Pantai Parangtritis Bantul, Laut Selatan Jawa Yang Legendaris Itu

Satu destinasi yang tidak boleh dilewatkan ketika liburan ke Jogja yakni obyek wisata Pantai Parangtritis di Bantul. Selain indah, Laut Selatan Jawa melegenda ini ikonik sama tradisi labuhan dan folklore Kanjeng Ratu Kidul.

Baru perdana traveling ke Yogyakarta, Pantai Parangtritis mesti Kamu datangi. Tahu kenapa, karena memiliki keindahan sensasional. Biasanya mereka yang sudah ke Parangtritis, pasti tertarik kembali nostalgia. Termasuk wisata Yogyakarta unggulan, populer serupa dengan Keraton Yogyakarta, Malioboro, Candi Prambanan, Borobudur. Terus kultur historis dan keseruan atraksi.

Sedangkan letak Pantai Parangtritis di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Dari Kota Jogja ke selatan sekitar 30 km, berada dekat Gumuk Pasir, Pantai Parangkusumo, dan Bukit Parangendok. Bila dari wilayah jauh naiklah pesawat, akses menuju lokasi mudah. Daerahnya didukung akomodasi penginapan hotel, restoran, sampai rental mobil motor.

Menjadi incaran wisatawan, entah libur nasional, akhir pekan maupun hari reguler tetap ramai. Bukankah itu menunjukkan bahwa keelokan Pantai Parangtritis mengundang penasaran semua orang. Rekreasi ke Segoro Kidul (Laut Selatan) bukan hanya sekedar memandangi panorama pantai saja, melainkan dapat mengenal tentang sejarah dan tradisi budaya pesisir yang ada.

Bagi masyarakat pesisir, Pantai Selatan Jawa dipercaya sebagai pantai suci. Sampai sekarang tradisi upacara adat labuhan masih digelar meriah diantaranya Labuhan Ageng, Alit, Bhekti Pertiwi Pesusung Jaladri, serta Upacara Melasti. Berkunjunglah di waktu yang tepat, apabila ingin menonton deretan atraksi wisata budaya di Jogja tersebut. Beruntung sekali bisa berjumpa.

Jikalau mendengar nama Pantai Selatan Jawa, langsung terlintas dalam pikiran Anda fokus pada Kanjeng Ratu Kidul. Tanpa disadari memang begitulah kenyataannya. Juga selalu dikaitkan dengan Panembahan Senopati (Kasultanan Mataram) dan Keraton Yogyakarta. Konon, tempat bertemunya Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul berada di Pantai Selatan Jawa.

Laut Selatan ikonik sama legenda Kanjeng Ratu Kidul, Nyi Roro Kidul atau Nyai Loro Kidul, dan Nyi Blorong. Ada pantangan, saat berkunjung tidak dianjurkan mengenakan pakaian warna tertentu (hijau), konon Ratu Pantai Selatan menyukai warna tersebut. Jika ombak besar jangan mendekat, itu larangan. Unik memang destinasi di daerah Bantul ini.

Pertama kali menyapa Pantai Parangtritis. Sebagai pembuka, pandangan akan dimanjakan beberapa spot foto instagramable. Berupa tulisan besar “Pantai Parangtritis” dengan latar belakang pemandangan Laut Selatan yang legendaris itu. Disebelah timur barisan perbukitan, bila menghadap ke barat hamparan lautan pasir. Semua dalam kesatuan view cantik, ekspetasi zaman now.

Setelah berfoto selfie ria dan ngevlog. Cobalah jalan-jalan menyusuri tepian pantai dari timur ke barat, ataupun sebaliknya. Temukan pengalaman uniknya, ada apa saja disana. Juga rasakan sensasi seru naik kuda Andong, mengendarai motor ATV sewaan, bermain pasir, layang-layang, sepakbola, voli, dan rileks duduk dibawah payung warna-warni memandangi pantai.

Bagi Kalian yang menyukai wisata minat khusus, ombaknya cukup ideal buat selancar. Ingin lebih menantang, Pantai Parangtritis berdekatan sama lokasi landasan paralayang. Malahan terkadang ada festival olahraga udara, paralayang dan gantole. Jika senang kemah, tempatnya asyik untuk camping. Pagi hari terlihat sunrise, sedangkan di langit malam nampak formasi bintang milky away.

Diatas, memang tema menantang. Atau memilih bersantai di gazebo, sembari menikmati kuliner seafood enak khas setempat. Terakhir sebelum kembali pulang piknik adalah beli oleh-oleh terlebih dahulu misalnya ikan, batik, pernak-pernik kerajinan souvenir. Oh ya, jika ingin tetap bertahan, di waktu senja sunset Pantai Parangtritis indah sekali. Sayang dong, kalau dilewatkan begitu saja.

Tertarik traveling kesini?