Home » Ide Jalan-jalan » 3 Wisata Budaya di Dieng

3 Wisata Budaya di Dieng


Dieng Plateau memang mempesona alamnya, juga indah tradisi dan kesenian daerahnya. Berikut atraksi wisata budaya di Dieng yang dapat Anda nikmati.

1, Festival Budaya Dieng
Ruwatan bocah berambut gimbal alami. Tradisi ini sudah melekat pada masyarakat Dieng, sejak jaman dulu turun temurun dari warisan leluhur. Setahun sekali diselenggarakan di Komplek Candi Arjuna. Sebelum serangkaian prosesi dilakukan, permintaan anak bajang harus dipenuhi. Setelah dipotong, diupacarakan, lalu rambutnya dilarung ke sungai. Ini merupakan puncak acara Dieng Festival Culture (DFC). Selain itu, ada pertunjukan wayang, karawitan gamelan, tari tradisional dan pagelaran unik lain.

2. Tari Rampak Yakso
Tarian khas Dieng ini menggambarkan peperangan Raden Gatotkaca dibantu Palwagaseta (Anoman) melawan para raksasa Kerajaan Gilingwesi Prabu Kala Pracona dengan Patih Sekipu. Alasan penyebab pertempuran, dikarenakan terjadi keonaran di Kahyangan Njunggring Salaka. Tari Rampak Yakso Pringgondani biasanya dipertontonkan di festival budaya Dieng.

3. Parak Iwak
Agenda tahunan Festival Serayu Banjarnegara (FSB), event digelar setiap akhir bulan Agustus. Tradisi Parak Iwak di Sungai Serayu sangat meriah, warga pesta menangkap ikan sebanyak mungkin. Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu dengan penebaran benih ikan yang diambil dari tujuh telaga mata air (Telaga Warna, Pengilon, Cebong, Merdada, Sewiwi, Balekambang, Sendang Serayu) yang kemudian ditebar ke Sungai Serayu.

Sebenarnya tidak sebatas itu saja, masih banyak seni budaya lainnya yang belum dipopulerkan kembali.

Tips: Itinerary rencana perjalanan, Ketahui kapan waktu festival Dieng diselenggarakan, update. Pesanlah penginapan jauh hari sebelum hari H, menurut kebiasaan bila acara tersebut dimulai, sejumlah penginapan di Dieng selalu habis terpesan.