Tips Mendaki Gunung Yang Mesti Anda Ketahui

Bagi sebagian orang, mendaki gunung adalah sebuah petualang kecil yang menyenangkan. Menikmati serunya perjalanan trekking menaiki bukit menanjak, melewati belantara hutan, sesekali dimanjakan pemandangan alam indah yang tak terduga.

Sampai di puncak gunung merupakan impian setiap pendaki. Sudah melalui rintangan, akhirnya dapat melihat sunrise pagi hari, eloknya landscape, sabana rumput, kaki langit, hingga cantiknya langit malam bulan bintang milky way eksotis. Namun, ada beberapa hal yang mesti Anda ketahui sebelum pergi naik gunung. Apa saja yang perlu dipersiapkan dan perlengkapan yang harus dibawa dan pakai. Diantaranya:

Persiapan Yang Harus Dilakukan

1. Ijin terlebih dahulu kepada keluarga, dukungan penting. Beritahu mereka melalui telpon (ponsel), bila terjadi perubahan posisi tempat dimana saja. Tetap terpantau. Juga manfaatkan tracking map, memudahkan perjalanan. Intinya selalu komunikasi.

2. Budget, mental dan kebugaran tubuh yang mendukung. Anggaran yang cukup untuk mendaki. Latihan fisik jauh hari sebelum berangkat, misalnya senam, lari, menaiki tangga dan angkat beban. Bila perlu cek kesehatan, konsultasi ke dokter. Selanjutnya tinggal semangat keberanian Anda. Oh ya, waspadai juga resiko hipotermia, mountain sickness, edema paru, dehidrasi, badan kelewat panas serta lainnya. Termasuk ketahui dan pelajari bagaimana cara menanggulanginya.

3. Pastikan cuaca bersahabat. Perhatikan prakiraan cuaca update. Pada musim tertentu yang kurang baik, jangan lakukan pendakian. Sangat beresiko.

4. Baca buku tentang pendakian survival bushcraft, pelajari agar wawasan pengetahuan lebih luas. Ketahui segala informasi gunung yang akan didaki, mematuhi prosedur keselamatan, tata tertib dan aturan yang harus ditaati. Hormati adat istiadat budaya setempat. Etika sikap dan perilaku harus dijaga. Jangan buang sampah sembarang, dilarang corat-coret dan vandalism. Jangan memetik bunga eldewis atau mengambil apapun yang ada digunung, kecuali memotret.

5. Bila belum pernah mengunjungi gunung yang akan dinaiki. Saran, sebaiknya ajaklah yang sudah berpengalaman digunung itu, atau bersama pemandu yang ada disana. Lebih nyaman dan aman. Penting perlu diingat, jika berombongan jangan terpisah dari rombongan. Pilihlah berangkat dari jalur pendakian resmi. Sebelum dimulai berangkat saat di basecamp resmi pendakian awal, harus mengisi formulir dan meninggalkan kartu identitas (fotocopy/salinan id), alamat rumah dan nomor telepon (diri sendiri, keluarga/saudara) yang bisa dihubungi.

Perlengkapan Yang Perlu Dibawa

1. Alat naik gunung itu tenda doom, sleeping bags, matras, terpal, ransel (60ltr/100ltr), tas kecil selempang, jaket, raincoat mantel, sweater, kemeja+kaos+celana outdoor (panjang/pendek), sendal/sepatu gunung, topi, beani kupluk penutup kepala, syal, masker, 2x kaos tangan, 2x kaos kaki, sarung, dan lainnya.

2. Peralatan kemping memasak, nesting set (nesting stainless, portable kompor gas/parafin, cangkir stainless, sendok, garpu, pisau), tempat air jrigen botol plastik (5ltr, 4x 1,5ltr, 600ml), filter air portable, korek api/pemantik api survival, 2x senter dengan baterai cadangan, gas cadangan memasak/bahan bakar parafin cadangan, lampu badai, lilin, spirtus, tisu, kertas, kantong plastik, sekop kecil, peluit, tali, carabiner, dan tongkat.

3. Kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakan), obat ringan (balsem, minyakangin, batuk, flue, penurun panas, asma, maag, sakit perut, gatal, alergi, antibiotik, salep, obat merah, plester, perban, kapas), losion anti nyamuk, inhaler asma, oksigen portable tabung kecil, dan tembakau (bila terkena lintah).

4. Persediaan logistik makanan dan minuman secukupnya untuk selama perjalanan pergi-pulang, utamakan yang bergizi dan bervitamin. Diantaranya ransum, sayuran, pasta, kornet, sarden, cokelat, keju, roti, biskuit, snack, permen, susu, kopi, teh, gula, garam, air, buah (apel, pir, jeruk), serta lain-lain. Jika ekspedisinya beberapa hari, bawalah logistik lebih.

5. Jurnal perjalanan, buku bacaan, pensil, buku panduan, kompas, kertas peta manual, gps, radio handy talky, aplikasi map di smartphone, dan solar panel surya portable. Bawalah powerbank berkapasitas besar, sedangkan untuk pecinta fotografi dan sinematic bawalah baterai kamera cadangan lebih (dslr, drone, action camera).

Tips: Ketika packing penempatan itemnya jangan sampai salah tempat dan jangkauannya mudah diambil bila dibutuhkan. Bawalah yang diperlukan saja. Mungkin Anda memiliki perspektif sendiri.

Itulah sejumlah tips mendaki gunung yang mesti Anda ketahui. Semoga membantu.