Pantai Ngobaran Gunungkidul, Wisata Pantai Sekaligus Budaya

Jika Anda tertarik destinasi pantai dan wisata budaya, datanglah traveling ke Jogja. Mengunjungi Pantai Ngobaran di Gunungkidul, menyapa indahnya bangunan kultural di tepi Laut Selatan Jawa.

Sekarang destinasi bertema alam dan budaya semakin digandrungi traveler milenial. Tempat rekreasi yang seperti itu gampang ditemukan di Yogyakarta, lebih spesifiknya wilayah pesisir Gunungkidul. Salah satunya Pantai Ngobaran, dimana obyek wisata pantai ini menjanjikan keindahan historis, kultur dan alam. Suasana tempatnya seperti di Bali.

Letak Pantai Ngobaran di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Berada bersebelah dengan Pantai Nguyahan dan Pantai Ngrenehan. Akses jalan menuju lokasi mudah, untuk mencapai tujuan pakailah bus/mobil/motor. Nanti dalam perjalanan akan melewati kawasan Gunung Sewu Geopark. Bila berasal dari daerah jauh, naiklah pesawat.

Pantai Ngobaran termasuk destinasi pantai di Gunungkidul terkenal, polulernya mengikuti Pantai Indrayanti, Kukup dan Baron. Terutama pada hari libur nasional dan akhir pekan, ramai dikunjungi wisatawan. Yang datang itu tak hanya pelancong domestik saja, tetapi terkadang turis mancanegara. Daya tarik pantainya unik, bangunan bernuansa budaya di setiap sudutnya.

Menjadi daya tarik baru traveler, karena mempunyai keunikan beda. Pantai Ngobaran menyuguhkan pemandangan Pantai Selatan Jawa yang keindahan tebingnya menyatu dengan beragam bangunan bernuansakan budaya sekaligus spiritual. Tradisi ritual pun dijalankan sebagaimana mestinya, disamping itu memiliki nilai sejarah. Nuansa lokasinya terasa di Pulau Dewata, seperti Uluwatu.

Semua bangunan ikonik di Pantai Ngobaran itu memiliki sentuhan arsitektur khas nusantara, dihiasi aksen ukiran dan pahatan. Mulai dari gerbang gapura, pelataran, pendopo, tangga, stupa, naga, patung, Pura, Candi, tentunya juga dekorasi ornamen cantik menghiasi sepanjang tebing. Kalau boleh dibilang atraksi budaya ini mempertegas keindahan Pantai Ngobaran.

Menariknya lagi, pada waktu tertentu diadakan labuhan laut dan upacara Melasti di Pantai Ngobaran. Serta digelar meriah ada arak-arakan gunungan, larung, gamelan, kirab budaya lainnya. Itulah tema pilgrimage tourism. Sedangkan untuk wisata sejarah, ternyata di Pantai Ngobaran inilah tempat petilasan Prabu Brawijaya V, Raja Kerajaan Majapahit.

Selanjutnya, meskipun pantainya kecil, tetapi Pantai Ngobaran menampilkan pemandangan indah berupa batuan karang di pantainya. Panorama laut, tebing-tebing eksotis. Cobalah jalan-jalan eksplor sekitar kawasan, siapa tahu menjumpai spot foto instagramble. Tertarik ingin melihat sunset Pantai Ngobaran, silahkan. Senja warna langit semburat memerah, cantik sekali.

Itulah Pesona Pantai Ngobaran di Gunungkidul. Tidak hanya bagus, tetapi juga unik. Kapan Kamu liburan kesini.