4 Wisata Menarik di Semarang

Ada banyak sekali pilihan wisata menarik di Semarang yang dapat dikunjungi. Semua destinasinya bagus, mulai dari yang menawarkan tema sejarah, keindahan alam hingga keseruan atraksi.

Daerah berjuluk Kota Lumpia ini memang terkenal dengan destinasinya Candi Gedong Songo dan Museum Lawang Sewu. Disamping itu, juga memiliki banyak alternatif tempat wisata menarik yang asyik disambangi. Meskipun sedikit anti-mainstream alias kurang populer, namun menjanjikan sejuta pesona. Tepat dijadikan tujuan pada musim liburan ataupun akhir pekan.

Berikut 4 Wisata Menarik di Semarang Yang Direkomendasikan:

1. Pantai Marina (Kota Semarang)
Berada di sebelah utara Kota Semarang, berdekatan dengan Pelabuhan Tanjung Mas, Puri Mariokoco maupun Bandara Ahmad Yani. Pantai Marina tawarkan pesona eksotis Laut Utara Jawa, pemandangan pantainya cukup mempesona dan bisa dijadikan tempat refreshing menikmati suasana yang ada sambil menyantap kuliner khas pesisir seperti seafood. Serta lalu lalang kapal besar berlayar melintas pun dapat Kamu lihat dengan jelas. Sedangkan atraksi seru yang bisa dilakukan adalah naik perahu, berenang, bermain pasir, bola, voli ataupun layang-layang. Jika ingin melihat sunrise, harus datang pagi sekali.

2. Museum Ronggowarsito (Kota Semarang)
Bila tertarik pada wisata sejarah, pergilah berkunjung ke Museum Ranggawarsita Semarang. Ada beragam koleksi didalamnya meliputi bidang pelestraian budaya, wahana pendidikan, dan rekreasi. Eksplor semua ke empat gedung A, B, C sampai D. Gedung Pertama menyimpan wahana geologi dan geografi (meterorit, batu mulia). Ruang Paleontologi menyajikan koleksi fosil zaman purba.

Gedung Kedua berisikan peninggalan budaya dan seni dari peradaban masa lalu. Pasti menjumpai artefak kuno seperti lingga, yoni, arca, gerabah, tembikar, kidung, sastra, batik, serta diperlihatkan cara pembuatannya dengan model diorama patung. Gedung Ketiga ruang bersejarah dan koleksi-koleksi benda yang dipakai waktu itu. Diorama perjuangan kemerdekaan. Itu lantai satu, sedangkan lantai dua merupakan ruang teknologi dan kerajinan tradisional, industri, transportasi.

Gedung Keempat gedung lantai kesatu menyuguhkan tentang pembangunan, heraldik, numismatik, tradisi nusantara, ruang intisari. Untuk lantai kedua, mengenalkan benda dan peralatan kesenian yang dipisahkan menjadi seni pergelaran (pengetahuan wayang), seni pertunjukkan (tari, kuda lumping, reog, barongan) dan seni musik (gamelan). Sedangkan letak Museum Ronggowarsito di Jl. Abdul Rahmad Saleh No. 1, Kelurahan Kalibanteng Kidul, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

3. Saloka Theme Park (Kabupaten Semarang)
Ini merupakan wahana rekreasi seru bagi keluarga dan anak yang baru ngehits di Semarang. Letak Saloka Theme Park di Jl. Fatmawati No. 154, Dukuh Gumuksari, Desa Lopait, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Saloka Park menawarkan berbagai wahana permainan seru hingga atraksi menarik. Wahana itu diantaranya Pesisir, Balalantar, Ararya, Kamayayi, dan Segara Prada. Juga ada hiburan pada event tertentu seperti pertunjukan Legenda Baruklinting di Wahana Jejogedan setiap hari jumat, terkadang ada pentas musik, parade karnaval, air mancur menari, permainan laser dan lampu.

4. Air Terjun Lawe (Kabupaten Semarang)
Lokasinya di Desa Kalisidi, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Air Terjun Lawe merupakan salah satu wisata alam di Semarang. Surga tersembunyi di lereng Gunung Ungaran ini mempunyai pesona yang luar biasa, baik itu pemandangan air terjunnya maupun serunya atraksinya. Ingin menyapa lebih dekat, Anda terlebih dahulu trekking ringan melewati hutan perbukitan. Cukup menantang, tetapi asyik. Begitu sampai tujuan, barulah Kalian dimanjakan akan cantiknya Air Terjun Lawe. Ingin berfoto selfie ataupun ngevlog, silahkan saja. Lebih tertarik berenang atau hanya berbasah-basahan air, boleh juga. Oh iya, keberadaan Air Terjun Lawe ini dekat sama Air Terjun Benowo. Bisa sekalian mampir traveling lho.