Sewu Kitiran Bantul, Tempat Festival Budaya di Jogja Unik

Ada satu lagi tempat menarik di Jogja yang berhubungan dengan budaya yaitu panggung terbuka festival Sewu Kitiran di Desa Wisata Kedungmiri. Bangunannya unik, menyerupai situs arkeologi. Letaknya di Imogiri, tak jauh Hutan Pinus dan Kebun Buah Mangunan.

Traveler pasti suka destinasi unik. Coba, sekali-kali jalan-jalan ke daerah Imogiri Bantul. Tetapi yang dituju bukan Kebun Buah ataupun Hutan Pinus Imogiri, melainkan pergi ke suatu lokasi yang biasanya digunakan untuk acara festival budaya Sewu Kitiran, diadakan setahun sekali. Jika Kamu penikmat festival budaya, jangan lupa datang melihat.

Ingin tahu lokasinya dimana? Alamat letak Sewu Kitiran di Dusun Sompok atau Kedungmiri, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Masih di kawasan Gunung Sewu Geopark bagian barat. Jalan menuju tujuan mudah, bila Anda dari Jogja Kota bisa langsung meluncur ke lokasi. Jika traveling kesini sebaiknya jangan sendirian, ajaklah kawan biar meriah.

Meskipun kurang populer, Sewu Kitiran mempunyai keunikan tersendiri. Lebih menjanjikan. Malahan menjadi incaran oleh para traveler milenial, khususnya yang antusias pada destinasi anti-mainstream. Disamping melihat festival budaya Sewu Kitiran, tidak jarang mereka yang berkunjung ke tempat festival ini untuk berwisata menikmati pemandangan alam.

Tempat festival Sewu Kitiran ini memiliki bangunan unik, pertama kali melihat pasti kagum. Terlihat misterius, aneh. Panggung alam terbuka ini formasi batuan berbentuk setengah melingkar, kalau boleh dibilang mirip bangunan heritage cagar budaya. Yang jelas tidak seperti Candi ataupun Punden Berundak, apalagi piramid. Kurang lebih serupa Telatar Seneng Tebing Breksi.

Kalau dicermati lebih dekat, bangunan Sewu Kitiran merupakan panggung terbuka berdiri ditanah yang cukup luas. Bentuknya setengah lingkar, samping lereng perbukitan dengan pemandangan alam indah. Tak sedikit wisatawan yang datang memanfaatkan indahnya Sewu Kitiran untuk berfoto selfie maupun ngevlog. Cobalah eksplor sekitar kawasan, temukan spot foto instagramable.

Ditambah pepohonan kelapa tumbuh sekitar lereng bukit, diikuti terasering bebatuan tertata rapi dan persawahan. View idaman traveler. Oh iya, ada kitiran raksasa (baling-baling besar) yang berdiri di samping panggung terbuka. Lalu sisi bukit nampak tulisan besar kalimatnya diucapkan berbunyi “Festival Sewu Kitiran”. Desanya asri, suasana jauh dari keramaian, tepat buat resfreshing.

Bersamaan dengan Festival Kitiran Sewu, biasanya juga dipentaskan kesenian tradisional seperti pertunjukkan Ketoprak, Karawitan, Gejok Lesung, Jathilan, serta lainnya. Yang jelas menambah daya tarik kemeriahan festival. Disamping itu termasuk kuliner khas daerah setempat pun dikenalkan. Dengan adanya festival ini berarti menambah daftar baru atraksi wisata budaya di Jogja.

Yang pasti tempat untuk festival Sewu Kitiran itu unik dan menarik. Terus, kapan Kamu datang kesini?