Goa Kalak Pacitan, Angker Tapi Stalagmit Stalagtitnya Bagus

Satu nomor lagi destinasi di Kota Seribu Goa yang mesti Anda kunjungi, wisata alam di Pacitan itu namanya Goa Kalak. Walaupun lokasinya angker namun stalagtit stalagmitnya indah.

Masih bingung mencari ide obyek wisata mana yang harus disambangi untuk mengisi waktu liburan. Tidak ada salahnya pergi traveling ke daerah Pacitan, mengunjungi Goa Kalak. Dimana Kamu akan dimanjakan indahnya stalagmit stalagtit goa, historis masa lalu dan tempatnya bernuansa spiritual. Meskipun anti-mainstream patut Kalian coba datangi.

Letak Goa Kalak di Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Akses jalan mudah, rute jalannya masih satu jalur menuju Pantai Klayar. Berada tidak jauh dari Goa Gong dan Goa Tabuhan, hanya terpaut jarak beberapa kilometer saja. Untuk perjalanan mencapai lokasi sebaiknya naik mobil/motor. Jangan sendirian, ajaklah teman agar meriah.

Bagi penikmat wisata alam, tentu keelokan Goa Kalak memiliki kesan tersendiri. Begitu juga mereka yang senang terhadap wisata sejarah dan budaya. Tak jarang traveler penasaran datang berkunjung. Cukup ramai terutama pada hari libur nasional maupun akhir pekan. Kalau boleh dibilang keindahannya sama bagusnya dengan tempat wisata lainnya.

Kawasan Gunung Sewu Geopark merupakan sebuah perbukitan karst yang terkenal banyak ditemukan goa. Salah satunya Goa Kalak, punya keunikan yakni perpaduan alam dengan budaya. Berupa stalakmit stalaktit eksotis dan tempat pertapaan. Suasana hening menyelimuti sekitar goa, enak untuk refreshing. Apalagi rindangnya pepohonan membuat udara sejuk. Temukan spot unik untuk berfoto, asyiknya selfie atau ngevlog ya.

Tak perlu takut, walaupun terlihat seram alias tempatnya angker sangat wingit. Datang kemari tujuannya ingin menikmati pemandangan alam batuan goa, ingin tahu indahnya stalagmit stalagtit Goa Kalak di Pacitan lebih dekat. Beragam pesona bentuk rupa bebatuan mineral dalam goa bisa Anda saksikan langsung. Jadi pengalaman baru, bisa mengenal wawasan geologi.

Stalagmit pembentukannya tumbuh dari bawah ke atas. Dapat dilihat lantai goa, terbentuk kumpulan kalsit (kalsium karbonat) yang berasal dari air yang menetes. Sedangkan Stalagtit menggantung pada langit-langit goa kapur, terbentuknya dari larutan air kalsium karbonat (air kapur) dan mineral lainnya yang mengendap. Unik, fenomena reaksi tersebut terjadi secara alami, prosesnya selama ratusan tahun. Sebenarnya tema wisata geologi itu menyenangkan.

Lebih menarik lagi, jika melihatnya dari segi historis dan kultur. Bahwa pada jaman dulu Goa Kalak itu merupakan tempat untuk bertapa atau meditasi. Sekaligus dipercaya sebagai lokasi petilasan Prabu Brawijaya pada masa Kerajaan Majapahit. Ternyata memiliki nilai historis sekaligus spiritual, tempat sakral. Ini termasuk cagar budaya yang mesti dilestarikan.

Itulah salah satu wisata alam sekaligus tempat bersejarah yang ada di Pacitan. Meskipun angker tetapi stalagtit stalagmit Goa Kalak bagus.

Tertarik, jalan-jalan kesini yuk.