Home » Traveling » Pegunungan Menoreh Kaya Destinasi Wisata Menarik

Pegunungan Menoreh Kaya Destinasi Wisata Menarik


Perbukitan Menoreh cagar alam yang kaya destinasi wisata menarik. Kini kepopuleran Pegunungan Menoreh mulai mengikuti taman bumi Gunung Sewu Geopark yang ada di Gunungkidul, dan TN Gunung Batur Geopark di Bali.

Bentangan alam Pegunungan Menoreh sebagian besar berada di Daerah Istimewa Yogyakarta wilayah Kulonprogo, sedangkan lainnya lagi terletak di Jawa Tengah daerah Purworejo dan Magelang. Batas alami antara kedua Propinsi di Pulau Jawa ini Perbukitan Menoreh. Sebagian besar merupakan cagar alam yang kaya keanekaragaman hayati, sebagian lagi menjadi pemukiman, dan dijadikan obyek wisata.

Oh iya, biasanya tempat-tempat istimewa itu mempunyai kisah cerita tersendiri, seperti sejarah menariknya ataupun legenda cerita rakyat folklorenya. Dahulu kala di Perbukitan Menoreh dikenal dalam sejarah sebagai basis pertahanan Pangeran Diponegoro bersama pengikutnya. Selain itu, menarik lagi kalau dilihat dari Candi Borobudur dipercaya barisan puncak bukit Pegunungan Menoreh itu menyerupai perwujudan sosok yang sedang tidur. Dipercaya ada keterkaitannya dengan Borobudur.

Pesona alamnya hampir serupa dengan Gunung Sewu. Kawasan Pegunungan Menoreh meliputi ratusan bukit-bukit, ngarai, sungai, air terjun, goa, hutan, telaga, satwa, tumbuhan dan lain sebagainya tentunya sangat khas. Bila dicermati sungguh menarik Pegunungan Menoreh itu, di cagar alamnya terdapat keanekaragaman flora dan fauna. Jika beruntung Anda akan menjumpai fauna langka seperti burung Kacer, Elang Jawa, kera, ayam alas, landak, biawak, dan lainnya. Sedangkan flora khasnya seperti manggis, durian Menoreh, pohon pinus, cengkeh, dan lain sebagainya. Mudah-mudahan kelestarian alamnya tetap terjaga.

Pegunungan Menoreh ketenarannya kini mulai dikenali banyak khalayak dan populeritas destinasi wisatanya pelan-pelan mulai mengikuti taman bumi Gunung Sewu Geopark yang ada Gunungkidul, Gunung Batur Geopark Bali, dan Gunung Rinjani di Lombok. Sebagian untuk pemukiman, sebagian besarnya cagar alam, dan sebagian kecilnya menjadi obyek wisata menarik seperti yang sudah terkenal diantaranya Wisata Alam Kalibiru, Puncak Suroloyo, Sungai Mudal, Air Terjun Kedung Pedut, Kembang Soka, Grojogan Sewu, Kebun Teh Nglingggo, Goa Kiskendo, Hutan Pinus Girimulyo, dan wisata baru tersembunyi lainnya.

Trend kunjungan wisata ke Kulonprogo terus meningkat drastis dari waktu ke waktu. Di kawasan Perbukitan Menoreh tak hanya kaya akan pesona wisata alam, tetapi juga kaya akan wisata budaya khas daerah. Kearifan lokal masih lestari, terus diperkenalkan dan dipopulerkan. Kehidupan masyarakat daerah setempat, keramahan, kesenian daerah, kerajinan, kuliner khas Kulonprogo, hingga festival budaya lainnya. Paling terkenal oleh-oleh khas Kulonprogo ialah jajanan Geblek. Setiap tahunnya ada agenda Festival Durian Kulonprogo di Banjaroya Kalibawang, durian Menoreh. Sedangkan tari khas Kulonprogo adalah tari Angguk.

Selain destinasi wisata alam dan atraksi budaya seni, terus apalagi yang menarik di Pegunungan Menoreh. Ingin sensasi suasana beda lebih menantang, wisatawan dapat menikmati tipe wisata minat khusus seperti downhill mountain bike, canyoning, trekking, tubing, rafting, outbond, flying fox dan lain-lain. Kategori petualang, juga ada model ekowisata, lho. Tak membosankan, liburan seru-seruan di alam terbuka itu memang mengasikkan. Berani mencoba?

Itulah pesona Pegunungan Menoreh yang kaya akan destinasi wisata menarik. Tertarik, datanglah.