Home » Ide Jalan-jalan » 4 Wisata Menarik di Semarang

4 Wisata Menarik di Semarang


Selain destinasi unggulan Museum Lawang Sewu dan Candi Gedong Songo. Ada alternatif wisata menarik di Semarang yang dapat kalian kunjungi diantaranya sebagai berikut:

1. Pantai Marina
Berada di sebelah utara Kota Semarang, berdekatan dengan Puri Mariokoco dan Bandara Ahmad Yani. Pantai Marina tawarkan pesona eksotis Laut Utara Jawa, pengunjung bisa menikmati suasana hingga pemandangan pantai, serta lalu lalang kapal yang berlayar melintas. Rehat refreshing sekalian menyantap kuliner khas pesisir. Sedangkan atraksi seru yang bisa dilakukan adalah berenang, bermain pasir, bola, voli ataupun layang-layang. Jika ingin melihat sunrise, harus datang pagi.

2. Museum Ronggowarsito
Bila tertarik pada wisata sejarah, pergilah berkunjung ke Museum Ranggawarsita Semarang. Ada beragam koleksi didalamnya meliputi bidang pelestraian budaya, wahana pendidikan, dan rekreasi. Eksplor semua ke empat gedung A, B, C sampai D.

Gedung Pertama menyimpan wahana geologi dan geografi (meterorit, batu mulia). ruang Paleontologi menyajikan koleksi fosil zaman purba.

Kedua berisikan peninggalan budaya dan seni dari peradaban masa lalu. Pasti menjumpai artefak kuno seperti lingga, yoni, arca, gerabah, tembikar, kidung, sastra, batik, serta diperlihatkan cara pembuatannya dengan model diorama patung.

Ketiga ruang bersejarah dan koleksi-koleksi benda yang dipakai waktu itu. Diorama perjuangan kemerdekaan. Itu lantai satu, sedangkan lantai dua merupakan ruang teknologi dan kerajinan tradisional, industri, transportasi.

Keempat gedung lantai kesatu menyuguhkan tentang pembangunan, heraldik, numismatik, tradisi nusantara, ruang intisari. Untuk lantai kedua, mengenalkan benda dan peralatan kesenian yang dipisahkan menjadi seni pergelaran (pengetahuan wayang), seni pertunjukkan (tari, kuda lumping, reog, barongan) dan seni musik (gamelan).

3. Wonderia
Ini merupakan wahana rekreasi keluarga di Semarang Kota paling populer, letaknya di Jl. Sriwijaya. Wonderia pastinya lokasi liburan favorit keluarga, karena menawarkan beraneka wahana bermain anak-anak yang menyenangkan. Antara lain Typhoon Coaster, Merry Go Round, Super Rally, Space Gyro, Boom Boom Car, Kiddy Boat, Ghost House, dan terkadang dimeriahkan hiburan pertunjukan menarik pada event tertentu.

4. Air Terjun Lawe
Destinasi wisata alam di lereng Gunung Ungaran yang tersembunyi. Tempat rekreasi unggulan Desa Kalisidi. Begitu tiba dilokasi pos, wajib jalan kaki trekking ringan melewati hutan perbukitan, plus pemandangan alam menggoda. Tentunya bukan rintangan, melainkan tantangan asyik. Barulah setelah itu, cantiknya Air Terjun Lawe akan mempesonamu. Ingin berfoto atau berbasah-basahan, silahkan saja. Oh iya, juga berdekatan sama Air Terjun Benowo, air panas, bumi perkemahan, dan agrowisata kebun teh. Bisa sekalian mampir menjelajah.