Home » Traveling » Sewu Kitiran Bantul, Tempat Festival Budaya di Jogja Ini Unik Mirip Bangunan Heritage

Sewu Kitiran Bantul, Tempat Festival Budaya di Jogja Ini Unik Mirip Bangunan Heritage


Ada satu lagi tempat menarik di Jogja yang berhubungan dengan budaya yaitu panggung terbuka untuk festival Sewu Kitiran di Desa Wisata Kedungmiri. Bangunannya benar-benar unik, menyerupai situs arkeologi yang ada di belahan dunia lain. Letaknya di Imogiri, tak jauh dari Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan.

Yakin, para traveler pasti suka tempat yang unik lain dari pada yang lain. Cobain deh, sekali-kali jalan-jalan ke daerah Imogiri Bantul Yogyakarta. Tetapi yang dituju bukan ke Kebun Buah ataupun ke Hutan Pinus Imogiri, melainkan datang ke suatu tempat yang biasanya digunakan untuk acara festival budaya Sewu Kitiran. Festivalnya diadakan setahun sekali.

Ingin tahu lokasinya ada dimana? Berikut alamat letak Sewu Kitiran itu ada di Dusun Sompok atau Kedungmiri, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Sepertinya lokasinya masih di kawasan Gunung Sewu Geopark bagian barat. Membahas terlebih dahulu festival budayanya, barulah tempatnya. Biasanya yang dipentaskan dalam festival itu beberapa kesenian tradisional, seperti pertunjukan Ketoprak, Karawitan, Gejok Lesung, Jathilan dan lain sebagainya. Termasuk mempopulerkan kembali kuliner khas daerah setempat. Bagi penikmat festival budaya, jangan lupa datang ketika festival budaya tahunan itu diadakan.

Tempat untuk festival Sewu Kitiran ini benar-benar unik, bangunannya itu sangat menarik. Pertama kali menyaksikan sampai terkagum-kagum enggak habis pikir, ketika menyambangi langsung dari dekat. Benar-benar misterius, pasalnya belum pernah menjumpai tempat unik yang seperti ini. Termenung sejenak di lokasi yang istimewa itu, sambil menikmati alam terbuka sekitar. Panggung terbuka untuk festival budaya Sewu Kitiran itu menyerupai bangunan heritage, kalau boleh dibilang mirip situs arkeologi yang ada di belahan dunia lain, seperti tempat misterius terasering Moray di Peru ataupun Colosseum di Italia. Tak beda jauh.

Bukan seperti Candi ataupun Punden Berundak yang jelas, apalagi piramid. Kalau dicermati secara langsung dari dekat, bangunan Sewu Kitiran ini merupakan panggung terbuka ini berdiri ditanah yang luas, sekitar 600 meter persegi. Dibangun tepat disamping lereng perbukitan dengan pemandangan alam yang indah. Banyak pohon kelapa yang tumbuh disekitar lereng bukit, terasering bebatuan tampak tertata rapi dan disekitarnya ada persawahan.

Panggung terbuka Sewu Kitiran ini mempunyai pola bentuk melingkar, banyak bebatuan persegi yang ditata rapi membentuk formasi empat tingkatan lingkaran, yang paling bawah dipermukaan tanah adalah pola lingkaran paling kecil sedangkan lingkaran terbesar diposisi atas.

Juga ada tempat duduknya yang menghadap ke lingkaran tempat pertunjukkan budayanya. Kalau dihitung, tempat duduknya ada 48 buah, berjajar horisontal 8 barisan kelompok perbaris 6 tempat duduk. Terbagi menjadi dua bagian sisi kanan dan kiri. Sisi kanan ada 24 buah, begitu juga dengan sisi kiri ada 24 buah tempat duduknya. Lalu dari masing-masing 24 tempat duduk itu, terbagi lagi 4 horisontal bagian barisan tempat duduk ke samping, yang masing-masing bagian terdiri dari 6 barisan vertikal tempat duduk dari atas ke bawah. Jadi melihat pertunjukkan budayanya lebih nyaman.

Kemudian disana ada kitiran raksasa (baling-baling besar) yang berdiri di samping lingkaran yang paling besar. Lalu menengok sisi ngarai perbukitan itu nampak terdapat tulisan besar, yang kalimatnya kalau diucapkan berbunyi “Festival Sewu Kitiran”. Lokasinya bagus banget, unik dan seru. Perpaduan obyek wisata alam dengan wisata budaya. Cocok buat kalian yang suka foto-foto. Pasang aksi terbaik, untuk kenangan terindah. Wah, apalagi suasananya masih jauh dari keramaian, alias sunyi dan masih asri. Tempat paling tepat untuk refreshing.

Yang pasti, menarik sekali tempat untuk festival Sewu Kitiran itu. Perlu diingat-ingat, jangan sampai terlewat nonton festival budayanya, cari tahu kapan diadakannya. Tempat menarik traveling itu hanya ada di Jogja lho. Tak beda jauh dengan bangunan heritage yang ada di belahan dunia lain. Berkunjung ya!