4 Tempat Wisata di Dieng

Ada banyak referensi tempat wisata di Dieng yang dapat dikunjungi. Mulai dari destinasi sejarah, budaya hingga keindahaan alamnya mempesona. Jika Anda mengaku suka traveling mesti mencoba kesini.

Tak perlu bingung akan kehabisan ide mau jalan-jalan kemana, bila Anda sedang liburan ke Dieng. Karena Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak pilihan tempat wisata, mulai dari tema historis, kultur sampai alam. Lengkap destinasinya, ini mungkin yang menjadikan kawasan Dieng selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Sebagian besar berada di wilayah Wonosobo dan Banjarnegara. Asyik disambangi pada hari libur nasional maupun akhir pekan.

Berikut 4 Tempat Wisata di Dieng Yang Direkomendasikan:

1. Telaga Warna Dieng
Wisata alam paling populer dikunjungi pelancong. Telaga eksotis di bumi para dewa-dewi ini airnya terkadang berubah warna terkadang hijau, biru dan ungu. Yang pasti membuat siapa saja yang datang terpesona. Apalagi dilihat dari ketinggian puncak Bukit Batu Pandang, telaga warna nampak lebih cantik menyatu bersama landscape perbukitan.

2. Candi Dieng
Tertarik wisata sejarah, mesti traveling ke komplek Candi Dieng. Candi Hindu abad ke 7 Masehi ini lokasinya tersebar berkelompok dan namanya sama dalam tokoh figur Wayang Mahabarata seperti komplek Candi Arjuna, Bima, Gatotkaca, Dwarawati. Bangunan cagar budaya tersebut diperkirakan peninggalan kerajaan era Wangsa Sanjaya. Disinilah setahun sekali digelar Dieng Culture Festival, ruwatan anak gimbal.

3. Kawah Sikidang
Fenomena alam yang satu ini terbilang unik, kawah mengeluarkan letupan lumpur, meloncat-loncat bagaikan larinya satwa kidang atau kijang. Sedangkan awal mulanya digambarkan dalam cerita rakyat, kisah cinta seorang pangeran kepada puteri, akan diterima cintanya dengan syarat, permintaannya diwujudkan. Indahnya Kawah Sikidang menjadi daya tarik wisatawan.

4. Gunung Sikunir
Bagi penikmat alam terbuka dan mendaki, tentunya pegunungan sudah pasti yang menjadi tujuan. Lokasi yang direkomendasikan pergilah ke Gunung Sikunir Dieng. Merasakan tantangan perjalanan trekking menuju puncak gunung. Berangkat malam, paginya bisa melihat sunrise dan barisan pegunungan eksotis. Ditemani secangkir kopi sambil menikmati suasana yang ada.