Home » Traveling » Pantai Parangtritis, Laut Selatan Yang Legendaris Itu

Pantai Parangtritis, Laut Selatan Yang Legendaris Itu


Liburan ke Jogja, Pantai Parangtritis mesti Anda kunjungi. Selain indah, Laut Selatan Jawa ini identik dengan tradisi labuhan dan folklore Nyi Roro Kidul.

Letak Pantai Parangtritis di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dari Kota Jogja ke selatan sekitar 30 km, berada dekat Gumuk Pasir dan Pantai Parangkusumo, tetapi tak jauh dari Bukit Parangendok.

Bagi masyarakat pesisir, Pantai Selatan Jawa dipercaya sebagai pantai suci. Sampai sekarang ini tradisi upacara adat labuhan masih dijalankan, diantaranya Labuhan Ageng, Alit, Bhekti Pertiwi Pesusung Jaladri, serta Upacara Melasti.

Identik sama legenda Kanjeng Ratu Kidul, Nyi Roro Kidul atau Nyai Loro Kidul, dan Nyi Blorong. Ada pantangan, saat berkunjung tidak dianjurkan mengenakan pakaian warna tertentu (hijau), konon Ratu Pantai Selatan menyukai warna tersebut. Jika ombak besar jangan mendekat, itu larangan.

Sebagai pembuka, pandangan akan dimanjakan beberapa spot menarik. Berupa tulisan besar “Pantai Parangtritis” dengan latar belakang pemandangan Laut Selatan yang legendaris itu. Disebelah timur barisan perbukitan, bila menghadap ke barat hamparan lautan pasir.

Cobalah jalan-jalan menyusuri tepian pantai dari timur ke barat, ataupun sebaliknya. Ada apa saja disana. Juga rasakan sensasi seru naik kuda Andong, mengendarai motor ATV sewaan, bermain layang-layang, selancar hingga camping. Malahan terkadang ada festival olahraga udara, paralayang dan gantole.

Atau memilih bersantai di gazebo sembari menikmati kuliner seafood enak. Sebelum kembali pulang, beli oleh-oleh dulu. Jika ingin tetap bertahan, di waktu senja sunset Pantai Parangtritis indah sekali.

Traveling kesini yuk.