepas penat. Pilihan tepat, santai digazebo sembari menyantap kuliner seafood. Sebelum pulang beli oleh-oleh, ikan segar dan souvenir. Tetap menanti datangnya sunset, silahkan. Oh iya, apabila tertarik minat khusus surfing pro pergilah ke Pantai Srau atau Watu Karung.

3. Sungai Maron
Pernah ngehits, jadi daya tarik baru. Kali Maron wisata alternatif jelajah sungai di Pacitan. Sepanjang aliran Sungai Maron memiliki pemandangan bagus, saat pelancong naik perahu menelusuri akan melihat barisan pohon kelapa dan lebatnya hutan. Perjalanan menyejukkan pandangan, warna air sungai hijau tosca jernih. Pasti tergoda foto selfie ria

4. Bukit Sentono Genthong
Lokasi Bukit Sentono Genthong di Desa Dadapan, Kecamatan Pringkulu. Diketahui dari atas puncak bukit inilah pemandangannya mengagumkan, terlihat panorama teluk Pantai Telang Ria. Konon, dulunya merupakan tempat pertapaan. Disini pun dapat sepuasnya melayangkan pandang ke laut lepas sampai batas cakrawala. Cari angin segarkan semua pikiran dari kesibukan harian, rileks sejenak.

5. Goa Tabuhan
Terbilang unik stalagtit stalagmit Goa Tabuhan di Pacitan ini bisa mengeluarkan bunyi mirip instrumen gamelan jika ditabuh oleh mereka yang ahli. Alunan irama merdu gending karawitan terdengar dari dalam goa, bagi yang belum tahu tentunya penasaraan, aneh misteri. Letak Goa Tabuhan di Desa Wareng, Kecamatan Punung. Dahulu digunakan untuk bertapa, dipercaya tempat petilasan Pangeran Diponegoro.

6. Pantai Klayar
Letaknya di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo. Klayar pantai terkenal di Pacitan setelah Teleng Ria. Spot batuan karang ikonik menyatu dalam keindahan Pantai Selatan Jawa. Diikuti deburan ombak mengenai celah karang mengeluarkan bunyi unik, suara itu seolah nyanyian alam. Deretan pepohonan kelapa menghiasi bibir pantai pasir putih ini. Ketika senja, matahari terbenam eksotis. Sudah menanti Kamu disini.