Home » Traveling » Wisata Alam Klayar Gunungkidul, Sensasi Liburan Seru Canoeing di Sungai Kedung Lumbu

Wisata Alam Klayar Gunungkidul, Sensasi Liburan Seru Canoeing di Sungai Kedung Lumbu


Lokasinya di daerah Nglipar Gunungkidul, Wisata Klayar ini. Selain menikmati pemandangan alam, pengunjung bisa merasakan bagaimana sensasi liburan seru susur sungai Kedung Lumbu menggunakan kanu ataupun perahu.

Lebih tepatnya letak Wisata Alam Klayar di Desa Kedungpoh, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Tempatnya tersembunyi, sekitar belantara pepohonan kayu putih. Keberadaannya pun tidak jauh dari Goa Pindul dan Goa Tanding, terkenal sebagai destinasi wisata di Gunungkidul paling populer dikunjungi wisatawan.

Untuk destinasi alternatif jikalau jalan-jalan ke daerah Gunungkidul, khususnya bila yang kamu cari itu tipe tema wisata minat khusus. Nah, sepertinya Wisata Klayar di Gunungkidul ini mungkin dapat menjadi opsi pilihan tepat, karena menawarkan sesuatu yang unik dan beda yang bisa kalian nikmati dan lakukan disana, yaitu canoeing.

Apa sih yang menarik dari Wisata Alam Klayar Gunungkidul ini? Pertama, alamnya indah mempesona masih asli belum tersentuh begitu banyak khalayak. Kedua, suasana tempatnya tenang serta nyaman dikunjungi, pedesaaan asri. Ketiga, keramahan warga setempat dan tradisi budaya masih lestari seperti merti dusun dan kesenian tradisional.

Lanjut lagi. Keempat, ada tempat bersejarah, makam kuno dan terdapat lokasi yang menurut masyarakat setempat disakralkan. Kelima, terdapat area bendungan Kedung Lumbu yang menjadi tempat rekreasi wisatawan berkunjung, menikmati alam dan berlayar naik kanu menyusuri sungai Kedung Lumbu. Berharap suatu saat nanti ada kuliner tradisional khas daerah setempat yang ditawarkan, termasuk oleh-oleh dan souvenir handycraft.

Di Wisata Alam Klayar ini ada dua pilihan untuk menyusuri sungai, pilih naik perahu atau kanu untuk berkeliling di aliran sungai Kedung Lumbu ini. Dengan perahu kelebihannya bisa melihat pemandangan lebih leluasa tanpa memikirkan bagaimana mengendarainya. Sedangkan menyewa kanu, akan berbeda. Tahu bagaimana sensasi serunya canoeing langsung, mengendalikan kanu eksplor jelajah bebas kemana saja.

Memilih refreshing menyaksikan cantiknya alam terbuka pinggiran sungai yang masih asli, silahkan. Disana terdapat spot foto menarik kekinian. Beberapa gazebo untuk bersantai, taman penuh bunga-bunga warna-warni, lapang rumput hijau menyejukkan pandangan. Anjungan dekorasi unik rumah pohon, lokasi melihat keindahan alam dari ketinggian. Serta tempat tinggi terbuat dari bambu ditepian sungai, barangkali untuk terjun ke sungainya saat aktivitas canoeing.

Jadi, itulah sekilas obyek wisata alam Klayar di Gunungkidul yang asyik untuk canoeing dan refreshing. Tertarik, ya datang kesini.