Home » Traveling » Pantai Ngobaran Gunungkidul, Wisata Pantai Sekaligus Budaya

Pantai Ngobaran Gunungkidul, Wisata Pantai Sekaligus Budaya


Tertarik destinasi bahari dan wisata budaya, datanglah plesiran ke Pantai Ngobaran di Gunungkidul. Menyapa indahnya bangunan khas nusantara tepi tebing Laut Selatan Jawa, suasana tempatnya mirip Bali.

Letak Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Bersisian di sebelah timur Pantai Nguyahan. Akses menuju lokasinya mudah, terus dalam perjalanan akan melewati Gunung Sewu Geopark.

Menjadi daya tarik baru traveler, karena memiliki keunikan beda. Pantai Ngobaran menyuguhkan pemandangan Pantai Selatan Jawa yang keindahan tebingnya menyatu dengan beragam bangunan nusantara nuansa spiritual. Nuansa lokasinya terasa di Pulau Dewata, seperti Uluwatu.

Semua bangunan ikonik tepi laut itu memiliki sentuhan arsitektur khas nusantara, dihiasi aksen ukiran dan pahatan. Mulai dari gerbang gapura, pelataran, pendopo, tangga, stupa, naga, patung, candi, tentunya juga dekorasi ornamen cantik menghiasi sepanjang tebing. Ditambah ngarai Pantai Ngobaran eksotis, spot panorama laut semakin bagus.

Selain bersantai, cobalah jelajah sekitar area, ada atraksi menarik apa disana. Tema pilgrimage tourism sekaligus wisata sejarah. Apalagi waktu senja, kesempatan untuk menyaksikan sunset Pantai Ngobaran. Ini salah satu barisan Pantai Selatan Jawa yang ada di bumi Handayani, konon dipercaya sebagai tempat petilasan Prabu Brawijaya penguasa Kerajaan Majapahit.

Dari deretan pantai selatan di Gunungkidul, rata-rata semuanya bagus. Sama menariknya dengan obyek wisata terkenal. Bukan sekedar destinasi alternatif, melainkan sebagai tujuan wisata pilihan utama. Itulah Pantai Ngobaran, wisata pantai sekaligus budaya.

Jadi harus liburan kesini.