4 Wisata Menarik di Dieng

Ada banyak tempat wisata menarik di Dieng yang dapat dikunjungi. Destinasinya beragam, pilihannya mulai dari tema sejarah, budaya hingga alam. Yang jelas lengkap banget.

Dataran Tinggi Dieng dikenal memiliki pesona alam dengan pemandangan indah dan historis masa lalunya. Kawasannya meliputi wilayah Temanggung, Wonoboso, Banjarnegara, Kendal dan Batang. Disamping itu, disana banyak tempat wisata menarik yang asyik disambangi. Tidak hanya menyajikan keindahan sejarah dan alam saja, tetapi juga ada keseruan atraksi yang bisa dilakukan dan dilihat.

Berikut 4 Wisata Menarik di Dieng Yang Direkomendasikan:

1. Situs Liyangan (Temanggung)
Berlokasi di Desa Purbosari, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung. Situs Liyangan merupakan bangunan cagar budaya abad 8 Masehi bercorak Candi Hindu, diperkirakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Terdiri dari temuan candi dan artefak meliputi benteng, altar, lingga, yoni, tembikar, mata tombak dan lainnya. Bila Anda tertarik wisata sejarah, datanglah kesini. Mencermati misteri peradaban masa lalu.

2. Kawah Sileri (Banjarnegara)
Pernah beberapa kali meletus dan mengeluarkan asap putih, hal tersebut menunjukkan adanya aktivitas vulkanik. Peristiwa tersebut berulang terjadi. Setelah reda, kegiatan masyarakat setempat seperti biasanya. Keindahan Kawah Sileri menjadi incaran para wisatawan. Pesona daerah berjuluk negeri di atas awan ini memang tidak ada habisnya. Letak Kawah Sileri di Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

3. Telaga Cebong (Wonosobo)
Lokasinya di Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Biasanya para pendaki yang akan perjalanan trekking hiking menuju Gunung Sikunir pasti melewatu Telaga Cebong. Nah, disinilah mereka beristirahat sejenak, kemudian meneruskan petualangan. Namun ada sebagian memilih berkemah camping saja, atau hanya traveling menikmati pemandangan alam di Telaga Cebong. Suasana tenang, sejuknya udara pegunungan dapat Kamu rasakan. Tepat banget dijadikan tempat refreshing melepas penat.

4. Gunung Prau (Wonosobo, Batang, Kendal)
Bila Anda suka mendaki gunung, pergilah hiking ke Gunung Prau Dieng Wonosobo. Berpetualang seru menelusuri jalan setapak melewati bukit terjal, hutan dan sabana rumput ilalang. Juga tantangan hawa dingin selagi musim panas, sedangkan musim kemarau hujan. Sebelum mendaki, persiapkanlah segala sesuatunya. Bawalah bekal secukupnya (makanan, air), medicine kit dan peralatan pendakian yang mendukung. Setelah sampai puncak, Kalian akan dimanjakan cantiknya sunrise Gunung Prau di pagi hari, dan siangnya spot foto instagramable berupa landscape pegunungan indah sekali. Sore harinya sunset, tetap bertahan ingin bermalam kemah silahkan saja. Melihati langit malam bertabur bintang-bintang juga sangat mempesona.