Home » Traveling » Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo, Keelokan Taman Surga di Pegunungan Menoreh

Wisata Alam Kalibiru Kulonprogo, Keelokan Taman Surga di Pegunungan Menoreh


Traveling ke Jogja bagian barat yuk, daerah Kulonprogo. Disana ada tempat menarik namanya Wisata Alam Kalibiru. Dari puncak perbukitan Menoreh, kalian dapat menyaksikan pemandangan alam indah bagaikan taman surga.

Tak salah pilih, pasalnya obyek wisata ini menjadi tujuan wisata favorit para wisatawan saat liburan ke Jogja. Letak Wisata Alam Kalibiru ada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, DI Yogyakarta. Yang berkunjung tak hanya pelancong domestik, tetapi terkadang juga turis mancanegara. Mereka jauh-jauh datang hanya ingin menyapa tempat wisata ini dari dekat, refreshing menikmati alam terbuka.

Beda wilayah tapi hampir serupa memiliki banyak destinasi wisata, itulah daerah Kulonprogo dan Gunungkidul. Kedua daerah itu mempunyai keindahan alam yang tersembunyi, kalau boleh dibilang sangat istimewa. Daerah Gunungkidul punya Gunung Sewu Geopark sedangkan Kulonrogo punyai Pegunungan Menoreh. Keberadaan Taman Bumi Gunung Sewu dan Perbukitan Menoreh ini menegaskan bahwa disana ada surga tersembunyi, sebagian besar didominasi cagar alam.

Wisata Alam Kalibiru salah satu tempat rekreasi yang ada di kawasan Pegunungan Menoreh Kulonprogo. Spot utamanya diatas puncak bukit, dari tempat ketinggian tersebut panorama alamnya sangat memukau. Waduk Sermo dan hutan pegunungan Menoreh sangat cantik kalau dilihat dari atas bukit. Biasanya wisatawan berfoto-foto dengan latar belakang landscape alam yang disebutkan tadi. Itulah yang menjadi magnet utama taman surga di Pegunungan Menoreh.

Langsung saja meluncur ke wilayah Kulonprogo, tepatnya di daerah Hargowilis, Kokap. Akses jalan mudah dan nyaman. Hal-hal seru tak seperti di Kota, mudah Anda temui. Ya, disepanjang perjalanan wisata menuju lokasi, kalian akan disuguhi pemandangna alam cantik perbukitan dengan banyak pohon, sawah, pedesaan dan lain sebagainya. Tentunya, hal tersebut membuat penyemangat setiap laju langkah anda menuju ke lokasi wisata. Selain Kalibiru, Anda juga dapat mengunjungi beberapa wisata alam di Kulonprogo lainnya yang terkenal seperti Pantai Glagah dan Puncak Suroloyo. Bisa menjadi destinasi wisata alternatif mu.

Udara sejuk pegunungan pun akan menyambut Anda jika hampir sampai di tujuan. Setelah memperoleh tiket masuk wisata Alam Kalibiru, langsung saja masuk ke kawasan wisata alam tersebut. Silahkan menjelajah, awal permulaan menaiki jalan tangga untuk sampai di puncak bukit. Seperti trekking, tetapi tidak begitu jauh. Anggap saja exercise. Walaupun jalannya menanjak, harus tetap bersemangat. Ini bukan rintangan tapi tantangan, seru pokoknya.

Samping perbukitan pemandangan bagus, pepohonan rindang pun tumbuh disepanjang jalan yang dilewati, sehingga menjadikan udara lebih sejuk. Suasana sunyi dengan penuh ketenangan dapat Anda rasakan, soalnya jauh dari keramaian. Sepertinya cocok dijadikan tempat refreshing. Terdapat gardu pandang untuk menyaksikan area sekitar dari ketinggian. Disana juga ada taman alamnya bisa untuk bersantai-santai. Ingin seru-seruan, cobain aja flyng fox atau berani melewati jembatan rumah pohon. Yang pasti, membuat adrenalin Anda terasa tertantang.

Ramainya tak hanya di musim liburan dan akhir pekan, hari biasa saja juga diserbu banyak pengunjung. Biasanya tepat di musim liburan sekolah dan hari besar, para pengunjung membanjiri tempat wisata di Kulonprogo ini. Mungkin itu kesempatan waktu yang tepat untuk berlibur. Yang datang silih berganti. Sampai-sampai harus antri untuk berfoto dirumah pohon Wisata alam Kalibiru berlatar belakang pemadangan alam pegunungan Menoreh dan waduk Sermo. Siapkan aksi terbaikmu, sebelum dipotret. Kenangan indah dapat Anda abadikan disana.

Pemandangan alamnya sangat mengagumkan, banyak yang suka. Boleh dibilang keindahan wisata alam Kalibiru sangat wah, seperti taman di surga.