Air Terjun Bangunsari Gunungkidul, Wisata Alam Jogja Terbaru Daerah Semin

Satu lagi wisata alam di Jogja bagus, namanya Air Terjun Bangunsari. Destinasi ini lokasinya di Gunungkidul utara, tepatnya daerah Semin, tersembunyi di kawasan perbukitan Gunung Sewu Geopark.

Sekarang musim liburan lho, punya rencana mau traveling kemana? Jika Kamu antusias pada wisata alam, mendingan jalan-jalan ke Jogja saja. Sekali-kali pergilah ke wilayah Gunungkidul utara, ada banyak destinasi alternatif bagus, salah satunya Air Terjun Bangunsari. Meskipun terbilang masih baru, namun menjanjikan keindahan dan keseruan.

Letak Air Terjun Bangunsari di Desa Candirejo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Kalau tidak salah, berada di perbatasan Sukoharjo dengan Gunungkidul. Dekat sama Candi Risan, Watu Payung dan Telaga Biru Semin. Akses jalan menuju lokasi mudah, perjalanan bisa ditempuh dengan bus/mobil/motor. Jangan pergi sendirian, ajaklah teman traveling biar meriah.

Adanya Air Terjun Bangunsari, berarti menambah daftar baru obyek wisata di Gunungkidul utara seperti Embung Batara Sriten dan Green Village Gedangsari. Walaupun belum sepopuler Goa Pindul dan Gunung Api Purba Nglanggeran yang telah mendunia, tetapi terkenalnya mengikuti. Yang jelas, punya kekhasan tersendiri. Itu membuat para wisatawan penasaran berdatangan.

Jumlahnya banyak sekali wisata alam tersembunyi di Pegunungan Sewu, tak terkecuali Air Terjun Bangunsari ini salah satunya. Air terjunnya alami, terus suasana tempatnya enak untuk refreshing dan pemandangannya indah. Air yang mengalir pun jernih, bebatuan di tepian sungainya malahan mempercantik area dan nuansa asri pepohonan membuat udara sejuk.

Tinggi Air Terjun Bangunsari Semin ini kurang lebih sekitar 6 meteran. Walaupun landai, ngarai atau tebing air terjunnya bagus, terlihat seperti formasi susunan batu bertingkat, sungguh menarik. Sekitar bukit banyak ditumbuhi pohon rimbun, seolah-olah Air Terjun Bangunsari itu surga tersembunyi tidak tampak pandangan alias kasat mata.

Cobalah eksplor temukan spot foto instagramable, tidak sedikit traveler memanfaatkan keindahaan Air Terjun Bangunsari untuk berfoto selfie bahkan ngevlog. Waktu tertentu ramai dikunjungi pelancong, terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan. Cocok untuk Kamu yang suka destinasi anti-mainstream khususnya bertema nature. Ini dapat menjadi tujuan alternatif, jikalau plesiran ke Jogja.

Atau hanya ingin sekedar bersantai, refreshing melepas penat sembari menikmati alam terbuka, silahkan saja. Rileks sejenak dari rutinitas harian. Oh iya, duduk di pinggir sungai aliran air terjun juga hal yang menyenangkan. Disamping itu, buat Kalian yang senang aktivitas seru-seruan, Anda bisa bermain air, berbasahan, bahkan berenang. Seru bangetkan.