Home » Travel Tips » Tips Solo Traveling, Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan

Tips Solo Traveling, Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan


Jalan-jalan memang salah satu aktivitas yang menyenangkan, bagaimana jika perjalanan itu dilakukan sendirian? Menariknya apa? Solo Traveling itu lebih enak, karena dapat memutuskan kemana saja tujuan wisata yang kita inginkan dan tanpa dibatasi oleh rencana yang biasanya dilakukan kalau bersama-sama.

Selain itu, hal-hal menarik, unik dan baru mudah untuk dijumpai. Seperti halnya, pengalaman berinteraksi sosial bersama orang-orang baru, bahkan memperoleh kawan baru ketika kita melakukan solo traveling. Terkadang, malahan memperoleh inspirasi sehabis dari tempat traveling. Cukup menarik, bukan. Tetapi, untuk melakukan perjalanan sendirian itu diperlukan adanya persiapan diantaranya:

1. Sebelum melakukan perjalanan wisata, sebaiknya menulis pesan kemana tujuan travelingnya dan harus berpamitan dengan keluarga atau teman kita. Hal ini sangat penting, jangan diremehkan. Terus, bila ada perubahan dengan jadwal perjalanan, segera beritahu mereka. Jadi keberadaan kita tetap terpantau. Untuk jaga-jaga saja, apabila terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Jadi, nomor yang paling awal ini paling utama yang harus diperhatikan.

2. Menempatkan uang di tempat yang aman, bawa nominal secukupnya. Simpanlah uang pada tempat-tempat yang aman, kalau bisa jangan disatu tempat yang sama, termasuk kartu bank. Jangan memperlihatkan uang secara keseluruhan, didepan orang yang tidak dikenal. Kalau bisa bawa uang kecil, tentunya sangat dibutuhkan suatu saat nanti. Kalau membayar/berbelanja sesuatu, sebaiknya bayar dengan uang pas.

3. Semua keperluan ditaruh pada tas small day pack dan backpack. Jika traveling sendirian kedua alat tersebut sangat diperlukan untuk menaruh barang bawaan. Untuk tas small day pack itu wajib selalu nempel bersama kamu, jangan sampai terlepas. Isilah barang yang sekira dibutuhkan nanti. Bila menginap di hotel, tas backpack tidak perlu diajak jalan-jalan. Tas small day pack saja sudah cukup.

4. Lebih baik bawa bekal makanan dan minuman sendiri. Agar tidak terlalu konsumtif, sehingga biaya dapat dialihkan untuk kebutuhan yang lain. Jumlahnya yang dibawa jangan terlalu banyak, ya kira-kira secukupnya saja. Sebaiknya Anda tidak menerima paket apapun, baik itu makanan atau minuman dari orang asing yang belum Anda kenal sebelumnya.

5. Jangan mengenakan pakaian terlalu mencolok yang membuat banyak perhatian, kalau bisa jangan sampai salah kostum. Jadi pilihlah sesuai dengan tempat yang akan disambangi, nampaknya lebih tepat. Perlu diingat juga, jangan pakai perhiasan berharga, alangkah baiknya yang sederhana saja. Itu membuat atmosfir suasananya nyaman dan kondusif.

6. Jangan kasih tahu orang yang tak di kenal, kalau sedang melakukan solo traveling. Kalau ditanya, menjawabnya sedang menunggu keluaga atau sahabat yang sedang datang bersama rombongan menuju kemari. Pintar pintar saja untuk menempatkan posisi keberadaan Kita. Untuk mencegah sesuatu hal yang tidak diharapkan.

7. Jangan terlalu sering menunjukkan gadget seperti ponsel, kamera ataupun lainnya, yang sekiranya terbilang mahal. Sebaiknya simpanlah didalam tas atau tempat tertutup jika tidak digunakan. Biasanya di tempat wisata akan selalu ada pencuri yang mengintai wisatawan. Jangan sampai lengah dan lalai sedikitpun, sesuatu yang sepele juga harus diperhatikan dengna cermat.