Home » Traveling » Tugu Jogja, Monumen Ikonik Bersejarah Landmark Yogyakarta

Tugu Jogja, Monumen Ikonik Bersejarah Landmark Yogyakarta


Selain Candi Prambanan dan Keraton, bangunan heritage ikonik bersejarah di Yogya adalah Monumen Tugu Jogja. Juga dikenal sebagai landmark Yogyakarta, wisatawan yang liburan pun pasti menyempatkan untuk menyinggahi.

Tugu Jogja atau Tugu Yogyakarta juga disebut Tugu Pal Putih ataupun Tugu Golong-Gilig. Letak Monumen Tugu Jogja tepatnya di perempatan jalan Mangkubumi Kota Yogyakarta, dari kawasan pendestrian Malioboro ke arah utara sekitar 500 meter.

Dalam sejarahnya, monumen Tugu Jogja pertama kali dibangun setahun setelah Keraton Yogyakarta. Awal dibangun, Tugu memiliki tinggi 25 meter dan dibagian puncaknya berbentuk bulat. Landmark di pusat Kota Jogja ini disebut juga sebagai Tugu Golong Gilig yang mempunyai nilai filosofi istimewa. Garis imajiner, jika ditarik lurus dari Gunung Merapi – Tugu Jogja – Jalan Malioboro – 0 km – Keraton Yogyakarta – Panggung Krapyak – Pantai Parangtritis.

Diperkirakan pada abad 18 Masehi terjadi gempa yang menyebabkan kerusakan bangunan Monumen Tugu. Mengalami masa transisi, terbelangkalai beberapa dekade, pada kesempatan tersebut kemudian direnovasi pemerinthaan koolnial. Namun disayangkan, konstruksinya berubah tidak seperti awal dibuatnya, terlihat seperti yang sekarang ini. Tugu Jogja tingginya 15 meter, terdapat relief simbol-simbol dan tulisan dibangunannya, konstruksi bangunannya didominasi warna putih sedangkan puncaknya runcing keemasan.

Menariknya lagi, monumen bersejarah landmark Yogyakarta ini telah melewati tiga era jaman berbeda, mulai dari masa keraton, perjuangan hingga sekarang ini. Bangunan bernilai historis ini sudah ratusan tahun, hampir 3 abad usianya Monumen Tugu Jogja itu.

Siapa yang enggak tahu Jogja, wilayah yang dijuluki Kota Pelajar ini juga disebut-sebut sebagai salah satu daerah destinasi wisata favorit di Indonesia seperti halnya Bali, karena banyak terdapat tempat bernilai sejarah, kaya atraksi budaya dan seni, termasuk menarik wisata alamnya.

Seringkali disambangi pelancong liburan, kebanyakan dari mereka meluangkan waktu khusus untuk berkunjung ke Monumen Tugu Jogja itu. Mengetahui sesungguhnya dari dekat hingga sejarahnya, atau bahkan berfoto di tempat bersejarah tersebut. Dari Jalan Malioboro langsung saja ke arah utara, dapat ditempuh jalan kaki hanya beberapa menit.

Di lain sisi ada hal menarik mengenai monumen Tugu Jogja, biasanya bagi mereka yang sudah selesai belajar perguruan tinggi dan lulus akan memeluk Tugu Jogja ini, sebelum kembali tempat asalnya dan berjanji suatu saat akan kembali menyapa Jogja lagi. Ada mitos kalau datang ke Jogja, tapi belum memeluk Monumen Tugu Jogja rasanya belum pernah ke Jogja.

Kapan waktu terbaik mengunjungi Tugu Jogja, sebenarnya bisa kapan saja datangnya. Pilihannya. Kalau siang lalu lintasnya ramai, begitu juga waktu sore. Biasanya malam hari banyak yang berkunjung, dan kalau pagi lebih sepi mungkin itu kesempatan waktu yang tepat untuk menikmati suasana. Selain itu dilokasi ini juga sering diadakannya festival seni budaya maupun karnaval.

Menarikkan, Tugu yang dikenal sebagai monumen ikonik bersejarah landmark Yogyakarta ini. Jadi buat kalian yang suka mengunjungi tempat bersejarah, bangunan heritage di Jogja ini wajib Anda kunjungi.