Candi Prambanan Sleman, Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Suka wisata sejarah budaya, datanglah liburan ke Jogja menyambangi Candi Prambanan di Sleman. Candi Hindu paling besar di Indonesia ini berarsitektur cantik menyatu dalam nuansa spiritual dan historis, serta ikonik sama folklore Rara Jongrang.

Bila Anda lebih tertarik traveling mengeksplor tempat bersejarah, tidak ada salahnya memilih Yogyakarta sebagai daerah tujuannya. Sebab disana ada sejumlah situs heritage UNESCO istimewa, salah satunya adalah Candi Prambanan. Bangunan candi bercorak Hindu tersebut menjulang tinggi megah, membuat siapa saja melihatnya pasti terpesona.

Letak Candi Prambanan di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasi tepat di utara Jalan Raya Jogja-Solo, dekat Candi Sewu dan Situs Ratu Boko. Akses mudah, dari Kota Jogja ke arah timur laut, bisa naik bus maupun taksi/motor online. Jikalau dari jauh, naiklah pesawat. Ditunjang akomodasi hotel, restoran, rental mobil motor.

Termasuk destinasi terkenal di Nusantara, bahkan dunia. Saat musim libur dan akhir pekan, Candi Prambanan ramai dikunjungi wisatawan, baik pelancong domestik maupun turis mancanegara. Pada antusias penasaran ingin tahu Candi Hindu terbesar di Indonesia. Tidak ingin berdesakkan saat berkunjung, pergilah traveling ketika low season. Lebih leluasa menjelajah untuk menyelesaikan seluruh candi.

Candi Prambanan tercatat sebagai situs warisan dunia UNESCO. Landmark ikonik di Jogja ini memiliki karakteristik bangunan tinggi dan arsitektur megah, formasi candi besar dikitari ratusan candi kecil. Didukung temuan prasasti beserta artefak kuno. Ornamen dan reliefnya pun diukir dengan detail membentuk sebuah narasi cerita yang mengagumkan. Tak terbayangkan bagaimana cara membuatnya, mahakarya luar biasa.

Dalam sejarahnya, Dataran Kewu populer dengan sebutan Dataran Prambanan, dimana pada jaman dulu dataran di timur Yogyakarta ini diperkirakan sebagai pusat peradaban masa lalu Kerajaan Mataram. Karena sekitaran dataran tersebut banyak ditemukan candi dan situs purbakala, salah satu temuan paling terkenal adalah Candi Prambanan. Dipercaya daerah Prambanan kawasan budaya klasik yang indah dengan sejarah panjang.

Candi Prambanan dibangun pada masa Wangsa Sanjaya oleh Rakai Pikatan, sekitar abad 9 Masehi. Bangunan candi besar dengan arsitektur indah mengagumkan, berdiri megah diatas area yang luas. Candi Hindu ini memiliki nama asli Siwagrha, yang berarti rumah Siwa berdasarkan prasasti Siwagrha. Dipersembahkan untuk Dewa Siwa. Candi Siwa paling tinggi dan besar.

Candi yang ada di komplek Candi Prambanan berjumlah 240 candi. Terdiri dari candi besar dikelilingi oleh formasi candi kecil. Candi utama tiga yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa. Candi kecilnya 237 diantaranya 3 Candi Wahara, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok dan 224 Candi Perwara. Selain relief Ramayana dan epos Mahabarata, sejarah panjang masa silam pun terekam di relief Candi Prambanan.

Diketahui terdapat arca Durga. Itu sebabnya mengapa Candi Prambanan juga disebut Candi Rara Jonggrang. Seringkali dikaitkan dengan sebuah cerita rakyat yang populer dikalangan masyarakat sekitar candi, yaitu legenda Roro Jonggrang. Menceritakan kisah cinta putri Ratu Boko Rara Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Mau menerima cintanya dengan satu syarat, Roro Jonggrang meminta kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan seribu candi dalam waktu semalam.

Atmosfir suasana spitiritual sangat terasa di Candi Prambanan, uparaca ritual Hari Nyepi pun digelar setiap tahunnya. Disamping itu, rutin ada pagelaran Sendratari Ramayana yang dipentaskan di sebelah barat Candi Prambanan, tepatnya di Panggung Roro Jonggrang. Peroleh tiket masuk reguler atau VIP, baru menikmati pertunjukan seni tersebut.

Terkadang festival budaya digelar meriah misalnya Prambanan Light Festival. Terus ada event sport tourism tahunan diantaranya Tour de Prambanan, Jogja International Heritage Walk, dan lain sebagainya. Oh iya, sesuatu yang tidak boleh dilewatkan, yakni melihat sunset Candi Prambanan, indah sekali. Mau berfoto selfie ria, silahkan saja. Biar bagus, carilah spot yang tepat.

Itulah pesona Candi Prambanan, Candi Hindu terbesar di Indonesia. Jadi, jika Kamu sedang liburan ke Jogja mesti kunjungi tempat bersejarah ini.