Home » Traveling » Curug Silangit Purworejo, Wisata Alam Tersembunyi di Kawasan Pegunungan Menoreh

Curug Silangit Purworejo, Wisata Alam Tersembunyi di Kawasan Pegunungan Menoreh


Ada banyak destinasi menarik tersembunyi di Perbukitan Menoreh sekitaran daerah Purworejo, salah satunya obyek wisata Curug Silangit. Lokasinya di Kaligesing, masih satu tempat dengan Curug Siklothok. Dekat Taman Sedandang, tak jauh dari Hutan Pinus Kiskendo maupun Air Terjun Kembang Soka.

Letak Curug Silangit di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Obyek wisata sekitar Curug Silangit diantaranya Goa Anjani Curug Tawing, Gunung Cilik, Hutan Pinus Kalilo, Watu Tumpang, Bukit Slamet Kaligesing, Goa Seplawan, Puncak Suro dan TBGS (Taman Batu Goa Sekantong).

Ini berbatasan dengan wilayah Kulonprogo. Apalagi tren kunjungan wisata ke Purworejo terus meningkat dari waktu ke waktu. Kini banyak traveler mulai mencari-cari obyek wisata alternatif yang beda di kawasan Perbukitan Menoreh.

Jikalau destinasi pilihan tujuan wisatanya itu jatuh pada Curug Silangit, itu bagus. Wisata alam di Purworejo ini cukup menjanjikan, pasalnya masih alami tempatnya, hawa sejuk pegunungan pun masih dapat dirasakan, suasana tenang cocok sebagai tempat refreshing dan memiliki pemandangan bagus. Belum populer diketahui khalayak.

Walaupun letaknya tersembunyi, tempat wisata ini menjadi incaran para wisatawan. Yang datang traveling kebanyakan dari luar kota. Setelah peroleh tiket masuk, langsung meluncur ke kawasan. Dari Curug Siklothok terus saja menaiki bukit melewati jalan setapak menuju atas bukit, menanjak terkadang menurun. Cermati papan tulisan yang menunjukkan arah dimana lokasi curug itu berada.

Medannya cukup menantang, sebaiknya perhatikan setiap langkah Anda saat menjelajah. Berjumpa gazebo sederhana untuk istirahat bersantai ataupun berteduh dikala hujan. Lalu juga akan melewati jembatan yang terbuat dari bambu, serta tanjakan jalan merayap. Selanjutnya naik sedikit lagi, terlihatlah Curug Silangit dari kejauhan, sampailah sudah.

Pemandangan air terjun tinggi dengan aliran air jernih bersih segar, mengagumkan. Sepertinya sumber airnya berasal dari pegunungan atas sana. Berada di lembah bukit, sisi kanan kiri ngarai indah menjulang tinggi keatas. Ingin menyapa lebih dekat, boleh saja. Berbasah-basahan, sekedar berfoto atau hanya ingin menikmati suasana yang ada, ya silahkan. Lebih baik datangnya tak sendirian, ramai-ramai liburan lebih seru.