Home » Ide Jalan-jalan » 10 Wisata Menarik di Yogyakarta

10 Wisata Menarik di Yogyakarta


Rencana mau liburan ke Jogja, berikut beberapa ide jalan-jalan pilihan tempat wisata menarik di Yogyakarta yang mesti kamu datangi diantaranya:

1. Taman Pintar (Kota Yogyakarta)
Di pusat Jogja Kota, timur Benteng Vredeburg letak Taman Pintar. Tepat sekali untuk liburan keluarga, bersama anak-anak mengunjungi tempat rekreasi bernuansakan edukasi ini. Apalagi mengeksplorasi wahana menarik yang ada disana satu persatu, memiliki keseruan tersendiri. Diantaranya taman bermain, gedung memorabilia, oval, aquarium, kotak, paud hingga planetarium. Menghibur sekaligus mencerdaskan.

2. Situs Ratu Boko (Sleman)
Jika Anda pengagum tempat bersejarah situs cagar budaya, beranjaklah segera ke timur Yogyakarta. Disana terdapat Candi Ratu Boko, sebuah komplek keraton kuno berdiri megah di atas bukit sebelah selatan Candi Prambanan. Diperkirakan bangunan heritage abad 8 Masehi ini peninggalan Kerajaan Mataram pada wangsa Syailendra. Yang istimewa ketika senja, Anda dapat menyaksikan indahnya sunset di Ratu Boko.

3 Hutan Pinus Mangunan (Bantul)
Tertarik destinasi wisata alam, pergilah ke daerah Dlingo Mangunan Bantul. Temukan sensasi seru berada di hutan pinus, serta manjakan dirimu dengan spot kekinian seperti taman cantik dengan dekorasi artistik, rumah pohon, hammock, gardu pandang, gazebo, dan panggung kesenian. Selain kemping dan outbond, kawasan cagar alam ini biasanya dijadikan lokasi photo prewedding, terkadang buat shooting film.

4. Pantai Pok Tunggal (Gunungkidul)
Banyak yang bilang kalau pantai di Gunungkidul ini bagus. Pok Tunggal merupakan tipe pantai pasir putih, ombak cukup tenang, ditepian pantainya tumbuh pohon Duras langka, itu unik malahan mempercantik pemandangan, dan suasananya asyik untuk wisata tentunya. Walaupun belum sepopuler Indrayanti dan melegenda seperti Parangtritis, tapi ramainya berani bersaing dengan Glagah.

5. Tebing Breksi (Sleman)
Masih di kawasan Prambanan, dekat Candi Ijo. Bukit kapur ini dulunya lokasi tambang batu, kemudian dikembangkan menjadi objek wisata. Pahatan artistik menyerupai relief candi di dinding tebing Breksi jadi daya tarik wisatawan. Seperti sosok figur pewayangan terukir cantik dalam sebuah adegan. Sisi tangganya berornamen naga, jalan menuju puncak bukit untuk menatap pesona alam dari ketinggian. Sedangkan Tlatar Seneng, panggung terbuka biasa digunakan pentas kesenian.

6. Gumuk Pasir Parangkusumo (Bantul)
Fenomena alam unik ini dikenal dengan sebutan Gumuk Pasir, berada di Jl. Parangkusumo dari Pantai Parangtritis tidak jauh. Bukit padang pasir ada di daerah tropis, itu sesuatu hal yang aneh dan langka. Di dunia hanya ada beberapa, salah satunya di Jogja ini. Suasana gurun pasir, landscape spot unik. Tertarik sandboarding, silahkan mencoba. Terkadang untuk latar setingan foto pre-wedding dan pembuatan filem. Sebagian orang rela menunggu sunset disana lho.

7. Hutan Mangrove (Kulonprogo)
Pantai Pasir Kadilangu dan Wanatirta Pasir Mendit, itulah dua objek wisata hutan mangrove di Kulonprogo yang populer menjadi tujuan traveler. Disamping jalan kaki melalui jembatan bambu, juga dapat menjelajah air kawasan pepohonan bakau menggunakan perahu kapal. Akan dimanjakan beberapa spot menarik kekinian dengan dekorasi unik seperti Jembatan Api-api, sangkar, gardu pandang, jembatan berbentuk hati spot favorit pengunjung berfoto-foto, dan banyak lagi.

8. Kebun Buah Mangunan (Bantul)
Jika datang pagi hari saat sunrise, pengunjung dapat melihat lautan kabut di sekitar bukit Mangunan. Indah sekali, bila siang cuaca cerah di puncak bukit itulah pengunjung dapat menikmat tempat tersebut. Pemandangan pegunungan, birunya cakrawala langit hingga awan putih bergerak perlahan seperti negeri di atas awan. Ada pula gardu pandang dengan dekorasi menarik yang biasa dipakai pelancong melihat panorama alam indah, serta berselfie ria.

9. Pantai Ngobaran (Gunungkidul)
Dipercaya tempat petilasan dari Prabu Brawijaya, salah satu raja termasyhur Kerajaan Majapahit. Yang unik dari pantai Ngobaran adalah tepat ditepian tebingnya telah berdiri beragam bangunan religius berdampingan, menunjukkan nilai toleransi dan kedamaian. Pilgrimage destinations. Suasana Laut Selatan Jawa di Gunungkidul ini seperti di Bali, benar-benar menarik. Tempat wisata bertemakan sejarah, budaya dan alam jadi satu paket.

10. Gunung Api Purba Nglanggeran (Gunungkidul)
Ekowisata daerah ini terkenal mendunia, serta telah memenangkan penghargaan tourism terbaik. Situs geologi Gunung Api Purba Nglanggeran namanya, pokdarwis desa wisata Nglanggeran mampu mengenalkan konsep wisata berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal, dan edukasi. Pokoknya paket liburan lengkap, mulai dari ecotourism hingga fam trip.