Home » Traveling » Prambanan, Candi Paling Indah di Dunia

Prambanan, Candi Paling Indah di Dunia


Suka tempat sejarah bernuansa budaya, datanglah liburan ke Jogja mengunjungi Candi Prambanan. Candi Hindu abad 9 Masehi ini peninggalan Kerajaan Mataram Kuno, memiliki arsitektur bangunan paling megah dan terindah di dunia. Dibalik pembuatannya ada kisah menarik folklore Rara Jonggrang.

Letak Candi Prambanan di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Lokasinya tepat di utara jalan raya Jogja-Solo (dari seberang jalan terlihat candinya), baratnya Sungai Opak, selatannya bukit dari komplek situs Ratu Boko, sedangkan utaranya Candi Sewu dan Gunung Merapi nampak dari kejauhan.

Dataran Kewu populer dengan sebutan Dataran Prambanan, dimana pada jaman dulu dataran di timur Yogyakarta ini diperkirakan sebagai pusat peradaban masa lalu Kerajaan Mataram. Karena sekitaran dataran tersebut banyak ditemukan candi dan situs purbakala, salah satu temuan paling terkenal adalah Candi Prambanan. Dipercaya daerah Prambanan kawasan budaya klasik yang indah dengan sejarah panjang.

Candi Prambanan dibangun pada masa Wangsa Sanjaya oleh Rakai Pikatan, sekitar abad 8 Masehi pertengahan. Bangunan candi besar dengan arsitektur indah mengagumkan, berdiri megah diatas area yang luas. Candi Hindu ini memiliki nama asli Siwagrha, yang berarti rumah Siwa berdasarkan prasasti Siwagrha. Dipersembahkan untuk Dewa Siwa. Candi Siwa paling tinggi dan besar.

Candi yang ada di komplek Candi Prambanan berjumlah 240 candi. Terdiri dari candi besar dikelilingi oleh formasi candi kecil. Candi utama tiga yaitu Candi Brahma, Candi Wisnu dan Candi Siwa. Candi kecilnya 237 diantaranya 3 Candi Wahara, 2 Candi Apit, 4 Candi Kelir, 4 Candi Patok dan 224 Candi Perwara. Selain relief Ramayana dan epos Mahabarata, sejarah panjang masa silam pun terekam di relief Candi Prambanan.

Diketahui terdapat arca Durga. Candi Prambanan juga disebut Candi Rara Jonggrang. Sebuah cerita rakyat yang populer dikalangan masyarakat sekitar candi, yaitu legenda Roro Jonggrang. Ini menceritakan kisah cinta putri Ratu Boko Rara Jonggrang dengan Bandung Bondowoso. Mau menerima cintanya dengan satu syarat, Roro Jonggrang meminta kepada Bandung Bondowoso untuk dibuatkan seribu candi dalam waktu semalam.

Disamping itu, rutin ada pagelaran Sendratari Ramayana yang dipentaskan di sebelah barat Candi Prambanan, tepatnya di Panggung Roro Jonggrang. Peroleh tiket masuk, baru menikmati pertunjukan seni tersebut.

Jika traveling ke Jogja, mesti berkunjung tempat bersejarah ini.