Home » Traveling » Waduk Sermo Kulonprogo Miliki Spot Menarik Berfoto dan Lokasinya Asyik Untuk Refreshing

Waduk Sermo Kulonprogo Miliki Spot Menarik Berfoto dan Lokasinya Asyik Untuk Refreshing


Selain Pantai Glagah dan Wisata Alam Kalibiru, destinasi wisata di Kulonrogo salah satunya Waduk Sermo. Selain rekreasi dapat menikmati indahnya pemandangan alam, spot menarik Waduk Sermo dengan dekorasi cantik menjadi incaran wisatawan asyik untuk berfoto. Diantaranya Taman Bambu Air Sermo, rumah pohon Bukit Pethu serta kawasan hutan suaka margasatwa Sermo.

Liburan ke Jogja rasanya kurang lengkap kalau belum mengunjungi daerah Kulonprogo. Tak salah pilih daerah tujuan wisata, jika memilih Kulonprogo. Kabupaten berjuluk “The Jewel of Java” ini mempunyai banyak obyek wisata beragam tema pilihan, mulai dari wisata alam, buatan hingga budaya. Jika menginginkan tempat rekreasi alam terbuka dengan nuansa beda memiliki spot pemandangan alam menarik, cobalah datang ke Waduk Sermo. Terlebih lagi lokasinya menjanjikan untuk dijadikan tempat refreshing.

Letak Waduk Sermo itu tepatnya ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Rute jalan menuju lokasi pun mudah, serupa kalau kalian pergi ke Wisata Alam Kalibiru. Ketika mengunjungi Waduk Serwo bukan keramaian yang kalian temukan, melainkan suasana kesunyian yang menyatu dengan indahnya alam. Biar enggak bosan, cobain deh jelajahi satu persatu sekitar kawasan area, ada apa saja.

Tak jarang mereka yang datang itu untuk pertama kalinya. Atraksi menarik liburan seru-seruan pun bisa dijumpai. Asyiknya berkeliling naik kapal perahu mendekati Bambu Taman Air Waduk Sermo, rasakan sensasi berfoto-foto di atas taman air. Waktunya dibatasi saat berada di taman air itu, kesempatan tersebut gunakan sebaik mungkin untuk memotret atau menikmati pemandangan yang ada. Dekorasi yang menghiasi taman airnya bertemakan suasana romantis, ini sangat tepat buat pemotretan Pre-wedding.

Ingin lebih seru, yuk beralih ke spot lain yang beda, menyapa Bukit Pethu lebih dekat. Kebanyakan pengunjung suka berfoto diatas rumah pohon Waduk Sermo dengan latar belakang pemandangan alam landscape eksotis dan cantik. Kawasan spot menarik Waduk Sermo menjadi surga bagi penggemar selfie.

Kemudian, melangkah ke area hutan suaka marga satwa Waduk Sermo. Disamping dapat mengagumi indahnya belantara hutan lindung, pengunjung bisa mengenal wawasan keanekaragaman hayati. Keberadaan cagar alam di Kulonprogo ini sebenarnya sebagai kawasan konservasi satwa langka terutama endemik burung. Dapat menjadi wisata edukasi flora dan fauna.

Waduk Sermo lokasinya asyik untuk refreshing. Kalau enggak percaya, coba saja jalan-jalan melihat-lihat perbukitan sekitar waduk yang banyak ditumbuhi hijaunya pepohonan, suasananya itu sangat tenang jauh dari keramaian. Mungkin saja tempat yang seperti itu bisa menjernihkan pikiranmu. Oh iya, hampir kelupaan, jika ingin melihat sunset di Waduk Sermo, datanglah lebih awal sebelum senja tiba, menanti sambil menikmati suasana yang ada.

Setelah puas jalan-jalan, tapi masih punya banyak waktu. Kesempatan untuk mengunjungi obyek wisata lain terdekat, paling bagus ke Obyek Wisata Kalibiru dan Pule Payung, menyaksikan indahnya Waduk Sermo dari ketinggian. Kalau ingin yang agak jauh, silahkan menyambangi Puncak Suroloyo, Bukit Cendana, Air Terjun Kedung Pedut, Kembang Soka atau Pantai Glagah juga oke.

Bendungan waduk memang memiliki fungsi sebagai tempat menampung air, mencegah kekeringan suatu daerah, ataupun kegunaan lain yang bermanfaat. Disamping sisi, waduk itu tak sekedar bendungan, tetapi ada sesuatu keindahan tersembunyi yang tak tampak. Tak lain mempunyai potensi wisata, yang hanya bisa kamu temukan jika kamu pergi sendiri kesana.

Ya, itulah hal menarik yang ada di Waduk Sermo Kulonprogo berkaitan dengan wisata. Bila suka datanglah kesana.