Home » Ide Jalan-jalan » 10 Wisata Alam Dekat Jogja Kota

10 Wisata Alam Dekat Jogja Kota


Jalan-jalan ke Yogyakarta mengisi waktu liburan, pilihan tujuannya banyak. Berikut beragam wisata alam dekat Jogja Kota yang dapat Anda sambangi diantaranya:

1. Hutan Pinus Pengger (Bantul)
Daerah Imogiri dikenal sebagai kawasan destinasi alam, salah satunya Pinus Pengger. Disukai traveler, karena memiliki spot unik berfoto ngehits. Beraneka dekorasi menarik disetiap sudut, ada menara pandang dan rumah pohon. Hawa sejuk pegunungan pun dapat dirasakan, sembari refreshing menikmati pemandangan. Pagi, siang, sore, malam pun bertabur keindahan.

2. Tebing Breksi (Sleman)
Sebelah timur Kota Yogyakarta, berdekatan sama Candi Ijo dan Situs Ratu Boko. Dulunya bekas tmabang batu, terus dikembangkan jadi tempat rekreasi. Relief wayang di dinding ngarai terukir indah punyai daya tarik tersendiri, termasuk panggung terbuka berbentuk melingkar. Menuju puncak tebing tangganya berukirkan naga, sedangkan dari lokasi ketinggian bisa melihat eloknya cakrawala.

3. Kedung Pengilon (Bantul)
Buat alternatif, jika berencana mau plesiran. Kedung Pengilon terletak di daerah Kasihan, menyuguhkan pesona kolam alami dibawah air terjun mungil. Berada tersembunyi di pedesaan, walaupun kurang populer didatangi wisatawan namun tempatnya menjanjikan. Untuk menghidupkan suasana, cobalah aktivitas traveling seru-seruan disana seperti renang, loncat hingga perosotan.

4. Blue Lagoon Jogja, Tirta Budi (Sleman)
Opsi lain yang tidak kalah menariknya adalah Pemandian Tirta Budi atau lebih populer disebut Blue Lagoon Jogja. Disini kalian bisa sepuasnya berenang menyelami air segar asli pegunungan. Banyak traveler rela datang dari jauh, hanya ingin menyapa surga tersembunyi ini. Kemudian biasanya mereka terus menikmati kolam pemandian alami dengan berenang, terjun ataupun berendam.

5. Gumuk Pasir Parangkusumo (Bantul)
Bukit pasir ditepi Pantai Selatan indahnya bagaikan padang pasir. Ini termasuk fenomena alam unik di Jogja, sekaligus gurun pasir di tanah tropis yang hanya ada beberapa di dunia, Tak mengherankan bila sering dikunjungi pelancong. Disamping itu, pengunjung juga dapat mencoba bagaimana serunya sandboarding berselancar di Gumuk Pasir tersebut.

6. Ekowisata Mangrove Baros (Bantul)
Beralih menyambangi ekowisata, keelokan hutan bakau di pesisir bumi Projotamansari ini benar-benar mempesona. Pohon bakau yang ditanam sebetulnya memiliki fungsi untuk mencegah abrasi laut dan mengembalikan ekosisetm lingknugan. Selain itu, menjumpai spot fotogenik, menara pandang, serta perahu untuk mengeksplorasi sekitar area rimba mangrove. Temukan keseruan saat menjelajah.

7. Green Kayen (Sleman)
Satu lagi obyek wisata baru Jogja, namanya Green Kayen pemandian alami di Condongcatur Depok. Menyajikan nuansa beda berupa wahana rekreasi wisata air, kedung yang airnya dari aliran Sungai Boyong. Jika kamu suka berbasah-basahan mesti pergi kesini.

8. Goa Cemara (Bantul)
Disekitar Pantai Goa Cemara keberadaan Taman Kayu atau Tree Park. Goa Cemara disini maksudnya suasana menyerupai lorong goa, dikarenakan lebatnya hutan cemara yang ada. Pesona rimba tepi Laut Selatan ini mampu menjadi magnet wisatawan, view unik kekinian pun menghiasi area. Lokasi tepat buat foto-foto. Dekorasi taman cantik itu sebagian besar terbuat dari ranting, kayu dan akar-akaran pohon.

9. Lava Bantal (sleman )
Wisata alam di timur Kota Jogja itu dinamakan Lava Bantal, fenomena lava gunung api purba yang membatu jutaan tahun yang lalu di sungai Opak. Geosite ini lokasinya di wilayah Berbah. Oh iya, aliran sungainya pun menarik untuk kegiatan liburan seru, tidak lain tubing di Lava Bantal.

10. Bukit Bintang (Bantul)
Untuk menikmati indahnya sunset dan langit malam, tak perlu jauh-jauh pergi, cukup di Bukit Bintang Patuk saja. Saat senja tiba bagusnya melihat matahari terbenam. Sedangkan gelapnya malam hari kelap-kelip lampu kota menjadi pemandangan yang menarik, termasuk terlihat jelas bintang, bulan purnama dan galaksi bimasakti milky way. Sekalian bersantai di resto dan cafe.