Home » Ide Jalan-jalan » 10 Tempat Wisata di Sumatera Utara

10 Tempat Wisata di Sumatera Utara


Ingin mengisi waktu liburan ke Sumut. Pilihan destinasinya beragam lho, mulai dari pesona alam hingga budaya. Berikut tempat wisata di Sumatera Utara yang direkomendasikan dan mesti Anda kunjungi, diantaranya:

1. Danau Toba
Termasuk danau vulkanik terbesar, lokasinya Sumatera Utara. Nampak menyerupai lautan, luasnya mencakup wilayah Parapat (Simalungun), Tongging (Karo), Balige (Toba Samosir). Pulau Samosir ditengahnya Danau Toba, mempunyai pesona historis, kultur hingga seni tradisional. Sedangkan dari ketinggian puncak bukit Simalem pemandangan Danau Toba terlihat cantik. Ingin lebih dekat datanglah ke Pasir Putih Parbaba.

2. Pulau Samosir
Merupakan pulau yang ada ditengah Danau Toba. Pulau kecil ini kaya akan tradisi khas Batak. Selain keindahan alam, yang menarik perhatian wisatawan adalah wisata budaya. Manortor Tari Tor-tor dan atraksi Sigale-gale boneka menari dengan pakaian ulos. Juga berkaitan dengan kisah legenda Raja Rahat dan putranya Pangeran Manggalae.

3. Bukit Lawang
Ingin berjumpa satwa liar yang dilindungi seperti Orangutan hidup di alam bebas, pergilah ke Bukit Lawang. Berlokasi tidak jauh dari wilayah Tangkahan. Dikenal sebagai tempat tinggal ekosistem asli Orangutan Sumatera. Juga titik dimana akses utama menuju Taman Nasional Gunung Leuser bila melalui sebelah utara. Kategori wisata safari ini serupa dengan Tanjung Puting di Kalimantan Barat.

4. Air Tejun Sipiso-piso
Senang jalan-jalan tualang, menjelajah wisata alam tersembunyi. Tak ada salahnya menyambangi air terjun besar tinggi ratusan meter di Kabupaten Karo. Pasti takjub, bila baru pertama kali melihat. Air Terjun Sipisopiso berada di lembah bukit kecil, pepohonan hijau menghiasi sekitar kawasan, bebatuan tersebar di sepanjang sungai, air yang mengalir pun jernih asli pegunungan, udaranya sejuk plus suasana keheningan menyatu bersama alam.

5. Dolok Tinggi Raja
Taman air yang indah, lokasinya di Tinggi Raja, Simalungun. Wisata alam Dolok Tinggi Raja ini merupakan sekumpulan air terjun kecil bertingkat-tingkat dengan pesona batuan karang putih dan kolam telaga eksotis air warna tosca. Air telaga biru kehijauan cantik, sangat menggoda. Apabila Anda menyukai aktivitas liburan seru pasti tak tinggal diam dan memandangi saja, tentu ingin loncat berenang.

6. Candi Bahal
Salah satu Candi Buddha di Sumatera Utara, tepat lokasinya di Padang Bolak. Candi Bahal diperkirakan dibangun pada abad 11 hingga 13 Masehi, dipercaya peninggalan kerajaan masa lalu. Area komplek candi cukup luas, arsitekturpun menawan, sebagian bangunan candi, artefak dan relief masih dapat disaksikan. Yang menarik, historisnya masih misteri, penuh tanda tanya. Jika Kalian tertarik pada wisata sejarah dan bangunan heritage, mesti datang kesini.

7. Istana Maimun
Ingin menyaksikan kebesaran Kerajaan Deli di Sumatera Utara, silahkan pergi ke Istana Maimun. Kesultanan Deli ikon Kota Meda. Letak Jl, Bridjen Katamsao, Sukaraja, Medan Maimun. Bangunan heritage abad 18 Maeshi ini bertempat diarea hektar dan memiliki beberapa bangunan dengan banyak ruangan. Utama, Kiri dan Kanan. Didirikan oleh Sultan Ar-Rasyid Alamsyah. Arsitekturnya bergaya kebudayaan melayu, dipadukan corak unsur gaya timur tengah (Persia), asia selatan (India) dan Eropa (Spanyol, Italia). Koleksi benda bersejarah, pusaka hingga sastra.

8. Tangkahan
Tertarik tour safari melihat langsung satwa Gajah berada di alam liar, datang saja ke Tangkahan. Area konservasi ini letaknya masih di kawasan cagar alam Gunung Leuser, sekitar 20 km utara dari Bukit Lawang. Pengunjung dapat menyaksikan lebih dekat habitat Gajah Sumatera sesungguhnya. Mengetahui bagaimana hidup endemik Gajah ini di ekosistem aslinya. Mungkin hampir mirip Way Kambas.

9. Desa Bawomataluo
Destinasi wisata unggulan di Nias. Secara keseluruhan nuansa budaya sangat mewarnai desa tradisional Nias, letak di Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan. Desa di puncak bukit datar ini bernama Bawomataluo, artinya bukit matahari atau Sun Hills. Spot ikonik rumah adat Nias mempesona, termasuk heritage tradisi kesenian daerah dan keramahan masyarakat setempat. Paling legendaris atraksi kultural Ya’ahowu Nias loncat batu. Beruntung bisa menyaksikan. Sepertinya Festival Ya’ahowu Nias sudah menjadi event tahunan.

10. Pulau Nias
Lokasi sebelah barat Sumatera Utara, terpaut selat. Kepulauan Nias populer menjadi daerah tujuan favorit pelancong, memiliki keelokan kultur, hutan tropis, air terjun, blue lagoon, dan pantai terbaik untuk selancar, surga surfing diantaranya Pantai Sorake Bay dan Pantai Lagundri. Berada tidak jauh Teluk Dalam, yang suka wisata budaya silahkan ke Desa Bawomatalun. Biasanya traveler yang berkunjung kesini menggunakan kapal ferri dari Sibolga, atau dari Medan memakai pesawat terbang.